Kitab Fiqh Al Mar'atul Muslimah (Pertemuan 83): KONSEKWENSI HUKUM UKHRAWIYYAH BAGI ORANG MURTAD

KONSEKWENSI HUKUM UKHRAWIYYAH BAGI ORANG MURTAD


KAJIAN FIKIH

Dari kitab:
Fiqhu Al-Mar`ati Al-Muslimati
Penulis:
Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin _رحمه الله_



بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه، أما بعد:


Saudaraku seiman, semoga rahmat Allah dilimpahkan kepadaku dan kepada kalian semua. Amin

2. KONSEKWENSI HUKUM UKHRAWIYYAH BAGI ORANG MURTAD

1). Bahwa para malaikat akan mencela dan mengancamnya, bahkan akan memukul wajah dan punggung mereka.

Allah ta'ala berfirman,

*{وَلَوْ تَرَى إِذْ يَتَوَفَّى الَّذِينَ كَفَرُوا الْمَلائِكَةُ يَضْرِبُونَ وُجُوهَهُمْ وَأَدْبَارَهُمْ وَذُوقُوا عَذَابَ الْحَرِيقِ ۞ ذَلِكَ بِمَا قَدَّمَتْ أَيْدِيكُمْ وَأَنَّ اللَّهَ لَيْسَ بِظَلامٍ لِلْعَبِيدِ}*

"Dan sekiranya kamu melihat ketika para malaikat mencabut nyawa orang-orang kafir sambil memukul wajah dan punggung mereka, (dan berkata), 'Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar'. Demikian itu disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan sesungguhnya Allah tidak menzhalimi hamba-hamba-Nya." (QS. Al-Anfal: 50-51)

2). Bahwasanya dia akan dikumpulkan di hari mahsyar bersama orang-orang kafir dan musyrik karena dia termasuk dari mereka.

Allah ta'ala berfirman,

*{احْشُرُوا الَّذِينَ ظَلَمُوا وَأَزْوَاجَهُمْ وَمَا كَانُوا يَعْبُدُونَ ۞ مِنْ دُونِ اللَّهِ فَاهْدُوهُمْ إِلَى صِرَاطِ الْجَحِيمِ}* 

"Kumpulkanlah orang-orang yang zhalim beserta teman sejawat mereka dan apa yang dahulu  mereka sembah selain Allah, lalu tunjukkan kepada mereka jalan ke neraka." (QS. Ash-Shaffat: 22-23)

Lafazh azwaj bentuk jamak dari zawj, maknanya bagian atau golongan.

Yakni makna ayat sebagai berikut:
"Kumpulkanlah orang-orang yang zhalim beserta golongannya dari orang-orang kafir dan zhalim."

3). Kekal di neraka selama-lamanya.

Berdasarkan firman Allah ta'ala,

*{لَعَنَ الْكَافِرِينَ وَأَعَدَّ لَهُمْ سَعِيرًا ۞ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا لا يَجِدُونَ وَلِيًّا وَلا نَصِيرًا ۞  يَوْمَ تُقَلَّبُ وُجُوهُهُمْ فِي النَّارِ يَقُولُونَ يَا لَيْتَنَا أَطَعْنَا اللَّهَ وَأَطَعْنَا الرَّسُولا}* 

"Sesungguhnya Allah melaknat orang-orang kafir dan menyediakan bagi mereka api yang menyala-nyala (neraka), mereka kekal di dalamnya selama-lamanya, mereka tidak akan mendapatkan pelindung dan penolong, pada hari ketika wajah mereka dibolak-balikkan dalam neraka, mereka berkata, 'Wahai kiranya dahulu kami taat kepada Allah dan taat kepada Rasul'." (QS. Al-Ahzab: 64-66)

Sampai di sini selesailah sudah penjelasan kami tentang masalah yang besar ini, di mana kebanyakan manusia terkena bencana ini (yakni banyak yang meninggalkan shalat dengan sengaja)

DAN PINTU TAUBAT MASIH TERBUKA BAGI YANG INGIN TAUBAT

Maka segeralah BERTAUBAT kepada Allah azza wajalla wahai saudaraku sesama muslim, taubatlah dengan IKHLAS hanya untuk Allah ta'ala.

MENYESAL dari dosa yang telah lalu.

BERAZAM (niat kuat) untuk tidak mengulangi lagi.

MEMPERBANYAK amal ketaatan.

Sebagaimana firman Allah ta'ala,

*{إِلَّا مَنْ تَابَ وَآَمَنَ وَعَمِلَ عَمَلًا صَالِحًا فَأُولَئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا*۞ *وَمَنْ تَابَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَإِنَّهُ يَتُوبُ إِلَى اللَّهِ مَتَابًا}*

"Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman, dan mengerjakan kebajikan, maka kejahatan mereka diganti oleh Allah dengan kebaikan, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan barang siapa bertaubat dan mengerjakan kebajikan, maka sesungguhnya dia bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya." (QS. Al-Furqan: 70-71)

Selanjutnya kita kaji bab berikutnya:

SIFAT SHALAT
Bersambung insya Allah

Diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah Zainab bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada Selasa, 10 Muharram 1438 H / 11 September 2016 M.

Akhawati fillah, jika ada yang tidak dipahami, silakan dicatat untuk ditanyakan ketika jadwal Tanya Jawab hari Kamis dan Jum'at bulan depan.

Barakallahu fikunna

===================

Bagi ya
 ng ingin mendapatkan faedah dari dars Kitab Fiqh Al-Mar`ah Al-Muslimah yang telah berlalu, silakan mengunjungi:

Website: 
       ● http://www.nisaa-assunnah.com
       ● http://annisaa.salafymalangraya.or.id

Channel Telegram:
       ● http://bit.ly/nisaaassunnah
       ● http://bit.ly/fiqihwanitamuslimah



Nisaa` As-Sunnah
Kitab Fiqh Al Mar'atul Muslimah (Pertemuan 83): KONSEKWENSI HUKUM UKHRAWIYYAH BAGI ORANG MURTAD Kitab Fiqh Al Mar'atul Muslimah (Pertemuan 83): KONSEKWENSI HUKUM UKHRAWIYYAH BAGI ORANG MURTAD Reviewed by Nisaa` As-Sunnah on October 12, 2016 Rating: 5

Events

ads
Powered by Blogger.