Kajian Tauhid Kitab Tsalatsatul Ushul (Pertemuan 88)




Pertemuan 88

KAJIAN TAUHID

Dari kitab:
Tsalatsatul Ushul
(Tiga Landasan Utama)

Penulis:
Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab رحمه الله تعالى

Syarah/Penjelasan oleh:
Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin رحمه الله

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه، أما بعد

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه، أما بعد:

IMAN KEPADA PARA MALAIKAT TERDIRI DARI EMPAT PERKARA:

1. Iman kepada wujud mereka.

2. Iman kepada nama-nama mereka yang telah kita kenali nama-namanya, seperti Jibril, dan yang tidak diketahui namanya. Kita beriman (meyakini) mereka secara global.

3. Iman kepada sifat-sifat mereka yang telah kita ketahui, seperi sifat Jibril yang dikabarkan oleh Nabi صلى الله عليه وسلم, bahwa beliau pernah melihat Jibril dalam bentuk aslinya sebagaimana dia diciptakan, dia mempunyai 600 sayap yang menutupi ufuk langit. (HR. Bukhari)

Kadang-kadang malaikat berubah bentuk (menjelma) menjadi bentuk manusia dengan perintah Allah ta'ala.

Seperti yang terjadi pada malaikat Jibril ketika Allah mengutusnya kepada Maryam, maka dia menjelma di hadapannya dalam bentuk manusia yang sempurna.

Dan ketika datang kepada Nabi صلى الله عليه وسلم yang sedang duduk bermajlis dengan para sahabat beliau, Jibril datang dalam bentuk seorang laki-laki yang sangat putih bajunya, sangat hitam rambutnya, tidak terlihat padanya tanda-tanda safar, tetapi tidak  seorang pun dari para sahabat yang mengenalnya. Lalu dia duduk di hadapan Nabi صلى الله عليه وسلم, dan menempelkan kedua lututnya pada kedua lutut beliau, dan meletakkan kedua telapak tangannya di atas kedua pahanya, kemudian dia bertanya kepada Nabi صلى الله عليه وسلم tentang Al-Islam, Al-Iman, Al-Ihsan, dan As-Sa'ah (hari kiamat), dan tanda-tandanya. Maka Nabi صلى الله عليه وسلم menjawabnya. Lalu dia pun pergi. Kemudian beliau bersabda, "Dia adalah Jibril yang datang kepada kalian untuk mengajari kalian tentang agama kalian." (HR.Muslim)

Demikian pula dengan para malaikat yang diutus oleh Allah ta'ala kepada Nabi Ibrahim, Nabi Luth. Mereka menjelma dengan bentuk seorang laki-laki. 

4. Iman terhadap amal-amal perbuatan mereka yang telah kita ketahui, yang mereka laksanakan sesuai perintah Allah ta'ala.  Seperti bertasbih dan beribadah kepada Allah malam dan siang tanpa letih dan bosan.

Sebagian mereka ada yang mempunyai tugas-tugas khusus, seperti...

Bersambung insya Allah

Diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada Selasa, 16 Rajab 1439 H / 3 April 2018.
______

Akhawati fillah, jika ada yang tidak dipahami, silakan dicatat untuk ditanyakan melalui admin grup masing-masing.

Barakallahu fikunna

#NATauhid #NAT88
====================

Bagi yang ingin mendapatkan faedah dari dars Kitab Tsalatsatul Ushul yang telah berlalu, silakan mengunjungi:
Website 
Channel Telegram
  
Nisaa` As-Sunnah

Kajian Tauhid Kitab Tsalatsatul Ushul (Pertemuan 88) Kajian Tauhid Kitab Tsalatsatul Ushul (Pertemuan 88) Reviewed by Nisaa` As-Sunnah 5 on April 04, 2018 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.