HUKUM WANITA YANG KEGUGURAN : APAKAH HARUS SHOLAT DAN PUASA?



[ Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al' Utsaimin rahimahullah Ta’ala ditanya, ]

"Apa hukum darah wanita yang keluar setelah mengalami keguguran janin?

[ Maka beliau menjawab ]

◾️"Para ulama mengatakan, jika janin yang keluar telah berbentuk manusia, maka darah yang keluar dari wanita tersebut adalah darah nifas.

πŸ“› Wanita tersebut dilarang shalat dan puasa. Serta dilarang pula bagi suaminya untuk menyetubuhinya hingga wanita itu suci.

◾️Namun apabila janin yang keluar belum berbentuk manusia, maka darah yang keluar dari wanita itu bukan nifas, akan tetapi darah penyakit.

Wanita tersebut tetap wajib menjalankan shalat, puasa, dan kewajiban lainnya.

Para ulama berkata, "(Janin dianggap telah memiliki bentuk manusia) minimalnya telah berumur delapan puluh satu hari (81 hari)."

Hal itu karena janin yang berada di dalam kandungan ibunya, sebagaimana disebutkan dalam hadits Ibnu Mas’ud [Radhiyallahu 'anhu], berkata: Rasulullah ο·Ί bersabda;

“Sesungguhnya seseorang di antara kalian dipadukan di dalam perut ibunya selama empat puluh hari. Kemudian menjadi segumpal darah selama empat puluh hari berikutnya, kemudian menjadi segumpal daging selama empat puluh hari berikutnya, kemudian Allah mengutus malaikat kepadanya dengan perintah 4 hal. Maka ditulislah rizkinya, umurnya, amalannya yang buruk, dan amalannya yang baik."


Atas dasar itu, apabila janin lahir kurang dari 80 hari, maka darah yang keluar dari wanita tersebut bukan nifas. Karena waktu tersebut belum saatnya terbentuk janin manusia. Sehingga wanita tersebut tetap wajib menjalankan puasa, shalat, dan kewajiban lainnya seperti yang dilakukan wanita yang sedang suci. Allahlah yang memberi taufik."


🌏 Sumber: Majmu' Fatawa wa Rasail Ibnu Utsaimin (19/292)

••••
RANGKAIAN FATWA PUASA (35) : HUKUM DARAH WANITA YANG KELUAR SETELAH KEGUGURAN

πŸ“– Diterjemahkan Oleh: al-Ustadz Abdul Wahid bin Faiz At-Tamimi hafizhahulloh | @warisansalaf

▫️▫️▫️▫️▫️
πŸ“¬ Diposting ulang hari Selasa, 9 Ramadhan 1440 H / 14 Mei 2019 M
🌐 http://www.nisaa-assunnah.com
πŸ“  http://t.me/nisaaassunnah

πŸŽ€ Nisaa` As-Sunnah πŸŽ€
HUKUM WANITA YANG KEGUGURAN : APAKAH HARUS SHOLAT DAN PUASA? HUKUM WANITA YANG KEGUGURAN : APAKAH HARUS SHOLAT DAN PUASA? Reviewed by NISAA.ASSUNNAH2 on May 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.