Kitab Fiqh Al-Mar'atul Muslimah (Pertemuan 150)



Pertemuan : 150


   KAJIAN FIKIH 


 Dari kitab:
Fiqh Al-Mar'ah Al-Muslimah


 Penulis:
Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin رحمه الله


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه، أما بعد:

 DALIL SUJUD SYUKUR  


Bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم jika datang perkara yang menyenangkan atau mendapat kabar gembira, beliau sujud sebagai bentuk syukur kepada Allah ta'ala. 

Begitu pula yang dilakukan oleh para sahabat, sesungguhnya Ali bin Abi Thalib ketika memerangi Khawarij dan dikatakan kepadanya, 'Sesungguhnya pada mereka yang diperangi dan terbunuh ada 'Dzatu Ats-Tsadyah (orang yang memiliki daging tumbuh seperti payudara di bawah dadanya), yang pernah dikabarkan oleh Nabi صلى الله عليه وسلم bahwa orang tersebut  berada pada mereka di pihak Khawarij, maka  Ali sujud syukur kehadirat Allah, sebab jika orang tersebut ada bersama orang-orang yang diperanginya,  berarti dia (Ali رضي الله عنه)  berada pada pihak yang berada di atas al haq,  dan mereka yang berada di atas kebatilan, maka Ali رضي الله عنه sujud syukur.

▪Begitu pula Ka'ab bin Malik رضي الله عنه ketika mendengar berita gembira bahwa Allah ta'ala telah menerima taubatnya, maka dia sujud syukur.

 CATATAN:

Penulis (kitab 'Zaadul Mustaqni') tidak menjelaskan tatacara sujud syukur,  akan tetapi dalam kitab-kitab yang lain dijelaskan bahwa sujud syukur seperti sujud tilawah, yakni:
▪Bertakbir ketika sujud dan
▪tidak bertakbir ketika bangun dari sujud. 
▪Dan tidak mengucapkan salam.

Akan tetapi ada pula yang berpendapat bahwa takbir ketika sujud syukur perlu diteliti keshahihannya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

 Keterangan berikutnya tentang:
Orang yang sedang shalat, bolehkah sujud syukur di dalam shalatnya?
 Bersambung insya Allah

•••━══ ❁✿❁ ══━•••

 Diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada Selasa, 26 Syawal 1439 H / 10 Juli 2018 M.

 Akhawati fillah, jika ada yang tidak dipahami, silakan dicatat untuk ditanyakan melalui admin grup masing-masing.

 Barakallahu fikunna

#NAFiqih #NAFQ150

 Bagi yang ingin mendapatkan faedah dari dars Kitab Fiqh Al-Mar'ah Al-Muslimah yang telah berlalu, silakan mengunjungi:
 Channel Telegram
       ● http://t.me/NAfiqih
 Website 
       ● http://www.nisaa-assunnah.com

🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀
Kitab Fiqh Al-Mar'atul Muslimah (Pertemuan 150) Kitab Fiqh Al-Mar'atul Muslimah (Pertemuan 150) Reviewed by Nisaa As-Sunnah 2 on July 12, 2018 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.