Keutamaan Banyak Berpuasa Sunnah Di Bulan Muharram



◎ http://t.me/nisaaassunnah

🌺🌓🌹🌻 Keutamaan Banyak Berpuasa Sunnah Di Bulan Muharram

✍🏻 Dari Abu Hurairah رضي الله عنه berkata: Rasulullah ﷺ bersabda, “Puasa yang paling afdhal setelah Ramadhan adalah Puasa bulan Allah Al-Muharram.” (HR Muslin 1982)

📑 Imam Nawawi berkata, “Sabda baginda "Bulan Allah" disandarkan kata bulan kepada lafaz Allah adalah penyandaran pengagungan.

📑 Al-Qaari berkata, “Yang nampak adalah (Puasa) seluruh bulan Muharram.”

👋🏻 Akan tetapi telah tetap kalau Nabi ﷺ tidaklah berpuasa satu bulan penuh selain Ramadhan. Maka hadits ini dibawa pada makna anjuran memperbanyak puasa di bulan Muharram, bukan berpuasa seluruhnya.

✋🏻 Dan telah tetap Nabi ﷺ memperbanyak puasa di bulan Sya'ban, dan sepertinya belum diwahyukan kepada baginda keutamaan bulan Muharram kecuali di akhir hayat baginda, sehingga belum memungkinkan bagi baginda untuk berpuasa padanya.” (Syarh shahih Muslim karya An-Nawawi)

☝🏻 Allah itu memilih apa saja yang Dia kehendaki dari waktu dan tempat. Izz bin Abdissalam رحمه الله berkata, “Dan diutamakannya tempat dan waktu itu ada dua permisalan:

⏭ Yang pertama: Secara duniawi
⏭ Yang kedua: Diutamakan secara agama, kembalinya kepada Allah, akan mengurniakan hambaNya di waktu tersebut pahala bagi orang yang beramal. Seperti diutamakannya puasa bulan Ramadhan di atas seluruh bulan.

✋🏻 Demikian juga hari Asyura, maka keutamaannya kembali kepada kemurahan Allah dan kebaikanNya kepada hamba-hambaNya di waktu itu.” (Qawaaid Al-Ahkam 1/38)

📚 Sumber || Channel Durus Salafiyyah

⚪ WhatsApp Salafy Indonesia

📚 ll مجموعة طريق السلف ll 📚
🌐 www.thoriqussalaf.com
🌐 http://telegram.me/thoriqussalaf
*=====○○=====○○=====*
📬 Diposting ulang hari Jum'at, 2 Muharram 1438 H / 22 September 2017 M
📠 http://t.me/nisaaassunnah
🌐 http://www.nisaa-assunnah.com

🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀
Lebih baru Lebih lama