HADITS KEDELAPAN : SYARH NO. 9





HADITS KEDELAPAN  :  SYARH NO. 9 


 MAKNA HADITS  "DAN HISAB MEREKA DI TANGAN ALLAH AZZA WA JALLA" 





وقوله ﷺ : "وحسابهم على الله عز و جل".

يعني الشهادتين مع إقام الصلاة وإيتاء الزكاة تعصم دم صاحبها ومالها في الدنيا إلا أن يأتي ما يبيح دمه.
وأما في الآخرة فحسابه على الله عز وجل، فإن كان صادقاأدخله الله بذلك الجنة، وإن كان كاذبا فإنه من جملة المنافقين في الدرك الأسفل من النار.

(جامع العلوم و الحكم، صفحة : 87)




Yakni, dua kalimat syahadat, mendirikan shalat, dan membayar zakat dapat memelihara darah dan harta orangnya di dunia, kecuali dia melakukan sesuatu yang membuat darahnya boleh ditumpahkan.

Adapun di akhirat kelak, maka Allah azza wajalla yang akan menghisabnya, jika dia jujur, 

Allah akan memasukkan dia ke surga, dan jika dia dusta, maka dia termasuk golongan orang-orang munafik yang tempatnya di kerak paling bawah dalam neraka.



📚 Jami'ul Ulum wal Hikam, halaman 87




📝 Keterangan penerjemah:


°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°


Dalam hadits kedelapan ini Rasulullah ﷺ bersabda bahwa beliau diperintahkan oleh Allah Ta'ala untuk  memelihara darah dan harta seorang Muslim yang dilihat pada zhahirnya  mengucapkan dua kalimat syahadat, mendirikan shalat, dan membayar zakat, meskipun dalam batinnya dia munafik, sementara Rasulullah ﷺ tidak diperintahkan untuk mengetahui isi hatinya, dan jika ternyata dia munafik, dan hanya Allah yang tahu apa yang disembunyikan dalam hatinya, maka meskipun di dunia dia selamat darah dan hartanya, tapi di akhirat kelak dia ditempatkan bersama orang-orang munafik, disiksa dengan siksaan yang paling pedih dan paling panas sebab tempatnya di dasar neraka yang paling bawah, wal iyadzu billah.




•••●✿❁✿●•••



✍🏼 Diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada hari Senin, 6 Jumadil Awwal 1442 H / 21 Desember 2020 M








🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀










 

Lebih baru Lebih lama