DOSA MEMBATALKAN PUASA DENGAN SENGAJA


◎ http://t.me/nisaaassunnah

🚎🚜 DOSA MEMBATALKAN PUASA DENGAN SENGAJA 🚎🚜

P : Adakah hadits shahih yang khusus berisikan ancaman bagi orang yang tidak puasa ramadhan?

J : Ya. Terdapat ancaman yang begitu keras lagi mengerikan bagi mereka yang tidak berpuasa ramadhan dengan tanpa uzur.

Bahkan konteks hadits pun membicarakan tentang mereka yang berpuasa namun berbuka dengan sengaja; lantas bagaimana dengan yang tidak berpuasa dari awal.

Abu Umamah radhiyallahu 'anhu mengatakan, bahwa beliau mendengar Rasulullah ﷺ bersabda,

(بينا أنا نائم إذ أتاني رجلان فأخذا بضبعي فأتيا بي جبلاً وعراً فقالا: اصعد، فقلت: إني لا أطيقه، فقالا: إنا سنسهله لك، فصعدت حتى إذا كنت في سواء الجبل إذا بأصوات شديدة، قلت: ما هذه الأصوات؟ قالوا: عُواءُ أهل النار، ثم انطلق بي فإذا أنا بقوم معلقين بعراقيبهم، مشققة أشداقهم، تسيل أشداقهم دماً، قال: قلت: ما هؤلاء؟ قال: (الذين يفطرون قبل تحلة صومهم)

"Ketika aku sedang tidur, ada dua orang laki-laki yang mendatangi dan menarik kedua tanganku. Hingga mereka membawaku ke suatu gunung yang sangat tinggi. Mereka berkata, 'Naiklah!' Namun aku mengatakan, 'Aku tidak mampu'. 'Kami akan membantumu', Jawab mereka. Aku pun naik, hingga sampai ke puncaknya.

Tiba-tiba terdengar suara-suara yang begitu keras, aku pun bertanya, 'Suara-suara apa ini?' Mereka mengatakan, 'Jeritan penduduk neraka.' Aku pun kembali dibawa berjalan hingga tiba-tiba berada di hadapan kumpulan orang yang di gantung dengan kait pada urat di atas tumit mereka, mulut-mulut mereka robek dan keluar darinya darah."

Abu Umamah radhiyallahu 'anhu pun bertanya pada Rasulullah, "Siapakah mereka itu?" Nabi Muhammad ﷺ menjawab,

الذين يفطرون قبل تحلة صومهم

"Mereka adalah orang-orang yang membatalkan puasa sebelum waktunya." HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban, dinilai shahih oleh Asy-Syaikh Muhammad Nashir dalam Shahiih At-Targhib (1005)

Ya, sebagaimana konteks riwayat; ini tertuju bagi mereka yang mengawali hari dengan puasa lalu berbuka tanpa uzur sebelum waktunya.

Maka dapatkah kita membayangkan bagaimana jika kondisinya memang tidak berpuasa dan bahkan tidak berniat sedikitpun untuk puasa?!

Semoga Allah subhanahu wa ta'ala memberikan hidayah pada kita dan kaum muslimin seluruhnya untuk bisa menjalankan rukun-rukun keislaman secara nyata dalam kehidupan. Aamiin..

✍ -- Arsip Tulisan Lama
-- Hari Ahadi
_____________

▶️ Mari ikut berdakwah dengan turut serta membagikan artikel ini, asalkan ikhlas insyaallah dapat pahala.

•••
📡 https://t.me/nasehatetam
🖥 www.nasehatetam.net

•┈┈┈┈•✿❁•••❁✿•┈┈┈┈•
📬 Diposting ulang hari Jum'at, 12 Ramadhan 1440 H / 17 Mei 2019 M
🌐 http://www.nisaa-assunnah.com
📠 http://t.me/nisaaassunnah

🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀



DOSA MEMBATALKAN PUASA DENGAN SENGAJA DOSA MEMBATALKAN PUASA DENGAN SENGAJA Reviewed by Nisaa` As-Sunnah 4 on May 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.