BOLEHKAH SEORANG WANITA MENGERJAKAN SHALAT JENAZAH?





*🍃🎀BOLEHKAH SEORANG WANITA MENGERJAKAN SHALAT JENAZAH? 🎀🍃*


Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah

*Pertanyaan :*

Apakah seorang wanita boleh mengumpulkan keluarganya yg perempuan untuk shalat bersama terhadap jenazah mereka di rumah tersebut?

*Jawaban :*

Tidak mgapa seorang wanita shalat jenazah, sama saja apakah shalat di masjid bersama manusia, ataupun shalat jenazahnya di rumah. Karena seorang wanita tidak dilarang menyalati jenazah. Akan tetapi mereka terlarang melakukan ziyarah kubur. Karena :

"Sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wasallam melaknat wanita-wanita yg menziyarahi kubur, dan menjadikan di atasnya (kubur) masjid-masjid dan lampu-lampu."

Larangan ini kalau ia bertujuan ziyarah, adapun jika ia tidak bermaksud ziyarah akan tetapi karena satu pekerjaan dan ia melewati kuburan, maka tidak mengapa ia berdiri dan mengucapkan salam kepada penghuni kubur dan mendoakan mereka.

📝 Silsilah Al-Liqa Asy-Syahri pertemuan ke 1.


فتاوي الامام بن عثيمين رحمه الله

🖍السؤال:

هل يجوز للمرأة أن تجمع أهل البيت من النساء وتصلي بهن صلاة الجنازة على ميتهم في ذلك المنزل؟
📝 الجواب:
لا حرج أن تصلي المرأة على الجنازة، سواء صلت عليها في المسجد مع الناس، أو صلت عليها في بيت الجنازة؛ لأن النساء لا يمنعن من الصلاة على الميت، وإنما يمنعن من زيارة القبور، فإن النبي -صلى الله عليه وسلم- «لعن زائرات القبور والمتخذين عليها المساجد والسرج» هذا إن قصدت الزيارة، أما إذا لم تقصد الزيارة بأن تكون ذهبت لشغل لها ومرت بالمقبرة فلا حرج عليها أن تقف وتسلم على أهل القبور وتدعو لهم.

📗المصدر: سلسلة اللقاء الشهري اللقاء الشهري [1]

 https://t.me/atymn
 
⏩|| Grup Whatsap Ma'had Ar-Ridhwan Poso

💽||_Join chanel telegram
t.me/ahlussunnahposo

🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁
📬 Diposting ulang hari Jum'at, 10 Jumadits Tsani 1440 H / 15 Februari 2019 M
🌐 http://www.nisaa-assunnah.com
📠 http://t.me/nisaaassunnah

🎀 *Nisaa` As-Sunnah* 🎀
Lebih baru Lebih lama