MENGAPA ORANG YANG BERMAJELIS DENGAN AHLI BID'AH LEBIH BERBAHAYA BAGI KITA DARI AHLI BID'AH?



Silsilah Manhajiyyah 

Berkata As-Syaikh Al-'Allamah Muhammad bin Hadi Al-Madkhali _hafizhahullah_ :

karena ahli bid'ah telah tampak perkara mereka dan jelas keadaan mereka sehingga manusia berhati-hati dari mereka; akan tetapi ini orang yang menampakkan bahwa dirinya sunni dan di atas akidah ahlussunnah, di atas jalan ahlussunnah namun dia bermajelis dengan mereka lebih berbahaya bagi kita dari mereka (ahli bid'ah). Mengapa?

Karena tertipu dan terkecoh dengannya akan lebih banyak, dia akan menipu keumuman orang dan menipu orang-orang awam, sehingga mereka akan dapat menipu dari dua sisi:

Sisi pertama: karena mereka bermajelis dengan ahli bid'ah, kepada orang ini yang mereka lihat telah bermajelis kepadanya, mereka akan mengatakan: kalau sekiranya orang tersebut ada sesuatu (dari penyimpangan) tentulah si fulan tidak akan bermajelis kepadanya karena dia seorang sunni dan kami mengenalnya, sehingga mereka pun terjatuh disebabkan olehnya.

Sisi kedua: dia akan menyeret mereka keluar dari ahlussunnah dan dari jalan ahlussunnah di dalam memisahkan diri dari ahli bid'ah sampai dia bawa mereka kepada ahli bid'ah; karena apabila dia telah membantu dan membela setelah dia bermajelis dan berteman akan menjadi satu jenis di atas jalan mereka (ahli bid'ah); sehingga dia akan menyeret orang yang tertipu dengannya dari kalangan orang yang mengenalnya di atas sunnah dahulunya sehingga dia terjatuh disebabkan olehnya. 》



Sumber artikel:
http://miraath.net/articles.php?cat=11&id=1061

لماذا من يُجالس أهل البدع أشد علينا من أهل البدع ؟

قــالَ الشَّـيخ العلّامــة مُحَمَّد بنُ هَادِي المَدْخَلِي -حَـفِظَهُ الله-:

” ... لأن أهل البدع قد ظهر أمرهم وبان حالهم فالناس يتقونهم؛ لكن هذا الذي يُظهر أنه سُني وعلى عقيدة أهل السنة وطريقة أهل السنة وهو يجالسهم هذا أشد علينا منهم. لماذا؟

 لأن الاغترار والانخداع به أكثر، يخدع العامة يخدع العوام، فيُخدعون به من ناحيتين:

الناحية الأولى: أنهم يجلسون إلى أهل البدع، إلى هذا الذي رأوه قد جلس إليه، يقولون: لو كان فيه شيء ما جلس إليه فلان وهو سُني ونحن نعرفه، فيقعون بسببه.

الثاني: أنه يجرهم هو عن أهل السنة وطريقة أهل السنة في مُباينة أهل البدع حتى يأتي بهم إليهم؛ لأنه إذا نصر وذب بعد ما جالس وصاحب يُصبح مجانسا على طريقتهم؛ فيجر من انخدع به ممن يعرفه على السنة قديما فيقع بسببه“.

 

المصــدَرُ :

[http://miraath.net/articles.php?cat=11&id=1061]

قناة منهاج السلف الصالح ::
منهجنا الكتاب والسنة بفهم سلف الأمة
@alssilf_alssalih
[ http://cutt.us/eCGAW ]
انشر وفقك الله لطاعته .

Broadcast by :
Ahlus Sunnah Karawang;
Channel MutiaraASK,
http://tlgrm.me/MutiaraASK
Website ASK,
http://bit.ly/BlogASK
BBM Mutiara Salaf,
Pin:5F0E3F06| Channel:C001C7FFE

#manhajiyyah #ahli_bidah #ahlussunnah

Diposting ulang hari Kamis, 13 Dzulhijjah 1437 H / 15 September 2016 M

http://annisaa.salafymalangraya.or.id
http://bit.ly/nisaaassunnah


Nisaa` As-Sunnah

Lebih baru Lebih lama