FADHILAH MENUNGGU SHALAT MAGHRIB DI HARI JUM'AT


FADHILAH MENUNGGU SHALAT MAGHRIB DI HARI JUM'AT


تحديد ساعة الإجابة في يوم الجمعة وهل يشترط أن يكون الداعي في المسجد؟
آخر ساعة من عصر الجمعة هل هي ساعة الإجابة، وهل يلزم المسلم أن يكون في المسجد في هذه الساعة، وكذلك النساء في المنازل؟
أرجح الأقوال في ساعة الإجابة يوم الجمعة قولان:
أحدها: أنها بعد العصر إلى غروب الشمس في حق من جلس ينتظر صلاة المغرب، سواء كان في المسجد أو في بيته يدعو ربه وسواء كان رجلا أو امرأة، فهو حري بالإجابة، لكن ليس للرجل أن يصلي في البيت صلاة المغرب ولا غيرها إلا بعذر شرعي، كما هو معلوم من الأدلة الشرعية.
الثاني: أنها من حين يجلس الإمام على المنبر للخطبة يوم الجمعة، إلى أن تقضى الصلاة، فالدعاء في هذين الوقتين حري بالإجابة. وهذان الوقتان هما أحرى ساعات الإجابة يوم الجمعة لما ورد فيهما من الأحاديث الصحيحة الدالة على ذلك، وترجى هذه الساعة في بقية ساعات اليوم، وفضل الله واسع سبحانه وتعالى.
ومن أوقات الإجابة في جميع الصلوات فرضها ونفلها: حال السجود. لقوله صلى الله عليه وسلم: ((أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد فأكثروا الدعاء)) خرجه مسلم في صحيحه من حديث أبي هريرة رضي الله عنه، وروى مسلم رحمه الله في صحيحه عن ابن عباس رضي الله عنهما أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: ((أما الركوع فعظم فيه الرب، وأما السجود فاجتهدوا في الدعاء فقَمِنٌ أن يستجاب لكم))، ومعنى قوله صلى الله عليه وسلم: ((فقَمِنٌ أن يستجاب لكم)) أي حريّ.


Fatwa Asy-Syaikh bin Baz رحمه الله, tentang batasan waktu mustajabnya doa pada hari JUM'AT, dan apakah disyaratkan orang yang berdoa harus berada di dalam masjid❓

Asy-Syaikh menjawab,

"Pendapat yang paling kuat tentang waktu yang mustajab pada hari Jum'at ada dua:

1. Waktunya setelah Ashar, sampai tenggelamnya matahari, siapa yang duduk menunggu shalat maghrib baik di dalam masjid maupun di rumahnya, dia berdoa kepada Rabb-nya, baik laki-laki maupun wanita, maka dia telah berusaha mendapati terkabulnya doa.

2. Ketika imam duduk di atas mimbar untuk khutbah di hari Jum'at, sampai selesai shalat, maka doa di antara dua waktu ini termasuk doa yang mustajab.

http://www.binbaz.org.sa/node/263

Diterjemahkan secara ringkas oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah Zainab bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada Sabtu, 7 Rabi'ul Awal 1437 H / 19 Desember 2015

Tambahan dari penerjemah:
Bahwa yang dimaksud oleh Asy-Syaikh bin Baz رحمه الله dalam fatwa beliau tentang DOA mustajab menjelang maghrib, itu KHUSUS PADA HARI JUM'AT, bukan di setiap hari dalam satu pekan.

Dikarenakan yang kami dapati sebelum ini, hanya potongan sebagian fatwa, maka terjadi kesalahan dalam memahami isi fatwa beliau رحمه الله

Maka dengan ini kami perbaiki kesalahan dari kami, dan kami mohon maaf.
 
Diposting pada hari Ahad, 8 Rabi'ul Awal 1437 H / 20 Desember 2015 M
http://annisaa.salafymalangraya.or.id

http://bit.ly/NisaaAsSunnah

Nisaa` As-Sunnah

FADHILAH MENUNGGU SHALAT MAGHRIB DI HARI JUM'AT FADHILAH MENUNGGU SHALAT MAGHRIB DI HARI JUM'AT Reviewed by nisaa.assunnah3 on December 20, 2015 Rating: 5

Events

ads
Powered by Blogger.