HUKUM SHALAT JENAZAH BAGI KAUM WANITA


Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah

Pertanyaan :

Apakah boleh seorang wanita mengumpulkan keluarga mayit dari kalangan wanita untuk shalat bersama mereka shalat jenazah di rumah duka?

Jawaban :

Tidak mengapa seorang wanita shalat jenazah, sama saja apakah shalat di masjid bersama manusia, ataupun shalat di rumah duka. Karena kaum wanita tidak terlarang shalat jenazah. Akan tetapi yg dilarang dari mereka adalah ziyarah kubur. Karena :

"Nabi ﷺ  melaknat wanita-wanita yg berziyarah kubur dan orang yg menjadikan diatas kubur masjid-masjid dan lampu-lampu."

Ini jika dia berniat ziyarah kubur.

Adapun jika ia tidak bermaksud ziyarah, misalnya tatkala dia pergi untuk satu urusannya, dan ia melewati kuburan maka tidak mengapa ia berdiam sejenak dan mengucapkan salam kepada penghuni kubur dan mendoakan mereka.

📑 Silsilah Al-Liqaa Asy-Syahri 1

🌱فتاوي الامام بن عثيمين رحمه الله

السؤال:

هل يجوز للمرأة أن تجمع أهل البيت من النساء وتصلي بهن صلاة الجنازة على ميتهم في ذلك المنزل؟

الجواب:

لا حرج أن تصلي المرأة على الجنازة، سواء صلت عليها في المسجد مع الناس، أو صلت عليها في بيت الجنازة؛ لأن النساء لا يمنعن من الصلاة على الميت، وإنما يمنعن من زيارة القبور، فإن النبي -صلى الله عليه وسلم- «لعن زائرات القبور والمتخذين عليها المساجد والسرج» هذا إن قصدت الزيارة، أما إذا لم تقصد الزيارة بأن تكون ذهبت لشغل لها ومرت بالمقبرة فلا حرج عليها أن تقف وتسلم على أهل القبور وتدعو لهم.
المصدر: سلسلة اللقاء الشهري > اللقاء الشهري [1]

🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁
📬 Diposting ulang hari Senin, 19 Rabi'ul Akhir 1441 H / 16 Desember 2019 M
🌐 http://www.nisaa-assunnah.com
📠 http://t.me/nisaaassunnah

🎀 *Nisaa` As-Sunnah* 🎀
Lebih baru Lebih lama