AL-FIQH AL-MUYASSAR (PERTEMUAN 1): MUQADDIMAH

AL-FIQH AL-MUYASSAR (PERTEMUAN 1): MUQADDIMAH


KAJIAN FIQIH
Dari kitab:
AL-FIQH AL-MUYASSAR
(FIQIH PRAKTIS)



بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه، أما بعد:


Akhawati fillah, semoga rahmat Allah dicurahkan untukku dan untuk kalian semua.

Alhamdulillah, setelah selesai kita mengkaji fiqih dari kitab Tanbihat 'ala Ahkamin Takhtashshu bil Mu`minat, sekarang kita mengkaji fiqih dari kitab baru, yakni kitab Al-Fiqh Al-Muyassar, yang artinya Panduan Fiqih yang Mudah atau Fiqih Praktis Berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah.

Kitab ini disusun oleh beberapa ulama' fiqih, dan diberi pengantar muqaddimah oleh Asy-Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Alu Asy-Syaikh حفظه الله تعالى

Sebelum kita mengkaji isi kitab, alangkah lebih baik jika kita mengetahui isi muqaddimah dari kitab ini terlebih dahulu.


بسم الله الرحمن الرحيم

MUQADDIMAH


Ditulis oleh yang mulia Asy-Syaikh Shalih bin Abdul Aziz bin Muhammad Alu Asy-Syaikh

(Menteri Urusan Keislaman, Wakaf, Dakwah, dan Penyuluhan
Sebagai Pembina Umum al-Mujamma')


Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam, dan semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada hamba dan utusan-Nya Muhammad صلى الله عليه و سلم, penutup para rasul, juga kepada keluarga dan para sahabat beliau semuanya.

Amma ba'du
     
Memahami agama dan mempunyai bashirah (ilmu) tentang hukum-hukum syariat, merupakan tujuan paling mulia dan paling utama.

Tidaklah seruan syariat dalam banyak nash yang shahih untuk memahami dan menguasai ilmu fikih dengan baik, baik secara ilmiah maupun pemahaman tentangnya, melainkan itu adalah pertanda paling baik yang menunjukkan kedudukan tinggi yang diharapkan dalam agama Allah. Dan sebagai bukti hal tersebut, bahwa Allah menjadikan kehendak-Nya untuk memberikan kebaikan pada hamba adalah pemahamannya pada agama Rabb-nya.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقَِهْهُ فِي الدِّيْنِ

"Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan untuknya, maka Dia menjadikannya faqih (memahami) agama." (HR. Bukhari Muslim)

Tidak sama seorang hamba yang diliputi oleh kebodohan dan disesatkan oleh hawa nafsu sehingga dia tidak bisa mencapai tujuan hidupnya, lalu dia jatuh tertatih-tatih dalam menempuh jalan kehidupannya, hampir-hampir dia tidak mendapatkan petunjuk, dibandingkan dengan seorang hamba yang ilmunya terang bercahaya, dan dia beribadah kepada Rabb-nya berdasarkan petunjuk dan cahaya dari-Nya.

Dari sinilah telah menjadi jelas firman Allah ta'ala,

{هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ } [الزمر : 9]

"Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" (QS. Az-Zumar: 9)

Dakwah kepada manusia agar beribadah kepada Allah di atas cahaya  (ilmu) dan sesuai petunjuk dari wahyu-Nya telah dilaksanakan oleh pemerintah negara yang penuh barakah ini, tidak diragukan ia adalah negara Al-Haramain Asy-Syarifain.

Negara ini telah menyebarkan ilmu-ilmu Al-Qur`an dan As-Sunnah sepenuh kemampuan dan kekuasaan yang dimilikinya, dengan usahanya itu maka pemerintah telah menghilangkan banyak kejahilan dari manusia, juga berusaha pula untuk membantah kebatilan yang Al-Qur`an dan As-Sunnah berlepas diri darinya.

Di antara proyek yang kokoh pondasinya di bawah bimbingan dari Khadim Al-Haramain Asy-Syarifain -semoga Allah memberinya taufik kepada semua kebaikan-, di mana beliau sebagai 'ulil amri' di negara ini, dan salah satu yang paling menonjol adalah proyek Kementerian Urusan Keislaman, Wakaf, Dakwah, dan Penyuluhan yang ditangani oleh Mujamma' Al-Malik Fahd li Thiba'ah Al-Mushaf Asy-Syarif (percetakan Al-Qur`an), adalah menerbitkan buku-buku praktis di bidang ilmu-ilmu syari'ah dan membagikannya kepada masyarakat di mana saja mereka berada, sehingga mereka bisa mempelajari agama dengan metode yang mudah dan praktis di bawah bimbingan Al-Qur'an dan As-Sunnah sesuai dengan pemahaman As-Salaf Ash-Shalih dari kalangan umat ini.

Percetakan Al-Qur`an telah menerbitkan kitab-kitab tersebut sesuai rencana yang telah ditetapkan, yaitu kitab:

Ushul Al-Iman fi Dhau al-Kitab wa As-Sunnah
Kitab Adz-Dzikr wa Ad-Du'a fi Dhau Al-Kitab wa As-Sunnah

Dan sekarang percetakan Al-Qur'an telah menerbitkan buku baru, yaitu (yang sedang kita kaji ini) Kitab Al-Fiqh Al-Muyassar fi Dhau Al-Kitab wa As-Sunnah.

Kitab ini berisi hukum-hukum fiqih dalam ibadah dan muamalah disertai dengan dalil-dalil ...



Bersambung in sya Allah

Diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah Zainab bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada hari Rabu, 7 Jumadil Akhir 1437 H / 16 Maret 2016 M


Bagi yang ingin mendapatkan faedah dari dars kitab Fiqh Al-Muyassar, silakan kunjungi website kami
http://annisaa.salafymalangraya.or.id

Channel Telegram
http://bit.ly/NisaaAsSunnah



Nisaa` As-Sunnah
AL-FIQH AL-MUYASSAR (PERTEMUAN 1): MUQADDIMAH AL-FIQH AL-MUYASSAR (PERTEMUAN 1): MUQADDIMAH Reviewed by Nisaa` As-Sunnah on March 18, 2016 Rating: 5

Events

ads
Powered by Blogger.