Tanya Jawab Nisaa' As-Sunnah 9 (Jum'at, 26 Rabi'ul Akhir 1437 H / 05 Februari 2016 M)

 

 TANYA JAWAB 

 Nisaa' As-Sunnah 9


PERTANYAAN 1

'Afwan Ustadzah, apakah benar yang ana pahami dari dzahir hadits tentang kaifiyyah membaca Surah Al-Ikhlas dan Al-Mu'awwidzatain yakni seperti ini:

1. Mengumpulkan kedua telapak tangan.

2. Meniup kedua telapak tangan tersebut.

3. Membaca ketiga surat, masing-masing sekali.

4. Mengusapkan kedua telapak tangan ke tubuh yang terjangkau.

5. Lakukan hal ( nomor 1 sampai dengan 4 hingga kali yang kedua dan ketiga )

Sehingga ada TIGA KALI USAPAN.

Ataukah ketika mengumpulkan kedua tangan, ketiga surat tersebut dibaca tiga kali sekaligus kemudian cukup dengan satu kali usapan.

Karena ana dapatkan sebagian mengamalkan kaifiyyah di atas (dengan tiga kali usapan) dan sebagian lainnya mengamalkan kaifiyyah yang kedua (dengan sekali usapan saja).

Atas jawaban Ustadzah, ana ucapkan Jazakillahu Khairan Wa Baarakallahu Fiki.

JAWABAN

Termasuk dzikir sebelum tidur adalah membaca Surat Al- Ikhlas dan Al-Mu'awwidzatain tiga kali, caranya seperti yang disebutkan dalam pertanyaan di atas, yakni dengan tiga kali usapan, dengan tiga kali bacaan surat.
Barakallahu fiki.


PERTANYAAN 2

Bismillah, al afwu minki ustadzah menyambung pertanyaan di atas, bagaimana wudhunya orang yang haid ketika sebelum tidur?
Hal ini menjadi kebiasaan kami berwudhu sebelum tidur, jika tidak berwudhu ada rasa tidak tenang.
Apakah ini termasuk perkara yang mubadzir?
Jazaakumullahu khairan.

JAWABAN

 Afwan ana tidak mengetahui dalil bolehnya wanita haidh berwudhu', hanya ada dalil disunnahkan wanita haidh berwudhu' lebih dahulu ketika akan mandi suci dari haidh. Allahu a'lam wa barakallahu fiki

Nisaa' As-Sunnah

Tanya Jawab Nisaa' As-Sunnah 9 (Jum'at, 26 Rabi'ul Akhir 1437 H / 05 Februari 2016 M)  Tanya Jawab  Nisaa' As-Sunnah 9  (Jum'at, 26 Rabi'ul Akhir 1437 H / 05 Februari 2016  M) Reviewed by nisaa.assunnah3 on February 05, 2016 Rating: 5

Events

ads
Powered by Blogger.