📝 *DOA UNTUK ANANDA*





📝 *DOA UNTUK ANANDA*

Tingkah polah anak-anak tidak jarang membuat orang tua mengelus dada.

Saat orang tua dalam keadaan tenang, mungkin bisa berpikir jernih sehingga menyikapi ulah mereka dengan lapang dada dan bijaksana.

Namun, terkadang, saat badan penat dan pikiran lelah, ulah anak-anak yang tidak seberapa pun bisa memancing emosi orang tua.

Akhirnya, tanpa terasa kata-kata kasar pun keluar. Parahnya, celaan untuk anak, sumpah serapah, dan terkadang doa kejelekan untuk mereka terucap dari lisan orang tua.

Na’udzu billahi min dzalik, kita berlindung kepada Allah dari perbuatan demikian.

*Orang tua harus ingat bahwa hal itu bisa berpengaruh buruk pada anak-anaknya.* Dalam riwayat yang lain, Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dengan tegas melarang kita melakukannya.

Pernah ada seseorang yang melaknat untanya, lalu ditegur oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Kemudian, beliau bersabda,

لَا تَدْعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ، وَلَا تَدْعُوا عَلَى أَوْلَادِكُمْ، وَلَا تَدْعُوا عَلَى أَمْوَالِكُمْ، لَا تُوَافِقُوا مِنَ اللهِ سَاعَةً يُسْأَلُ فِيهَا عَطَاءٌ فَيَسْتَجِيبُ لَكُمْ

_“Janganlah kalian mendoakan kejelekan untuk diri-diri kalian, anak-anak kalian, dan harta-harta kalian. Jangan sampai kalian menepati saat ketika Allah mengabulkan setiap orang yang meminta, (sehingga doa kejelekan itu) dikabulkan untuk kalian.”_ (HR. Muslim no. 5328)

*Oleh karena itu, orang tua semestinya berusaha mengendalikan diri sehingga tetap mengucapkan kata-kata yang baik walaupun anak-anaknya berulah, seraya berharap Allah Ta'ala akan mengabulkan doa kebaikan untuk mereka.* Hal ini tentu berpengaruh baik bagi kehidupan mereka kelak.

Tentang hal ini, ada sebuah kisah yang dialami oleh umat terdahulu. Bisa dibaca di

http://qonitah.com/doa-untuk-ananda/

t.me/majalahqonitah

•┈┈┈┈•❁✿••✿❁✿•┈┈┈┈•
📬 Diposting ulang hari Jum'at, 15 Rabi'ul Awwal 1440 H / 23 November 2018 M
🌐 http://www.nisaa-assunnah.com
📠 http://t.me/nisaaassunnah

🎀 *Nisaa` As-Sunnah* 🎀
📝 *DOA UNTUK ANANDA*  📝 *DOA UNTUK ANANDA* Reviewed by nisaa.assunnah3 on November 24, 2018 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.