MENGENAL ASY-SYAIKH 'ALI ASY-SYARAFI HAFIZHAHULLAH (1)





MENGENAL ASY-SYAIKH 'ALI ASY-SYARAFI HAFIZHAHULLAH




1⃣  Kelahiran, dan Kondisi Keluarga 



Beliau adalah ‘Ali bin Husain bin ‘Abdillah asy-Syarafi, Abu ‘Ammar, (dikenal dengan Ali Hudzaifi) berasal dari daerah Syaraf kota Baidha’ – Yaman.

Lahir pada tahun 1389 H (1969 M). Beliau berasal dari keluarga yang baik. Beliau sering menyebut-nyebut kebaikan orang tuanya dan memujinya. “Aku terpengaruh dengan ayahku dalam hal memperhatian terhadap hal-hal yang halal dan hidup sederhana. Demikianlah pendidikan yang ditanamkan ayahku. Hingga sekarang aku mendapat manfaat dari nasehat-nasehat beliau hingga saat ini.”

Kondisi Lingkungan pada masa kecil dan remaja.

Kondisi lingkungan pada masa kecil dan remaja beliau berada dalam situasi yang suram. Kota Aden yang beliau hidup di situ pada waktu itu berada di bawah kekuasaan pemerintah Yaman Selatan, yang berhaluan komunis. Kondisi ini membuat lingkungan yang ada benar-benar jauh dari agama dan ilmu agama.

Beliau menuturkan kondisi ketika itu, “Orang-orang yang istiqomah – terlebih pada pemuda – pada masa partai sosialis yaman berkuasa benar-benar menderita karena tidak ada ilmu. Di Aden ketika itu tidak ada ulama, tidak ada kajian-kajian, tidak ada pula da’i-da’i Sunnah. Tidak kenal denga ilmu syar’i , kecuali tersisa sangat sedikit orang-orang yang memiliki bekal ilmu fiqh madzhab Syafi’i. Itu pun mereka tidak punya pengaruh dakwah. Sehingga perhatian kaum muslimin terhadap kebaikan, ilmu, dan al-Qur’an sangat sedikit. Meskipun masih banyak yang mengerjakan shalat.”


Namun, meskipun kondisi yang buruk tersebut, Ali Hudzaifi muda berupaya mengambil faidah ilmu dari beberapa syekh yang ada ketika itu. Hingga Allah memberikan taufiq kepada beliau untuk mengenal sunnah dan manhaj yang lurus ini, yaitu dengan Allah mudahkan beliau untuk melakukan rihlah menuntut ilmu kepada al-Allamah mujaddid negeri Yaman asy-Syaikh Muqbil bin Hadi al-Wadi’i rahimahullah di desa Dammaj, pada tahun 1991 M. Beliau pun berjumpa dengan sejumlah murid senior asy-Syaikh Muqbil. Asy-Syaikh ‘Ali al-Hudzaifi belajar langsung kepada asy-Syaikh Muqbil berbagai bidang ilmu penting : Shahih al-Bukhari (sebagian) Shahih Muslim (sebagian) Tafsir Ibnu Katsir Kitab as-Sunnah karya ‘Abdullah bin al-Imam Ahmad Ash-Shahih al-Musnad mimma Laisa fi ash-Shahihain Ta’liqat ‘ala al-Mustadrak Dll Asy-Syaikh ‘Ali mengatakan, “Dari asy-Syaikh Muqbil aku mengambil faidah yang sangat banyak, aku tidak bisa menghitungnya.



Sumber:

http://daurahnasional.com/mengenal-asy-syaikh-ali-asy-syarafi-hafizhahullah/



Bersambung...

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖


↘ join telegram ⬇


📡Serta Publikasi:

📚WA Fadhlul Islam

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖


📬 Diposting ulang hari Jum'at, 6 Muharram 1441 H / 6 September 2019 M


🌐 http://www.nisaa-assunnah.com

📠 http://t.me/nisaaassunnah




🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀




MENGENAL ASY-SYAIKH 'ALI ASY-SYARAFI HAFIZHAHULLAH (1)  MENGENAL ASY-SYAIKH 'ALI ASY-SYARAFI HAFIZHAHULLAH (1) Reviewed by Nisaa` As-Sunnah 6 on September 12, 2019 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.