Kajian Tauhid Kitab Tsalatsatul Ushul (Pertemuan 90)





  KAJIAN TAUHID 


 Dari kitab:
Tsalatsatul Ushul
(Tiga Landasan Utama)


Penulis:
Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab رحمه الله تعالى


 Syarah/Penjelasan oleh:
Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin رحمه الله

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه، أما بعد

Orang-orang yang sesat telah mengingkari bahwa malaikat mempunyai jasad. Mereka berpendapat bahwa malaikat adalah sebuah ungkapan dari kekuatan kebaikan yang ada pada diri para makhluk.

Keyakinan mereka tersebut berarti telah mendustakan Al-Qur'an, As-Sunnah, dan Ijma' (kesepakatan) kaum muslimin.

 Allah ta'ala berfirman,

الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ جَاعِلِ الْمَلَائِكَةِ رُسُلًا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۚ 

"Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi yang telah menjadikan para malaikat sebagai utusan-utusan yang mempunyai sayap-sayap, (ada yang jumlah sayapnya) dua, tiga, dan empat." (QS. Fathir: 1)

 Dan juga berfirman,

وَلَوْ تَرَىٰ إِذْ يَتَوَفَّى الَّذِينَ كَفَرُوا ۙ الْمَلَائِكَةُ يَضْرِبُونَ وُجُوهَهُمْ وَأَدْبَارَهُمْ 

"Seandainya kamu (bisa) melihat ketika para malaikat mencabut nyawa orang-orang kafir sambil memukul wajah dan belakang mereka." (QS. Al-Anfal: 50)

 Allah ta'ala berfirman pula,

وَلَوْ تَرَىٰ إِذِ الظَّالِمُونَ فِي غَمَرَاتِ الْمَوْتِ وَالْمَلَائِكَةُ بَاسِطُو أَيْدِيهِمْ أَخْرِجُوا أَنْفُسَكُمُ ۖ 

"Seandainya kalian melihat ketika orang-orang yang zhalim dalam tekanan-tekanan sakaratul maut, sedangkan para malaikat memukul dengan tangan-tangannya sambil berkata, 'Keluarkanlah nyawa-nyawa kalian'."
(QS. Al-An'am: 93)

 Allah juga berfirman,

 حَتَّىٰ إِذَا فُزِّعَ عَنْ قُلُوبِهِمْ قَالُوا مَاذَا قَالَ رَبُّكُمْ ۖ قَالُوا الْحَقَّ ۖ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْكَبِيرُ

"Sehingga ketika telah dihilangkan rasa takut dari hati mereka (para malaikat), mereka bertanya,  'Apa yang telah difirmankan oleh Rabb kalian?'  Mereka menjawab, 'Perkataan yang benar.' Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha Besar."  (QS. Saba: 23)

 Dan Allah ta'ala berfirman tentang para penghuni surga:

 وَالْمَلَائِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِمْ مِنْ كُلِّ بَابٍ. سَلَامٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ ۚ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ

"Dan para malaikat itu masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu, sambil berkata, 'Salamun 'alaikum (salam sejahtera bagi kalian) karena kesabaran kalian.' Maka (surga) itu adalah tempat tinggal yang paling baik." (QS. Ar-Ra'd: 23-24)

🏷 Dan dalam Shahih Al-Bukhari dari Abu Hurairah رضي الله عنه bahwa Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda,

إذا أحب الله العبد نادى جبريل :
إن الله يحب فلانا فأحبه، فيحبه جبريل، فينادي جبريل في أهل السماء: إن الله يحب فلانا فأحبوه. فيحبه أهل السماء، ثم يوضع له القبول في الأرض.

"Apabila Allah mencintai seorang hamba, maka Dia menyatakan kepada malaikat Jibril, 'Sesungguhnya Allah mencintai fulan, maka cintailah dia'. Maka Jibril pun mencintainya. Kemudian Jibril menyatakan kepada penghuni langit, 'Sesungguhnya Allah mencintai fulan maka cintailah dia.' Maka penghuni langit pun mencintainya. Kemudian dia diterima (dicintai oleh penduduk) bumi." (HR. Bukhari)

 Dalam Shahih Al-Bukhari juga, dari Abu Hurairah رضي الله عنه berkata, Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda,

إذا كان يوم الجمعة كان على كل باب من أبواب المسجد الملائكة يكتبون الأول فالأول، فإذا جلس الإمام طووا الصحف، وجاءوا يستمعون الذكر.

"Apabila hari Jum'at, di setiap pintu masjid terdapat para malaikat yang mencatat satu demi satu orang-orang yang datang, maka apabila imam telah duduk (di atas mimbar) mereka menutup catatan-catatan mereka,  lalu mereka (ikut) mendengarkan khutbah." (HR. Bukhari)

 Nash-nash (dalil-dalil) di atas yang sangat jelas menunjukkan bahwa malaikat memiliki jasad... 

 Bersambung insya Allah


•••━══ ❁✿❁ ══━•••

 Diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada Kamis, 1 Ramadhan 1439 H / 17 Mei 2018.


 Akhawati fillah, jika ada yang tidak dipahami, silakan dicatat untuk ditanyakan melalui admin grup masing-masing.

Barakallahu fikunna 

#NATauhid #NAT90
====================

 Bagi yang ingin mendapatkan faedah dari dars Kitab Tsalatsatul Ushul yang telah berlalu, silakan mengunjungi:
 Website 
 Channel Telegram
  
 Nisaa` As-Sunnah 
Lebih baru Lebih lama