TANYA JAWAB NISAA` AS-SUNNAH 9 Jum'at, 2 Dzulqa`dah 1437 H / 5 Agustus 2016



PERTANYAAN

Mengenai
TANYA JAWAB NISAA` AS-SUNNAH 6, Jum'at 27 Sya'ban 1437 H, yaitu (Apa yang dikehendaki Allah DAN dikehendaki fulan, atau andaikata bukan karena Allah DAN fulan, atau ini dari Allah DAN dari fulan). Semua kalimat itu termasuk SYIRIK kecil.

Sedangkan kalimat (hanya Allah dan Rasul-Nya yang mengetahui. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hingga engkau lebih mencintai Allah dan Rasul-Nya). Bukan termasuk kalimat syirik.

Bagaimana cara membedakan/memahami kedua perbedaan kalimat di atas?
Sebab kalimatnya sama-sama menggunakan kata DAN.

Jazakillahu khairan wa barakallahu fik.

JAWABAN

Kalimat pertama dihukumi syirik, sebab dalam kalimat tersebut mengandung makna MENDUAKAN ALLAH dalam hal TAKDIR DAN KEHENDAK, hal itu dipahami dari kata penghubung DAN yang maknanya MENSEJAJARKAN Allah dengan makhluk-Nya dalam kehendak dan takdir, padahal yang benar takdir HANYA di Tangan Allah begitu pula kehendak, bahwa segala sesuatu terjadi HANYA dengan kehendak Allah semata.

Adapun kalimat kedua meskipun ada kata penghubung DAN, tapi tidak bermakna syirik, sebab tidak menduakan Allah, seperti kalimat: Hanya Allah dan Rasul-Nya yang mengetahui, ini bukan berarti menyekutukan Allah dengan Rasul-Nya, sebab mengetahui dalam kalimat ini bermakna ILMU di mana para Rasul memang telah diberi ilmu khususnya ilmu syar'i, bahkan para Rasul menjadi pemimpin para ulama' (orang-orang berilmu), maka benarlah kalimat tersebut dan kalimat itu sering diucapkan oleh para sahabat dan tidak diingkari oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم, begitu pula kalimat, "Cinta kepada Allah DAN Rasul-Nya, iman kepada Allah DAN Rasul-Nya" bukanlah kalimat syirik meskipun ada kata penghubung DAN, bahkan itu KALIMAT TAUHID karena Allah dan Rasul-Nya yang mengajarkan kita untuk mengucapkan kalimat tauhid itu. Barakallahu fiki.



http://annisaa.salafymalangraya.or.id
http://bit.ly/nisaaassunnah


Nisaa` As-Sunnah
TANYA JAWAB NISAA` AS-SUNNAH 9 Jum'at, 2 Dzulqa`dah 1437 H / 5 Agustus 2016 TANYA JAWAB NISAA` AS-SUNNAH 9  Jum'at, 2 Dzulqa`dah 1437 H / 5 Agustus 2016 Reviewed by nisaa.assunnah3 on August 05, 2016 Rating: 5

Events

ads
Powered by Blogger.