KAJIAN TAUHID



┏━━━━━━━━━━━━━━━━━━━┓

   🎀 KAJIAN TAUHID 🎀

┗━━━━━━━━━━━━━━━━━━━┛


📚 Dari kitab:

Tsalatsatul Ushul

(Tiga Landasan Utama)


📝 Penulis:

Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab رحمه الله تعالى


📗 Syarah/Penjelasan oleh:

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin رحمه الله


بسم الله الرحمن الرحيم

الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه، أما بعد


⛰ Dan Ibrahim Al-Khalil sedang menyandarkan punggungnya ke Baitul Makmur yang ada di langit ketujuh, yang setiap hari masuk ke dalamnya 70.000 malaikat, mereka melakukan ibadah dan shalat, lalu mereka keluar dan tidak kembali lagi, pada hari kedua datang lagi para malaikat yang tidak ada yang mampu menghitung jumlahnya kecuali Allah.

⛰ Kemudian Nabi صلى الله عليه وسلم diangkat naik ke Sidratul Muntaha, tempat itu diliputi dengan kekuasaan Allah yang sangat megah dan indah sehingga tidak seorang pun yang mampu menggambarkan keindahannya.

⛰ Kemudian Allah mewajibkan kepada beliau shalat 50 kali sehari semalam, beliau ridha dan menerimanya, lalu beliau kembali turun sehingga melewati Nabi Musa, kemudian Nabi Musa bertanya, "Apa yang diperintahkan kepadamu oleh Rabbmu?" Nabi menjawab, "Shalat 50 kali setiap hari." Nabi Musa berkata, "Sesungguhnya umatmu tidak sanggup melakukannya, dan sungguh aku telah mencobanya kepada manusia sebelummu, dan aku telah berusaha memperbaiki Bani Israil semampuku. Kembalilah engkau kepada Rabbmu, mohonlah keringanan untuk umatmu." Nabi صلى الله عليه وسلم berkata, "Akupun kembali menghadap Allah lalu diringankan (dikurangi) sepuluh." Dan aku berulang-ulang memohon kepada Allah ta'ala sehingga Allah menjadikan shalat wajib itu hanya 5 kali sehari semalam, lalu terdengar seruan, "Aku telah tetapkan fardhu-Ku dan Aku telah ringankan untuk hamba-hamba-Ku."

⛰ Di malam itu Nabi صلى الله عليه وسلم dipersilakan masuk ke dalam surga, di dalamnya ada kubah dari permata, dan tanahnya dari minyak misk. Kemudian gelapnya subuh, lalu beliau mengerjakan shalat Shubuh." (HR. Al-Bukhari, dalam Kitabul Iman, bab Al-Isra Rasulullah صلى الله عليه وسلم)


(Selesai syarah).




📗 MATAN/ISI KITAB:


وفرضت عليه الصلوات الخمس، وصلى في مكة ثلاث سنين.


"Dan disyariatkan kepada beliau shalat lima waktu, beliau melakukan shalat (fardhu) di Makkah selama tiga tahun."



📚 SYARAH/PENJELASAN:


Sebelum itu (sebelum difardhukan) Nabi صلى الله عليه وسلم shalat yang empat rakaat dalam bentuk dua rakaat, sampai beliau hijrah ke Madinah. Kemudian shalat dua rakaat itu ditetapkan ketika safar (qashar), dan ditambah rakaatnya (menjadi 4 rakaat) ketika mukim (tidak safar).


🏜 HIJRAH KE MADINAH:


Bersambung insya Allah...


•••━══ ❁✿❁ ══━•••


✍🏼 Diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada Kamis, 7 Dzulhijjah 1440 H / 8 Agustus 2019.

__________📘


🛑 Akhawati fillah, jika ada yang tidak dipahami, silakan dicatat untuk ditanyakan melalui admin grup masing-masing.


🍃Barakallahu fikunna 🍃


#NATauhid #NAT129

====================

📡 Bagi yang ingin mendapatkan faedah dari dars Kitab Tsalatsatul Ushul yang telah berlalu, silakan mengunjungi:

📠 Channel Telegram

http://t.me/NAtauhid

http://t.me/nisaaassunnah


🌐 Website

http://www.nisaa-assunnah.com/p/natauhid.html

http://www.nisaa-assunnah.com



🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀




Lebih baru Lebih lama