MENELADANI NABI DALAM BER’IEDUL FITRI (Bagian 12)




🔴 MENELADANI NABI DALAM BER’IEDUL FITRI (Bagian 12)


✒ Ditulis oleh: Al-Ustadz Qomar ZA, Lc.


🕌 Bila Id Bertepatan dengan Hari Jum’at

📎 Dari Iyas bin Abi Ramlah Asy-Syami, ia berkata: Aku menyaksikan Mu’awiyah bin Abi Sufyan, dia sedang bertanya kepada Zaid bin Arqam: “Apakah kamu menyaksikan bersama Rasulullah, dua Id berkumpul dalam satu hari?” Ia menjawab: “Iya.” Mu’awiyah berkata: “Bagaimana yang beliau lakukan?” Ia menjawab: “Beliau Shalat Id lalu membe-rikan keringanan pada Shalat Jumat dan mengatakan: ‘Barangsiapa yang ingin mengerjakan Shalat Jumat maka shalatlah’.”

📎 Dari Abu Hurairah, dari Nabi n bahwa beliau berkata: “Telah berkumpul pada hari kalian ini 2 Id, maka barangsiapa yang berkehendak, (Shalat Id) telah mencukupinya dari Jum’at dan sesungguhnya kami tetap melaksanakan Jum’at.” (Keduanya diriwa-yatkan Abu Dawud dan dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abu Dawud no. 1070 dan 1073)

📎 Ibnu Taimiyyah berkata: “Pendapat yang ke-3 dan itulah yang benar, bahwa yang ikut Shalat Id maka gugur darinya kewajiban Shalat Jum’at. Akan tetapi bagi imam agar tetap melaksanakan Shalat Jum’at, supaya orang yang ingin mengikuti Shalat Jum’at dan orang yang tidak ikut Shalat Id bisa mengikutinya. Inilah yang diriwayatkan dari Nabi dan para shahabatnya.” (Majmu’ Fatawa, 23/211)
📎 Lalu beliau mengatakan juga bahwa yang tidak Shalat Jum’at maka tetap Shalat Dzuhur.
📎 Ada sebagian ulama yang berpendapat tidak Shalat Dzuhur pula, di antaranya ‘Atha`. Tapi ini pendapat yang lemah dan dibantah oleh para ulama. (Lihat At-Tamhid, 10/270-271)

🔓 Bersambung ke bagian 13

📡 Sumber: 
-----------

📬 Diposting hari Selasa, 27 Ramadhan 1439 H / 12 Juni 2018 M
● http://www.nisaa-assunnah.com

🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀
MENELADANI NABI DALAM BER’IEDUL FITRI (Bagian 12) MENELADANI NABI DALAM BER’IEDUL FITRI (Bagian 12) Reviewed by Nisaa As-Sunnah 2 on June 13, 2018 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.