Kitab Fiqh Al-Mar'ah Al-Muslimah (Pertemuan ke-174)


Penulis:
Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin رحمه الله

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه، أما بعد:

📚💰 KITAB ZAKAT

💰 ZAKAT DAN FAEDAH-FAEDAHNYA:

🔎 Zakat adalah salah satu fardhu dari fardhu-fardhu Islam dan termasuk salah satu rukun Islam, bahkan yang paling penting setelah syahadat dan shalat.

🔎 Kewajiban zakat berdasarkan dalil dari kitabullah ta'ala, yakni Al-Qur'an, sunnah Rasul-Nya صلى الله عليه وسلم، dan Ijma' kesepakatan kaum muslimin.

✅ Maka barang siapa mengingkari wajibnya zakat, maka dia kafir, murtad, keluar dari Islam dan diminta untuk bertaubat, maka jika dia bertaubat diterima taubatnya, tapi jika menolak maka diperangi.

🔥 Dan barang siapa bakhil/kikir dan mengurangi sedikit dari kewajiban zakat, maka dia termasuk golongan orang-orang yang zhalim dan berhak mendapat hukuman dari Allah ta'ala.

🔖 Allah ta'ala berfirman:

ہُ مِنۡ فَضۡلِہٖ ہُوَ خَیۡرًا لَّہُمۡ ؕ بَلۡ ہُوَ شَرٌّ لَّہُمۡ ؕ سَیُطَوَّقُوۡنَ مَا بَخِلُوۡا بِہٖ یَوۡمَ الۡقِیٰمَۃِ ؕ وَ لِلّٰہِ مِیۡرَاثُ السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضِ ؕ وَ اللّٰہُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ خَبِیۡرٌ


"Dan janganlah sekali-kali orang-orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karunia-Nya mengira bahwa kikir itu baik bagi mereka, padahal kikir itu buruk bagi mereka, harta yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan di lehernya pada hari kiamat. Milik Allah apa yang ada di langit dan di bumi.  Dan Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan." (QS. Ali-Imran: 180)

📎 Dan dalam shahih Bukhari, dari Abu Hurairah رضي الله عنه berkata, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

من أتاه مالا فلم يؤد زكاته مثل له يوم القيامة شجاعا أقرع له زبيبتان يطوقه يوم القيامة ثم يأخذ بلهزمتيه -يعني شدقيه- يقول:  أنا مالك  أنا كنزك."

"Barang siapa yang Allah berikan harta kepadanya lalu dia tidak menunaikan zakatnya, maka pada hari kiamat akan diserupakan (hartanya) berupa ular yang botak (gundul ujung kepalanya karena banyak racunnya), yang memiliki dua taring dan dikalungkan di lehernya, kemudian mematuki -yakni mematuki dua pelipisnya- sambil berkata: "Akulah hartamu, akulah simpananmu!".

🔖 Dan Allah ta'ala juga berfirman,

وَ الَّذِیۡنَ یَکۡنِزُوۡنَ الذَّہَبَ وَ الۡفِضَّۃَ وَ لَا یُنۡفِقُوۡنَہَا فِیۡ سَبِیۡلِ اللّٰہِ ۙ فَبَشِّرۡہُمۡ بِعَذَابٍ اَلِیۡمٍ. یَّوۡمَ یُحۡمٰی عَلَیۡہَا فِیۡ نَارِ جَہَنَّمَ فَتُکۡوٰی بِہَا جِبَاہُہُمۡ وَ جُنُوۡبُہُمۡ وَ ظُہُوۡرُہُمۡ ؕ ہٰذَا مَا کَنَزۡتُمۡ لِاَنۡفُسِکُمۡ فَذُوۡقُوۡا مَا کُنۡتُمۡ تَکۡنِزُوۡنَ

"Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah,  maka berikan kabar gembira kepada mereka,  bahwa mereka akan mendapat azab yang pedih. Pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka Jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung, dan punggung mereka, (lalu dikatakan kepada mereka), "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah akibat dari apa yang kamu simpan itu." (QS. At-Taubah: 34-35)

•••━══ ❁✿❁ ══━•••

✍🏼 Diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada Selasa, 9 Jumadil Awwal 1440 H / 15 Januari 2019 M.

🛑 Akhawati fillah, jika ada yang tidak dipahami, silakan dicatat untuk ditanyakan melalui admin grup masing-masing.

🍃 Barakallahu fikunna

#NAFiqih #NAFQ174
===================

📡 Bagi yang ingin mendapatkan faedah dari dars Kitab Fiqh Al-Mar'ah Al-Muslimah yang telah berlalu, silakan mengunjungi:
📠 Channel Telegram
       ● http://t.me/NAfiqih
       ● http://t.me/nisaaassunnah
🌐 Website
       ● http://www.nisaa-assunnah.com/p/nafiqih.html
       ● http://www.nisaa-assunnah.com

🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀
Kitab Fiqh Al-Mar'ah Al-Muslimah (Pertemuan ke-174) Kitab Fiqh Al-Mar'ah Al-Muslimah (Pertemuan ke-174) Reviewed by Nisaa As-Sunnah 2 on January 20, 2019 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.