Berita Gembira Bagi Mukminah

 

Berita Gembira Bagi Setiap Mukminah


Antara Wanita Mukminah di Jannah dengan Para Bidadari Jannah, mana yang lebih utama?


al-Imam al-Qurthubi rahimahullah berkata,

 

"Kondisi wanita mukminah di Jannah (Surga)  LEBIH UTAMA daripada kondisi para Bidadari,  LEBIH TINGGI DERAJATNYA,  dan LEBIH CANTIK.

WANITA SHALIHAH dari penduduk dunia apabila masuk Jannah, maka hanya dia masuk padanya sebagai balasan atas amal shalih dan pemuliaan dari Allah terhadapnya karena agama dan keshalihahannya.


Adapun Bidadari yang dia itu merupakan kenikmatan Jannah,  hanyalah dia diciptakan di Jannah demi untuk (kenikmatan) pihak lain,  dan dia dijadikan sebagai balasan orang mukmin atas amal shalihnya.


SANGAT BERBEDA, antara seorang yang masuk Jannah sebagai balasan atas amal shalihnya dengan makhluk yang diciptakan (sebagai kenikmatan) yang dengannya dibalas orang yang beramal shalih.
Maka yang pertama adalah ratu, tuan, pimpinan.
Adapun yang kedua — di atas kedudukannya yang tinggi dan sangat cantik — namun dia — dalam pengertian yang dipahami manusia — bukanlah ratu,  namun ia dipimpin oleh tuannya yang mukmin yang Allah Ta'ala ciptakan dia sebagai balasan untuk sang mukmin."


Tafsir al-Qurthubi 16/154
Tadzkirah fi Ahwaal al-Mautaa wa Umuur al-Akhirah 3/985


asy-Syaikh al-'Allamah Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah ditanya,
 

"Apakah sifat-sifat  yang disebutkan untuk para Bidadari itu meliputi juga para wanita dunia? "


Beliau menjawab :
 

"Yang tampak bagiku bahwa wanita-wanita dunia mereka LEBIH BAIK daripada para Bidadari. Termasuk dalam sifat-sifat yang tampak. Wallahu A'lam."


Fatawa Nur 'ala ad-Darb


بشرى لكل مؤمنة

قال الإمام القرطبي رحمه الله

حال المرأة المؤمنة في الجنة أفضل من حال الحور العين وأعلى درجة وأكثر جمالا ؛ فالمرأة الصالحة من أهل الدنيا إذا دخلت الجنة فإنما تدخلها جزاءً على العمل الصالح وكرامة من الله لها لدينها وصلاحها ، أما الحور التي هي من نعيم الجنة فإنما خُلقت في الجنة من أجل غيرها وجُعلت جزاء للمؤمن على العمل الصالح ، وشتان بين من دخلت الجنة جزاءً على عملها الصالح وبين من خُلقت ليُجازى بها صاحب العمل الصالح ؛ فالأولى ملكة سيدة آمرة ، والثانية - على عظم قدرها وجمالها - إلا أنها ـ فيما يتعارفه الناس ـ دون الملكة ، وهي مأمورة من سيدها المؤمن الذي خلقها الله تعالى جزاءً له▪️

تفسير القرطبي 16/154

التذكرة في أحوال الموتى وأمور الآخرة 985/3

قد سُئل الشيخ ابن عثيمين - رحمه الله - : هل الأوصاف التي ذُكرت للحور العين تشمل نساء الدنيا

فأجاب :الذي يظهر لي أن نساء الدنيا يكنَّ خيرا من الحور العين ، حتى في الصفات الظاهرة ، والله أعلم  فتاوى نور على الدرب .



Majmu'ah Manhajul Anbiya
Channel Telegram https://bit.ly/ManhajulAnbiya



Diposting ulang oleh
Nisaa` As-Sunnah

Lebih baru Lebih lama