TENTANG APLIKASI GADGET...PENTING UNTUK DIKETAHUI


MENILAI APLIKASI GADGET (2)
SANGAT PENTING UNTUK DIKETAHUI  


2. YOUTUBE

Aplikasi penjelajah video (audio dan visual ) rangking wahid.

[[Kita tidak ingin menyebutkan spesifikasi aplikasi semacam ini secara terperinci. Dikhawatirkan justru akan memberikan pencerahan kepada oknum-oknum nakal tak sadar diri.]]

Yang jelas, dampak negatif dari YouTube ini jauh tak tersaingi oleh dampak positifnya. Mengapa?

Sebab yang pertama:
Telah kita ketahui bersama bahwa hukum gambar 'dzatu arwah' itu haram. Sementara gambar 'dzatu arwah' itulah mayoritas penghuni youtube.

Kedua:
Mayoritas berisi maksiat, syahwat, umbar aurat. Sudah pasti GODAANNYA LUAR BIASA.

Ketiga:
Youtube memiliki 'kebiasaan' buruk.
Gambarannya begini:
Antum, ketika membuka link video ungguhan youtube -sebaik dan sepositif apapun videonya- maka di bawah video tersebut akan tampil video-video lain yang tidak antum inginkan.

Contohnya:
Di sebuah grup w.a terdapat artikel kajian ilmiah yang menyertakan link ke youtube, anggaplah misal:
https://youtube(dot)com(garing)watch?ndfgll3ggh
Setelah antum klik itu link, aplikasi youtube pun terbuka, lalu videonya juga tampil sudah. Syuf, lihat apa yang antum dapati di bawah video tersebut? Tidak cuma video serupa, bahkan bermacam rupa. Jika antum pilih satu di antaranya maka akan semakin melebar ke mana-mana.
Fitnah ya ikhwah....wallahi, FITNAH !!

SARAN UNTUK IKHWAN FUDHOLA YANG BIASA MENGUNGGAH VIDEO DI YOTUBE
Kita yakini bahwa hal tersebut adalah upaya yang muncul dari niat baik dari saudara-saudara kita. Namun ketahuilah bahwa bahayanya lebih menggila. 

Jika memang dipandang perlu, TAFADHOL UNGGAH VIDEO YANG ANTUM REKOMENDASI KE YOUTUBE, DENGAN MAKSUD AGAR VIDEO TERSEBUT BISA DILIHAT OLEH ORANG-ORANG AWAM KONSUMEN YOUTUBE.

Adapun kita salafiyun, kita istighna' dengan media lain yang ada - walhamdulillah. Apalagi jika video tersebut HANYA SEKADAR BERISI SUARA DAN TULISAN-TULISAN.[1]
Cukup unggah video yang antum rekomendasi ke grup whatsapp atau chanel telegram antum. TIDAK PERLU MENYERRTAKAN LINK YOUTUBENYA. BAROKALLAHU FIIKUM.

SARAN UNTUK PARA ANGGOTA GRUP, MEMBER ATAU YANG LAINNYA
Hati-hati dengan youtube karena sudah banyak yang terjebak. Jika ada link video yang mengarah ke youtube sebaiknya tidak dibuka. Ahsan antum minta langsung filenya ke sumber atau kepada ikhwah yang merekomendasi. Minta kirim lewat dropbox, telegram, atau media lain yang lebih aman. 

Barokallahu fiikum.
Artikel ini tertuju untuk penulis pertama dan juga seluruh para pembaca.

Catatan kaki:
[1] Adapun halnya dengan video pembelajaran anak-anak maka terkadang memang diperlukan.

Bersambung insya Allah.....

[[Chanel saling menasihati perihal gadget]]
https://telegram.me/AppSalafy2
https://telegram.me/AppSalafiyah

#penilaian
Tambahan:
Keterangan dalam catatan kaki di atas bukan berarti point tersebut diberi udzur untuk ditonton di youtube. Akan tetapi 'video yang sekadar berisi suara dan tulisan' itu TERKADANG (berguna tapi tidak harus) diperlukan untuk anak-anak. Wallahu a'lam.

Diposting ulang oleh
Nisaa` As-Sunnah 


Lebih baru Lebih lama