APAKAH MELEMAHNYA SEMANGAT SEUSAI RAMADHAN PERTANDA BAHWA AMAL SHALIH KITA TIDAK DITERIMA




APAKAH MELEMAHNYA SEMANGAT SEUSAI RAMADHAN PERTANDA BAHWA AMAL SHALIH KITA TIDAK DITERIMA 



Diajukan sebuah pertanyaan pada Al-Allamah Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin rahimahullah,



السؤال: فَضِيلَةُ الشيخ، هل الفتور في عَمَلِ الصالحات بَعدَ رمضانَ دَليلٌ عَلَى عَدم الْقَبُولِ، فأنا أحس بفتور وأخشى ألا يَكُونَ اللَّهُ قَدْ تَقَبّلَ مِنّي؟



Wahai Syaikh yang Mulia, apakah melemahnya semangat ibadah setelah usainya bulan ramadhan merupakan pertanda bahwa amal kita tidak diterima? Saya merasakan melemahnya kesemangatan dan saya khawatir kalau-kalau Allah tidak menerima ibadah saya.


Maka beliau rahimahullah menjawab,



الجواب: لا، ليس دليلا على أنّ الله لم يقبل مِنك، لكنه دليل على ضعف الهمّة وعدم الرغبة، ولذلك ينبغي للإنسان أنْ يُصَبِّرَ نَفْسَهُ، وَأَنْ يَحمِلَها عَلَى الْعَمَلِ الصالح؛ لأن رمضانَ مدرسة في الواقع، ثلاثونَ يَوْمًا أَوْ تِسْعَة وَعِشرُونَ يَوْمَا تمضي وأنتَ متلبس بالعبادات المتنوعة، فَلا بُدّ أن يُؤَثِّرَ على قلبك وعلى مَسِيرك، فاغتَنِم هذه الفرصة أمّا أنْ نقول: إنّ مَنْ عَادَ إلَى الْمعَاصِي بَعَد رمضان؛ فإنه علامة على عَدم القبول. فلا نستطيع أنْ نَقُولَ هكذا.



"Tidak. Melemahnya semangatmu dalam ibadah setelah ramadhan bukanlah tanda bahwa Allah tidak menerima amalanmu. Namun itu menunjukkan akan lemahnya semangat dan tidak adanya keinginan.

Oleh sebab itu, wajib bagi seseorang untuk menyabarkan dirinya dan membawa jiwanya untuk terus melakukan amal shalih. Sebab bulan Ramadhan layaknya sekolah dalam kehidupan nyata.

Tiga puluh atau dua puluh sembilan hari kamu lalui dengan beragam macam bentuk ibadah. Maka dia mesti memberikan pengaruh baik pada hatimu dan jalan hidupmu. Maka gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik mungkin.

Adapun untuk kita mengatakan, 'Orang yang kembali bermaksiat setelah Ramadhan itu adalah tanda ibadahnya tidak diterima' maka kami tidak sanggup mengatakan demikian." (
Al-Liqa-at Asy-Syahriyah, III/93)




✍ -- Jalur Masjid Agung @ Kota Raja

-- Hari Ahadi, (21:40) 02 Syawal 1440 / 05 Juni 2019


___


▶️ Mari ikut berdakwah dengan turut serta membagikan artikel ini, asalkan ikhlas insyaallah dapat pahala.


•••


📡 https://t.me/nasehatetam

🖥 www.nasehatetam.net



•┈┈┈┈•✿❁•••❁✿•┈┈┈┈•



📬 Diposting ulang hari Kamis, 2 Syawwal 1441 H / 25 Mei 2020 M


🌐 http://www.nisaa-assunnah.com

📠 http://t.me/nisaaassunnah




🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀









APAKAH MELEMAHNYA SEMANGAT SEUSAI RAMADHAN PERTANDA BAHWA AMAL SHALIH KITA TIDAK DITERIMA  APAKAH MELEMAHNYA SEMANGAT SEUSAI RAMADHAN PERTANDA BAHWA AMAL SHALIH KITA TIDAK DITERIMA Reviewed by Nisaa` As-Sunnah 6 on May 28, 2020 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.