TANYA JAWAB Nisaa` As-Sunnah 5 Jum'at, 15 Rabi'ul Akhir 1438 H / 13 Januari 2017

 

PERTANYAAN 1

Bismillah.
Afwan Ustadzah, di pekan kemarin ada pertanyaan tentang akikah dan kurban, yang ingin ana tanyakan adalah mengenai waktu  akikah, apakah boleh akikah dilaksanakan selain di hari ketujuh dari kelahiran anak?
Jazakillah atas bimbingan Ustadzah.

JAWABAN

Akikah disyariatkan dilaksanakan di hari ketujuh, jika belum mampu, maka boleh dilaksanakan setelah hari ketujuh, ada yang berpendapat dilaksanakan di hari kelipatan tujuh, yakni hari ke-14 atau ke-21, dst.
Allahu a'lam wa barakallahu fiki.

 

PERTANYAAN 2

Ustadzah, ana mau bertanya sbb:

1. Apakah di zaman Rasulullah ﷺ para sahabiyah melihat langsung saat Rasulullah ﷺ berdakwah?

2. Bagaimana kita belajar ilmu, tapi kita tidak pernah melihat Ustadz yang berdakwah dan hanya mendengarkan lewat radio saja (hanya mengetahui namanya dan mengetahui dia bermanhaj salaf dari orang lain yang kita sendiri tidak mengetahui benar atau tidaknya, karena kejahilan kita)?

3. Apa nasihat bagi kami yang baru mengenal manhaj salaf? Ilmu apa yang harus dipelajari terlebih dahulu?

Jazakillahu khairan Ustadzah.

JAWABAN

Afwan ana tidak tahu apakah para sahabiyah melihat langsung kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم ataukah tidak, tapi yang jelas dalam banyak riwayat mereka berhijab dengan sempurna.

Di akhir zaman yang penuh fitnah ini kita lebih terjaga dan aman dari fitnah dengan melaksanakan perintah Allah untuk kita BERHIJAB dan MENUNDUKKAN PANDANGAN MATA dari laki-laki yang bukan mahram kita, terutama kepada Ustadz yang sering mengajar kita, sebab sering terjadi wanita terfitnah dengan Ustadznya, apalagi jika dia bebas memandangi wajah Ustadznya.

Kita bisa mengetahui lurus atau tidaknya manhaj seorang Ustadz dari informasi sesama akhwat yang LURUS manhajnya, karena dia akan berhati-hati dan tidak gegabah mencari informasi tentang manhaj seorang Ustadz dari sumber-sumber yang terpercaya.

Perlu diketahui, bahwa yang kita cari dan kita dengarkan hanyalah ILMU, kita tidak mencari dan tidak pula melihatWAJAH-WAJAH Ustadz yang mengajar kita,  jika lurus NIAT kita, maka yang kita dapati adalah ILMU YANG BERMANFAAT.

Ilmu yang pertama dan paling utama dipelajari adalah ILMU TAUHID.

Allahu a'lam wabarakallahu fiki.

 

PERTANYAAN 3

Bismillah.
Afwan Ustadzah, ana mau bertanya, bagaimana sikap kita terhadap mertua perempuan yang qaddarullah kita terlihat salah di matanya, walaupun kita merasa benar? Mohon nasihat Ustadzah.

Jazakillah Khairan

JAWABAN

Kepada mertua kita wajib pula berbuat IHSAN, jika kita selalu salah di mata beliau, maka itu UJIAN bagi kita, jika kita sabar, maka akan terhapus DOSA-DOSA kita, maka bersabarlah sambil mengharap pahala dari Allah.

Janganlah kejahatan dibalas dengan kejahatan, tapi sebaliknya balaslah dengan kebaikan, maka kelak akan berubah menjadi SAYANG kepada kita.

Untuk menumbuhkan cinta kasih mertua, sering-seringlah memberi hadiah kepadanya meskipun dengan sesuatu yang sederhana, dengan sering memberi hadiah, maka insya Allah akan menumbuhkan cinta beliau kepada kita.

Allahu a'lam wabarakallahu fiki.

 

PERTANYAAN 4

Afwan Ustadzah yang semoga dirahmati Allah, ana mau bertanya tentang mandi junub. Apabila sudah mandi junub, namun qaddarullah masih mengeluarkan air mani lagi, bahkan beberapa kali.
Yang ana tanyakan, bagaimana menyikapi hal itu, apakah harus mandi wajib lagi atau cukup mengulangi wudhu bila hendak melakukan shalat?

Jazakillahu khairan wabarakallahufiki

JAWABAN

Air mani yang keluar setelah mandi junub hanya membatalkan wudhu.
Bersihkan air mani dari farji, lalu berwudhu lagi dan tidak mengulangi mandi junub.

Allahu a'lam wabarakallahu fiki.

 

PERTANYAAN 5

Bismillah. Afwan, apabila kita belum ada biaya untuk melaksanakan akikah, apakah boleh diadakan syukuran tanpa menyembelih kambing, tapi memasak makanan semisal ayam, tujuannya hanya untuk memperkenalkan nama si bayi terlebih dahulu? Apa hukum

syukuran tersebut?

Jazakillah khairan

JAWABAN

Allahu a'lam ana tidak tahu adanya dalil yang membolehkan syukuran karena kelahiran bayi, yang kita ketahui hanyalah akikah.

Karena itu sebagian ulama yang mewajibkan akikah membolehkan BERHUTANG untuk bisa melaksanakan akikah di hari ketujuh jika belum mampu, dengan syarat ada kemampuan untuk MELUNASI HUTANG di hari yang lain.

Allahu a'lam wabarakallahu fiki.


http://www.nisaa-assunnah.com
http://bit.ly/nisaaassunnah


Nisaa` As-Sunnah

TANYA JAWAB Nisaa` As-Sunnah 5 Jum'at, 15 Rabi'ul Akhir 1438 H / 13 Januari 2017 TANYA JAWAB Nisaa` As-Sunnah 5  Jum'at, 15 Rabi'ul Akhir 1438 H / 13 Januari 2017 Reviewed by nisaa.assunnah3 on January 15, 2017 Rating: 5

Events

ads
Powered by Blogger.