PAHALA YANG TERUS MENGALIR



*PAHALA YANG TERUS MENGALIR*

๐Ÿ“œDalam Shahih Muslim dari Nabi kita Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

*Jika meninggal anak adam terputuslah amalnya kecuali tiga hal:.....atau ilmu yang bermanfaat.*

✍ *Syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullah berkata:*

"Di antara faedah hadits ini, bahwa tidak dipersyaratkan ilmu yang berlimpah banyak. Karena kata ilmu bentuknya nakirah. Bentuk nakirah menunjukkan umum. Yaitu ilmu tanpa ada batasan, maksudnya ilmu yang bermanfaat. Ilmu itu akan bermanfaat bagimu setelah meninggalmu, bahkan seandainya engkau mengajarkan kepada orang salah satu sunnah salat rawatib atau di antara sunnah yang dikerjakan atau dikatakan dalam shalat lantas orang mendapat manfaat dengannya sepeninggalmu, maka pahalanya akan mengalir untukmu.

Sebagaimana yang saya katakan, sisi pendalilan dari hadits ini: adalah mutlaknya ilmu yang bermanfaat. Beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam tidak mengatakan: ilmu yang banyak. *Sehingga setiap ilmu yang bermanfaat meski sedikit, maka pahala ilmu itu akan dicatat bagi seseorang setelah meninggalnya."*

๐Ÿ“™ *Fathu Dzil Jalal Walikram 4/480*

๐Ÿ“ฑhttp://t.me/ukhwh

.
ุฃุฌูˆุฑ ู„ุง ุชุชูˆู‚ู

ููŠ ุตุญูŠุญ ู…ุณู„ู… ุนู† ู†ุจูŠู†ุง ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„:

(ุฅุฐุง ู…ุงุช ุงุจู† ุขุฏู… ุงู†ู‚ุทุน ุนู…ู„ู‡ ุฅู„ุง ู…ู† ุซู„ุงุซ .. ุฃูˆุนู„ู… ูŠู†ุชูุน ุจู‡)

 ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ุงุจู† ุนุซูŠู…ูŠู†:
ูˆู…ู† ููˆุงุฆุฏ ู‡ุฐุง ุงู„ุญุฏูŠุซ، ุฃู†ู‡ ู„ุง ูŠุดุชุฑุท ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุงู„ุนู„ู… ูƒุซูŠุฑุง ูˆุงูุฑุง، ู„ุฃู† ูƒู„ู…ุฉ "ุนู„ู…" ู†ูƒุฑุฉ، ูˆุงู„ู†ูƒุฑุฉ ุชุฏู„ ุนู„ู‰ ุงู„ุฅุทู„ุงู‚.

ูู‡ูˆ ุนู„ู… ุจู„ุง ู‚ูŠุฏ، ุฃูŠ ุนู„ู… ูŠู†ุชูุน ุจู‡، ูุฅู†ู‡ ูŠู†ูุนูƒ ุจุนุฏ ู…ูˆุชูƒ، ุญุชู‰ ู„ูˆ ุนู„ู…ุช ุงู„ู†ุงุณ ุจุณู†ุฉ ู…ู† ุงู„ุณู†ู† ุงู„ุฑูˆุงุชุจ، ุฃูˆ ุจุณู†ุฉ ู…ู…ุง ูŠูุนู„ ุฃูˆ ูŠู‚ุงู„ ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ، ูˆุงู†ุชูุน ุงู„ู†ุงุณ ุจู‡ุง ุจุนุฏ ู…ูˆุชูƒ، ูƒุงู† ู„ูƒ ุฃุฌุฑู‡ุง ุฌุงุฑูŠุง.

ูƒู…ุง ู‚ู„ุช، ูˆุฌู‡ ุงู„ุฏู„ุงู„ุฉ ู…ู† ุงู„ุญุฏูŠุซ: ุฃู†ู‡ ู…ุทู„ู‚ "ุนู„ู… ูŠู†ุชูุน ุจู‡" ู„ู… ูŠู‚ู„: "ุนู„ู… ูƒุซูŠุฑ"، ููƒู„ ุนู„ู… ูŠู†ุชูุน ุจู‡ ูˆู„ูˆ ู‚ู„؛ ูุฅู†ู‡ ูŠูƒุชุจ ู„ู„ุฅู†ุณุงู† ุจุนุฏ ู…ูˆุชู‡. (ูุชุญ ุฐูŠ ุงู„ุฌู„ุงู„ ูˆุงู„ุฅูƒุฑุงู… 4/480)

---------

๐Ÿ”– Diposting ulang oleh
๐ŸŽ€ Nisaa` As-Sunnah ๐ŸŽ€
PAHALA YANG TERUS MENGALIR PAHALA YANG TERUS MENGALIR Reviewed by nisaa.assunnah3 on October 19, 2018 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.