🌙 KEUTAMAAN ASYURO'*

◎ http://t.me/nisaaassunnah

*💫🌙 KEUTAMAAN ASYURO'*

🌘 Pada bulan ini -bulan Muharram- dahulu Musa 'alaihish shalatu was salam dan pengikutnya selamat dari musuh Allah yaitu Fir'aun dan bala tentaranya.

💎 Sungguh -demi Allah- itu merupakan kenikmatan besar yang mengharuskan syukur kepada Allah -Azza wa Jalla-.

🛣 Oleh Karena itu ketika Nabi  ﷺ tiba di Madinah kemudian mendapati orang-orang yahudi sedang berpuasa di hari kesepuluh bulan ini, maka Nabi ﷺ bersabda : "Aku lebih berhak dengan Musa daripada kalian!"

🚫🍽 Maka beliau pun berpuasa dan memerintahkan kaum muslimin untuk berpuasa pada hari tersebut. Beliau pernah ditanya tentang keutamaan puasa hari itu, maka Nabi ﷺ bersabda : "Aku berharap kepada Allah agar ia menghapuskan dosa setahun sebelumnya."

🚫 Hanya saja  Nabi ﷺ memerintahkan setelah itu agar menyelisihi yahudi dengan berpuasa pada hari kesepuluh dan satu hari sebelumnya yaitu hari kesembilan (tasu'a) atau satu hari sesudahnya yaitu hari kesebelas.

🏷 Oleh karenanya yang lebih utama adalah agar berpuasa pada hari kesepuluh dan menambahkannya dengan satu hari sebelumnya atau satu hari setelahnya.

💫Menambahkannya dengan hari kesembilan  lebih utama daripada menambahkannya dengan hari kesebelasnya.

💎 Maka seyogyanya bagi engkau wahai saudaraku yang muslim agar berpuasa pada hari Asyura', demikian juga dengan hari tasu'a, agar dihasilkan dengan itu penyelisihan terhadap yahudi sebagaimana yang diperintahkan Nabi ﷺ.

📙📕 Majmu Fatawa Ibnu Utsaimin 20/40
___________

📃 فضل #عاشوراء

💎 ( في هذا الشهر -شهر المحرم- كانت نجاة موسى عليه الصلاة والسلام وقومه من عدو الله فرعون وجنوده.

🌳 وإنها والله لنعمة كبرى تستوجب الشكر لله عز وجل، ولهذا لما قدم النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ المدينة وجد اليهود يصومون اليوم العاشر من هذا الشهر، فقال النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أنا أحق بموسى منكم» فصامه وأمر بصيامه، وسئل عن فضل صيامه فقال صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله»، إلا أنه صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أمر بعد ذلك بمخالفة اليهود بأن يصام العاشر ويوماً قبله وهو التاسع، أو يوماً بعده وهو الحادي عشر.

📘 وعليه فالأفضل أن يصوم يوم العاشر ويضيف إليه يوماً قبله، أو يوماً بعده.
 وإضافة اليوم التاسع إليه أفضل من الحادي عشر.

فينبغي لك أخي المسلم أن تصوم يوم عاشوراء، وكذلك اليوم التاسع لتحصل بذلك مخالفة اليهود التي أمر الرسول ﷺ بها )

مجموع #فتاوى_العثيمين ٤٠/٢٠

ا═•═💎═•═ا
📚 قَنَاةُ【 فوائد ابن عثيمين】
t.me/othaymen

➖➖➖
🌎 WhatsApp Salafy Cirebon
⏯ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

📳 Menyajikan artikel dan audio kajian ilimiah

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻
📬 Diposting ulang hari Jum'at, 4 Muharram 1440 H / 14 September 2018 M
🌐 http://www.nisaa-assunnah.com
📠 http://t.me/nisaaassunnah

🎀 *Nisaa` As-Sunnah* 🎀
Lebih baru Lebih lama