TANYA JAWAB NISAA` AS-SUNNAH 8 (jum'at, 26 Rabi'ul Akhir 1437 H / 05 Februari 2016 M)

 

TANYA JAWAB

NISAA` AS-SUNNAH 8


PERTANYAAN 1

Ustadzah, mengenai sunah tidur  berbaring di sisi tubuh sebelah kanan, ana pernah mendengar ditambah dengan meletakkan tangan kanan di bawah pipi dan menghadapkan wajah ke arah kiblat? Apakah itu benar dan jika benar adakah hadist shahih yang menyebutkannya? Jazakillahu khairan.

JAWABAN

Tentang sunnah tidur sebagaimana telah beberapa kali diposting di grup nisa', benar disunnahkan berbaring miring di sebelah kanan, adapun meletakkan tangan kanan di bawah pipi dan menghadap ke arah kiblat, Allahu a'lam, ana tidak tahu dalilnya, afwan wa barakallahu fiki.


PERTANYAAN 2

Bagaimana shalat seorang wanita yang hanya menemukan mushala dengan ukuran kecil 4×8m, didalamnya shalat tanpa hijab dengan laki-laki, sedangkan waktu untuk shalat Magrib hanya sedikit dan sulit sekali menjumpai mushala itu sepi dari laki-laki.
Barakallahu fiki.

JAWABAN

Boleh wanita shalat di mushala tanpa hijab jika memang dharuri seperti yang ditanyakan, tapi hendaklah berdiri di belakang dan tetap memakai hijab.
Barakallahu fiki.


PERTANYAAN 3

Ustadzah, bagaimana cara shalat anak laki-laki yang sudah masuk usia baligh tetapi dia 'autis', dan ada uzur tidak bisa ke masjid takut mengganggu jama'ah dan memutus shaf.
Saya tetap mengajaknya shalat dirumah walaupun dia tidak termasuk dibebani secara syariat untuk shalat, tapi dia mampu mengikuti gerakan shalat.
yang saya  ingin tanyakan, bagaimana posisi yang afdhal saat shalat, dia didepan saya atau sejajar dengan saya?
Jazakillahu khairan wa barakallahu fiki.

JAWABAN

Benar anak autis tidak dibebani syariat, dan termasuk syarat-syarat shalat yaitu berakal. Maka ketika shalat di rumah bersama ibunya dia tidak boleh menjadi imam shalat, meskipun laki-laki yang sudah baligh, sehingga tempatnya bukan di depan, tapi berdiri sejajar dengan ibunya, atau di belakang ibunya, mana yang sekiranya bagi anak mudah untuk meniru gerakan shalat ibunya.
Allahu a'lam wa barakallahu fiki.




Nisaa` As-Sunnah

TANYA JAWAB NISAA` AS-SUNNAH 8 (jum'at, 26 Rabi'ul Akhir 1437 H / 05 Februari 2016 M) TANYA JAWAB NISAA` AS-SUNNAH 8  (jum'at, 26 Rabi'ul Akhir 1437 H / 05 Februari 2016 M) Reviewed by nisaa.assunnah3 on February 05, 2016 Rating: 5

Events

ads
Powered by Blogger.