SEDIKIT BINGKISAN ILMU MENYAMBUT HARI ARAFAH




🏜🌅🌴 SEDIKIT BINGKISAN ILMU MENYAMBUT HARI ARAFAH



1⃣ Mulai Takbir Muqoyyad Selepas Shalat 5 Waktu Sejak Ba'da Subuh Hari Arafah.

Mengucapkan Takbir:

"Allaahu Akbar Allaahu Akbar Laa Ilaaha Illallah, Wallaahu akbar allaahu akbar wa lillaahil hamd" selepas shalat 5 waktu dari sejak ba'da Subuh Hari Arafah (9 Dzulhijjah) hingga selesai Ashar akhir hari tasyriq (13 Dzulhijjah)



عَنْ عَلِيٍّ ؛ أَنَّهُ كَانَ يُكَبِّرُ مِنْ صَلاَةِ الْفَجْرِ يَوْمَ عَرَفَةَ إِلَى صَلاَةِ الْعَصْرِ مِنْ آخِرِ أَيَّامِ لتَّشْرِيق


Dari Ali (bin Abi Thalib), bahwasanya beliau bertakbir dari sejak (setelah shalat) Subuh hari Arafah hingga shalat Ashar di akhir hari tasyriq (riwayat Ibnu Abi Syaibah).




عَنْ شَرِيكٍ ،قَالَ قُلْتُ لأَبِي إِسْحَاقَ : كَيْفَ كَانَ تَكْبِيرُ عَلِيٍّ ، وَعَبْدِ اللهِ ؟ فَقَالَ : كَانَا يَقُولاَنِ : اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ


Dari Syarik beliau berkata: Aku berkata kepada Abu Ishaq: Bagaimana takbir Ali dan Abdullah (bin Mas’ud)? Beliau berkata: Keduanya mengucapkan: "Allaahu Akbar Allaahu Akbar Laa Ilaaha Illallah, Wallaahu akbar allaahu akbar wa lillaahil hamd." (riwayat Ibnu Abi Syaibah).


2⃣ Berpuasa di Hari Arafah Bagi Kaum Muslimin yang Tidak Berada di Arafah (Selain Jamaah Haji)


وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ

Dan Nabi ditanya tentang puasa pada hari Arafah, beliau menyatakan: "Itu menghapus (dosa) setahun lalu dan setahun yang akan datang." (H.R Muslim dari Abu Qotadah)


Apakah maksud menghapus dosa setahun yang akan datang? Maksudnya adalah ada 2 kemungkinan makna:

▫️ Pertama: Ia diberi taufiq untuk tidak mengerjakan dosa.

▫️ Kedua: Jika ia terjatuh dalam suatu dosa, ia diberi taufiq untuk melakukan hal-hal yang bisa menghapus dosa itu. (Penjelasan al-Imam as-Shonaaniy dalam Subulus Salam syarh Bulughil Maram (2/166)).



🚫 Sedangkan bagi para Jamaah Haji yang sedang wukuf di Arafah, tidak disunnahkan bagi mereka berpuasa, karena Nabi saat wukuf di Arafah tidak berpuasa.




عَنْ أُمِّ الْفَضْلِ بِنْتِ الْحَارِثِ أَنَّ نَاسًا تَمَارَوْا عِنْدَهَا يَوْمَ عَرَفَةَ فِي صِيَامِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ بَعْضُهُمْ هُوَ صَائِمٌ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَيْسَ بِصَائِمٍ فَأَرْسَلْتُ إِلَيْهِ بِقَدَحِ لَبَنٍ وَهُوَ وَاقِفٌ عَلَى بَعِيرِهِ بِعَرَفَةَ فَشَرِبَهُ



Dari Ummul Fadl bintil Haarits – semoga Allah meridhainya- bahwasanya manusia berselisih pendapat di sisinya pada hari Arafah tentang apakah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berpuasa (atau tidak)? Sebagian mereka berkata: Beliau berpuasa. Sebagian lagi berkata: Beliau tidak berpuasa. Kemudian aku mengirimkan kepada beliau segelas susu pada saat beliau sedang berdiri di atas unta beliau di Arafah, kemudian beliau meminumnya. (H.R Muslim)

3⃣ Memperbanyak Dzikir dan Doa pada Hari Arafah.




خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِي لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ



Doa yang terbaik adalah doa pada hari Arafah dan sebaik-baik ucapanku dan ucapan para Nabi sebelumku adalah: Laa Ilaaha Illallah wahdahu laa syariika lah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir (H.R atTirmidzi, dihasankan Syaikh al-Albaniy)




4⃣ Memperbanyak doa terutama di akhir siang hari Arafah (sejak Dzhuhur hingga terbenam matahari), karena itu adalah saat-saat mustajabahnya doa.


5⃣ Memperbanyak dzikir dengan lafadz tersebut dalam hadits itu dan berdoa di hari Arafah berlaku bagi kaum muslimin yang melaksanakan haji ataupun yang tidak melaksanakan haji, sebagaimana dijelaskan dalam fatwa Syaikh Sholih al-Fauzan.


✍🏼 Abu Utsman Kharisman | WA al I'tishom


📑 WA Ashhaabus Sunnah

📝💻 Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || ▶ https://t.me/hikmahsalafiyyah

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃






🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀




Lebih baru Lebih lama