RAGU DAGING DI RUMAH MAKAN, BAGAIMANA YA HUKUMNYA?


● http://t.me/nisaaassunnah

🍖🍗❓ RAGU DAGING DI RUMAH MAKAN, BAGAIMANA YA HUKUMNYA?

✍🏻 Syaikh Ubaid Al Jabiri hafizhahullah

❓ Tanya:
Bolehkah kita makan di daging yang ada di restoran dan rumah makan, yang kami ragu cara penyembelihannya? Restoran ini ada di negeri muslim.

💡 Jawab:
🍖 Yang ditunjukkan oleh dalil Al Quran, hadis, dan ijmak, bahwa makanan kaum muslimin halal hukumnya, baik sembelihan dan selainnya. Demikian juga, dalil juga menunjukkan halalnya makanan Ahlul Kitab, baik sembelihan dan selainnya. Ini merupakan kaidah syariat yang ditunjukkan oleh dalil yang pasti.

Sehingga, seharusnya tetap berada pada hukum asal dan kaidah ini. Maka daging yang engkau dapatkan di tengah kaum muslimin, makanlah. Demikian pula apa yang engkau dapatkan di tengah Ahlul Kitab makanlah.

‼️ Kecuali, jika engkau yakin bahwa sebuah pabrik, baik pabrik muslim, Yahudi, atau Nasrani menyembelih dengan cara waqd, yakni dengan cara setrum listrik, cekikan, atau dibius. Ini haram. Jika engkau tahu ciri-ciri pabrik yang seperti ini, maka jangan makan dari daging yang didatangkan darinya.

⁉️ Adapun jika perkaranya tidak jelas, maka kembalikan ke asalnya. Contohnya, engkau tahu di Inggris, Amerika, atau Perancis, ada sebuah pabrik yang menyembelih dengan cara tidak syar'i, tetapi engkau tidak tahu, engkau tidak bisa membedakannya, maka engkau kembali ke hukum asalnya (yakni, hukumnya halal)

الذي دلَّ عليه الدليل من الكتابِ والسُّنة والإجماع؛ حِلُّ طعام المسلمين من ذبائح وغيرها، وكذلك قام هذا الدَّليل على حِلِّ طعامِ أهل الكتاب، من ذبائح وغيرها، هذه القاعدة الشرعية التي دلَّ الدَّليل القاطع عليها؛فالواجب استصحاب هذا الأصل وهذه القاعدة، فما وجدتهُ في المسلمين من لحوم فكُلْهُ، وكذلك ما وجدتهُ في أهل الكتاب فكُلْهُ، إلَّا إذا تيقَّنت أنَّ مصنعًا من المصانع سواءً كان مصنع مسلم، أو مصنع يهودي أو نصراني يذبحُ بالوقد، وهو ما يسمى الصعق الكهربائي، أو الخنق، أو التدويخ؛ فهذا حرام، إذا عرفت علامة هذا المصنع؛ فلا تأكل من اللحم الذي يُستوردُ منه

أمَّا إذا اشتبه عليك الأمر فعُد للأصل، على سبيل المثال: لو كنت تعلمُ في بريطانيا، أو في أمريكا، أو في فرنسا، مصنع يذبحُ على غير الطريقة الشرعية، لكنك لا تعرفه، لا تميزه من غيره، فأنت تستصحب هذا الأصل

🔊 Dengar audio:
https://archive.org/download/SyaikhUbaid_201707/Syaikh%20Ubaid.mp3

•┈┈•┈┈•⊰✿📚✿⊱•┈┈•┈┈•
#sembelihan #audio #Ubaid #halal #haram #makanan

🌍 Website: tashfiyah.com ||| telegram.tashfiyah.com
📱 Gabung Channel Majalah Tashfiyah : telegram.me/majalahtashfiyah

▫▫🌷🍃🌷🍃🌷▫▫

📬 Diposting ulang hari Jum'at, 9 Dzulqa'dah 1438 H / 4 Agustus 2017 M

🌐 http://www.nisaa-assunnah.com
📠 http://t.me/nisaaassunnah


🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀
Lebih baru Lebih lama