Kitab Fiqh Al-Mar'atul Muslimah (Pertemuan 165)



Pertemuan : 165


  KAJIAN FIKIH

 Dari kitab:
Fiqh Al-Mar'ah Al-Muslimah

 Penulis:
Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin رحمه الله

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه، أما بعد:

2. SUJUD SAHWI KARENA KEKURANGAN

A. KURANG DALAM RUKUN SHALAT

Apabila seseorang yang shalat kurang salah satu dari rukun shalat, jika itu takbiratul ihram maka tidak sah shalatnya baik dengan sengaja maupun karena lupa, karena shalatnya tidak teranggap.

Jika kurang pada selain takbiratul ihram, apabila meninggalkannya dengan sengaja maka batal shalatnya, dan apabila meninggalkannya karena lupa, maka:

1.  jika dia telah sampai pada rakaat kedua dan sampai pada (posisi) tempat rukun shalat yang tertinggal, maka rakaat pertama di mana tertinggal  rukun shalat di dalamnya tidak dianggap, dan rakaat kedua itu hendaklah dianggap sebagai rakaat pertama.

2. Dan jika dia belum sampai pada rakaat kedua, dan dia sampai pada (posisi) tempat rukun yang  tertinggal, maka dia wajib kembali ke rukun yang tertinggal lalu mengerjakannya.

Dalam kedua keadaan di atas, wajib untuk melakukan sujud sahwi setelah salam.

CONTOH:

1. Seseorang lupa sujud kedua dalam rakaat pertama, dan dia baru ingat ketika duduk di antara dua sujud pada rakaat kedua (yakni ketika akan sujud kedua),
maka hendaklah rakaat kedua itu dianggap rakaat pertama,  lalu hendaklah dia sujud kedua dan dianggap itu sebagai sujud yang tertinggal di rakaat pertama, kemudian dia sempurnakan shalatnya lalu salam, kemudian sujud sahwi dan salam.

2. Seseorang lupa sujud kedua dalam rakaat pertama, dan dia ingat ketika berdiri dari rukuk (i'tidal) di rakaat kedua, maka
hendaklah dia duduk lalu sujud (sebagai sujud kedua yang tertinggal di rakaat pertama), dan dianggap dia masih mendapat satu rakaat, lalu dia sempurnakan shalatnya kemudian salam, lalu sujud sahwi dan salam.

B. KURANG PADA WAJIB-WAJIBNYA SHALAT

Bersambung insya Allah


 Diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada Selasa, 28 Shafar 1440 H / 6 November 2018 M.

 Akhawati fillah, jika ada yang tidak dipahami, silakan dicatat untuk ditanyakan melalui admin grup masing-masing.

 Barakallahu fikunna

#NAFiqih #NAFQ165
===================

Bagi yang ingin mendapatkan faedah dari dars Kitab Fiqh Al-Mar'ah Al-Muslimah yang telah berlalu, silakan mengunjungi:
Channel Telegram
       ● http://t.me/NAfiqih
Website 
       ● http://www.nisaa-assunnah.com


🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀
Lebih baru Lebih lama