PAHALA YANG TERUS MENGALIR



*PAHALA YANG TERUS MENGALIR*

📜Dalam Shahih Muslim dari Nabi kita Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

*Jika meninggal anak adam terputuslah amalnya kecuali tiga hal:.....atau ilmu yang bermanfaat.*

✍ *Syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullah berkata:*

"Di antara faedah hadits ini, bahwa tidak dipersyaratkan ilmu yang berlimpah banyak. Karena kata ilmu bentuknya nakirah. Bentuk nakirah menunjukkan umum. Yaitu ilmu tanpa ada batasan, maksudnya ilmu yang bermanfaat. Ilmu itu akan bermanfaat bagimu setelah meninggalmu, bahkan seandainya engkau mengajarkan kepada orang salah satu sunnah salat rawatib atau di antara sunnah yang dikerjakan atau dikatakan dalam shalat lantas orang mendapat manfaat dengannya sepeninggalmu, maka pahalanya akan mengalir untukmu.

Sebagaimana yang saya katakan, sisi pendalilan dari hadits ini: adalah mutlaknya ilmu yang bermanfaat. Beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam tidak mengatakan: ilmu yang banyak. *Sehingga setiap ilmu yang bermanfaat meski sedikit, maka pahala ilmu itu akan dicatat bagi seseorang setelah meninggalnya."*

📙 *Fathu Dzil Jalal Walikram 4/480*

📱http://t.me/ukhwh

.
أجور لا تتوقف

في صحيح مسلم عن نبينا صلى الله عليه وسلم قال:

(إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث .. أوعلم ينتفع به)

 قال الشيخ ابن عثيمين:
ومن فوائد هذا الحديث، أنه لا يشترط أن يكون العلم كثيرا وافرا، لأن كلمة "علم" نكرة، والنكرة تدل على الإطلاق.

فهو علم بلا قيد، أي علم ينتفع به، فإنه ينفعك بعد موتك، حتى لو علمت الناس بسنة من السنن الرواتب، أو بسنة مما يفعل أو يقال في الصلاة، وانتفع الناس بها بعد موتك، كان لك أجرها جاريا.

كما قلت، وجه الدلالة من الحديث: أنه مطلق "علم ينتفع به" لم يقل: "علم كثير"، فكل علم ينتفع به ولو قل؛ فإنه يكتب للإنسان بعد موته. (فتح ذي الجلال والإكرام 4/480)

---------

🔖 Diposting ulang oleh
🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀
Lebih baru Lebih lama