10+ Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah

 

Dzikir Sebelum Tidur  Sesuai Sunnah 1

١. بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا

"Dengan Nama-Mu ya Allah aku mati dan hidup."

📚 HR. Al-Bukhari (Al-Fath: 11/113) dan Muslim (4/2083)


Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah 2

٢. اللَّهُمَّ إِنَّكَ خَلَقْتَ نَفْسِي وَأَنْتَ تَوَفَّاهَا ، لَكَ مَمَاتُهَا وَمحْيَاهَا ، إِنْ أَحْيَيْتَهَا فَاحْفَظْهَا ، وَإِنْ أَمَتَّهَا فَاغْفِرْ لَهَا ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau telah menciptakan jiwaku (ruhku) dan Engkau pula yang mewafatkannya. Untuk-Mu mati dan hidupnya, dan jika Engkau menghidupkannya, maka peliharalah dia, dan jika Engkau mematikannya maka ampunilah dia.Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu keselamatan."

📚 HR. Muslim (4/2084) dan Ahmad (2/79)


Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah 3

٣. اللَّهُمَّ قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ تُبْعَثُ عِبَادَكَ

"Ya Allah, lindungilah aku dari adzab-Mu pada hari Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu."

📚 HR. Abu Dawud dengan lafazhnya (4/311), dan Shahih Sunan At-Tirmidzi (3/143).


Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah 4

٤. اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لَا مَلْجَا وَلَا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

"Ya Allah, aku serahkan diriku kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepada-Mu, aku hadapkan wajahku kepada-Mu, dan aku sandarkan punggungku kepada-Mu dalam keadaan harap dan cemas hanya kepada-Mu, tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari (murka)-Mu kecuali hanya kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab-Mu yang Engkau turunkan,  dan kepada Nabi-Mu yang Engkau utus.

📚 HR.  Al-Bukhari (Al-Fath 11/113) dan Muslim (4/2081).


💬 Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, 

.من مات من ليلتك فأنت على الفطرة

"Maka jika kamu mati malam itu, maka kamu mati di atas fitrah (Islam)."


Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah 5

٥. الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَكَفَانَا وَآوَانَا ، فَكَمْ مِمَّنْ لا كَافِيَ لَهُ وَلا مُؤْوِي

"Segala puji hanya bagi Allah yang telah memberi kami makan, minum,  telah mencukupi kami dan melindungi kami, berapa banyak yang tidak ada sesuatu yang mencukupinya dan tidak mempunyai pelindung."

📚 HR. Muslim (4/2085)


Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah 6

٦. اللَّهُمَّ عَالِمَ الغَيْبِ والشَّهَادَةِ، فَاطِرَ السَّموَاتِ والأرْضِ، رَبَّ كُلِّ شَيءٍ ومَلِيْكَهُ، أشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلاَّ أنْتَ، أعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِي، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ، وأنْ أقْتَرِفَ عَلَى نَفْسِي سُوءاً، أوْ أجُرَّهُ إلَى مُسْلِمٍ

"Ya Allah Dzat Yang Maha mengetahui perkara ghaib dan perkara yang nyata, Yang Maha mencipta langit-langit dan bumi, Rabb segala sesuatu dan penguasanya. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku dan dari kejahatan setan serta sekutunya, dan jangan sampai aku menjerumuskan diriku ke dalam kejelekan atau menimpakannya kepada seorang muslim."

📚 HR. Abu Dawud (4/317) dan Shahih Sunan At-Tirmidzi (3/142).


Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah 7

٧. اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ، وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الْأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَة شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُونَكَ شَيْءٌ، اقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

"Ya Allah, Rabb langit-langit yang tujuh dan Rabb bumi, Rabb Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu,  yang membelah biji-bijian dan biji kurma, yang menurunkan Taurat, Injil, dan Al-Qur'an. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkaulah Yang memegang ubun-ubunnya. Ya Allah Engkaulah yang awal, tidak ada sesuatu pun sebelum Engkau, dan Engkaulah yang akhir,  tidak ada sesuatu pun sesudah Engkau, Engkaulah yang Zhahir, tidak ada sesuatu pun yang ada di atas-Mu, dan Engkaulah yang batin (Maha Dekat) dan tidak ada lagi yang lebih dekat daripada-Mu. Tunaikanlah hutang kami dan cukupkanlah kami dari kefakiran (kemiskinan)."

📚 HR. Muslim (4/2084)


Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah 8

٨. سُبْحَانَ اللَّهِ (ثلاثا وثلاثين)
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ  (ثلاثا وثلاثين)
وَاللَّهُ أَكْبَرُ  (أربعا وثلاثين)

"Membaca:

▪Subhanallah (Maha Suci Allah) 33 kali
▪Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah) 33 kali
▪Allahu Akbar (Allah Maha Besar) 34 kali."

📚 HR. Al-Bukhari (Al-Fath 7/71) dan Muslim (4/2091).

Keterangan:

Yang membacanya ketika merebahkan diri di pembaringannya, maka itu lebih baik dari seorang pembantu.


Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah 9

Membaca Ayat Kursi

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

"Allah, tidak ada sesembahan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

📚 QS. Al-Baqarah: 255
📚 HR. Al-Bukhari (Al-Fath: 4/487).

Fadhilahnya:

Barang siapa yang membaca Ayat Kursi ketika akan tidur, maka akan senantiasa ada dari sisi Allah yang akan menjaganya dan dia tidak akan didekati oleh setan.


Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah 10

📜 Membaca dua ayat terakhir Surah Al-Baqarah:

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ. لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rasul telah beriman kepada Al-Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Rabb-nya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. 

💬 (Mereka mengatakan): 
"Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", 

💬 dan mereka mengatakan,
"Kami dengar dan kami taat".

💬 (Mereka berdoa): 
"Ampunilah kami ya Rabb kami dan kepada Engkaulah tempat kembali".

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.

💬 (Mereka berdoa): 
- "Ya Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah.
- Ya Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.
- Ya Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya.
- Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

📚 QS. Al-Baqarah: 285-286
📚 HR. Al-Bukhari (Al-Fath: 9/94) dan Muslim (1/554).  

▪Barang siapa yang membacanya pada malam hari, maka itu sudah cukup baginya.


Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah 11

Mengumpulkan kedua telapak tangannya, meniup pada keduanya, lalu membaca:

▪ Surah Al-Ikhlas: 1-4

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ، اللَّهُ الصَّمَدُ، لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ، وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ.

▪ Surah Al-Falaq: 1-5

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ، مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ، وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ، وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ، وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

▪ Surah An-Naas: 1-6

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ، مَلِكِ النَّاسِ، 
إِلَٰهِ النَّاسِ، مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ، الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ، مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ.

Kemudian mengusapkan kedua telapak tangannya semampunya ke tubuhnya, dimulai dari kepala dan wajahnya serta semua bagian depan tubuhnya. Ini dilakukan sebanyak tiga kali." 

📚 HR Al-Bukhari (9/62) dan Muslim (4/1723).

Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah 12

Rasulullah صلى الله عليه وسلم tidak segera tidur sehingga membaca:

▪surah As-Sajdah (Alif Lam Mim - Tanzil) dan
▪surah Al-Mulk (tabarakalladzi biyadihil mulku)

📚 HR. At-Tirmidzi dan An-Nasa'i. Lihat Shahihul Jami' (4/255).

Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah 13


إذا قام أحدكم عن فراشه ثم رجع إليه فلينفضه بصنفة إزاره ثلاث مرات وليسم الله فإنه لا يدري ما خلفه عليه بعد فإذا اضطجع فليقل :

💬 Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, 

"Apabila salah seorang dari kamu bangun dari pembaringannya kemudian kembali lagi, hendaklah dia mengibaskan (membersihkan) tempat tidurnya (meskipun) dengan ujung sarungnya tiga kali sambil menyebut nama Allah,  karena dia tidak tahu apa yang menggantinya ketika dia tinggalkan, dan jika dia berbaring lagi hendaklah membaca, 

*بِاسْمِكَ رَبِّـي وَضَعْـتُ جَنْـبِي، وَبِكَ أَرْفَعُـه، فَإِن أَمْسَـكْتَ نَفْسـي فارْحَـمْها ، وَإِنْ أَرْسَلْتَـها فاحْفَظْـها بِمـا تَحْفَـظُ بِه عِبـادَكَ الصّـالِحـين*

"Dengan nama-Mu wahai Rabb-ku, aku letakkan lambungku, dan dengan nama-Mu pula aku mengangkatnya, maka jika Engkau menahan jiwaku (ruhku) maka rahmatilah dia, dan jika Engkau melepaskannya maka peliharalah dia dengan sesuatu yang Engkau pelihara dengannya hamba-hamba-Mu yang shalih."

📚 HR. Al-Bukhari (11/126) dan Muslim (4/2084).



*Kumpulan faidah pagi yang diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada 8 Ramadhan 1440 H - 20 Ramadhan 1440 H /  13 Mei 2019 M - 25 Mei 2019 M. Telah diterbitkan di channel Telegram t.me/nisaassunnah



Faidah Terkait:

~ SEBELUM TIDUR BACALAH DO'A INI ~⛺ ✋🏼

 قبل أن تنام ✋🏼 🌿 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( من قال حين يأوي إلى فراشه : لا إله إلا الله وحده لاشريك له ، له الملك وله الحمد وهو على كل شي قدير ، لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم ،  سبحان الله والحمدلله ولا إله إلا الله والله اكبر ، غفرت له كل ذنوبه أو خطاياه وان كانت مثل زبد البحر). 📚 صحيح الترغيب والترهيب للإمام  الألباني ( 607 ) ✅ والدال على الخير كفاعله 

👉🏾 Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: 

💬 "Barangsiapa membaca ketika akan tidur :

 لاَإلَهَ إلاَّ اللَّه وَحدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْر، لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ، سُبْحَانَ اللَّه وَالْحَمْدُ لِلَّه وَ لاَ إلَهَ إلاَّ اللَّه وَاللَّهُ أكْبَر. 

💧💧 Maka diampuni semua dosanya atau kesalahannya meskipun sebanyak buih di lautan." 
📚 Shahih At-Targhib wa At-Tarhib, Imam Al- Albani  (607) ◇◇◇◇◆🌀◆◇◇◇◇ ✏🇮🇩 🏼 

Diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah Ali Bahmid hafizhahallah pada Selasa, 19 Shafar 1437 H / 1 Desember 2015 M


 ◇◇◇◇◇◆🍃🌀🍃◆◇◇◇◇◇ ○ 
http://nisaa-assunnah.com 
○ http://t.me/nisaaassunnah 
🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀

Lebih baru Lebih lama