HUKUM MEMAKI DAN MELAKNAT ANAK


Asy Syaikh Al 'Allamah Muhammad bin Hadi Al Madkhali hafizhahullah

P E R T A N Y A A N"Sebagian ummahat terjangkiti kebiasaan buruk berupa melaknat anak-anaknya. Sudah menjadi kebiasaan yang terlontar dari lisan-lisan mereka berupa cacian dan makian. Apa hukumnya hal itu ?"

J A W A B A N
"Tidak boleh mencaci dan memaki sekalipun dari ayah dan ibunya, karena sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memperingatkan dari perkara ini, dan akan datang haditsnya :
 لَيْسَ الْمُؤْمِنُ بِالطَّعَّانِ وَلَا اللَّعَّانِ وَلَا الْفَاحِشِ وَلَا الْبَذِيء

"Seorang mu`min bukanlah pencela, bukan pula pelaknat, bukan juga pelaku kekejian, dan bukan pelaku perbuatan kotor"


Orang yang suka melaknat bukanlah orang yang jujur di sisi Allah pada hari kiamat. Maka wajib untuk menjauhi perkara itu, dan memperingatkan darinya.

Melaknat, apabila dilakukan tanpa hak maka akan berbalik kepada pelakunya,sebagaimana telah kami sebutkan kepada kalian dalam hadits belum lama ini. 
Maka wajib atas seorang wanita, ayah, dan seluruh kaum muslimin untuk berhati-hati dari melaknat !!"

http://bit.ly/alistifadah Arsip WALIS » http://walis-net.blogspot.com/2016/09/hukum-memaki-dan-melaknat-anak.htmlKritik dan saran » http://goo.gl/d0M01PFaedah Lain » http://walis.salafymedia.com/


حكم شتم ولعن الأبناء

سُئل الشَّـيخ العلّامــة مُحَمَّد بنُ هَادِي المَدْخَلِي -حَـفِظَهُ الله-:
 السُّــــ☟ـــؤَالُ:
• أُبْتُلِيَت بعض الأمهات بلعنِ أبنائهن، وجَرَت العادة من ألستنهن على قول هذا؛ من السب والشتم، فما حكم ذلك؟
الجَـــ☟ـــوَابُ:
” ... لا يجوز السب والشتم ولو كان من الأب والأم، فإن النبي - صلَّى الله عليه وسلم - قد حَذَّر من هذا، وسيأتي، ((لَيْسَ الْمُؤْمِنُ بِالطَّعَّانِ وَلَا اللَّعَّانِ وَلَا الْفَاحِشِ وَلَا الْبَذِيءِ)) واللعَّان لا يكون صديِّقًا عند الله يوم القيامة، فيجب أن يُجتنب ذلك، وأن يُحذر منه.
 واللعنة إذا كانت بغير وجه حق، فإنها ترجع على صاحبها، كما ذكرنا لكم في الحديث قبل قليل، فالواجب على المرأة والأب وعموم المسلمين أن يحذروا اللعن “. للاشتراك بمجموعاتناالسنيه
٠٠٩٦٧٧٧٧٦١٥٨١٦
ــــ
رابـط الصوتيــة :
[http://www.miraath.net/quesdownload.php?id=2713]


Majmu'ah AL ISTIFADAHhttp://bit.ly/tentangwalisTelegram http://bit.ly/alistifadah JOINمجموعة الاستفادةSelasa, 18 Dzulhijjah 1437H / 20 September 2016M


Diposting ulang hari Jum'at, 21 Dzulhijjah 1437 H / 23 September 2016 M
http://annisaa.salafymalangraya.or.idhttp://bit.ly/nisaaassunnah

Nisaa` As-Sunnah 

Lebih baru Lebih lama