MENGENAL ASY-SYAIKH 'ALI ASY-SYARAFI HAFIZHAHULLAH (2)





MENGENAL ASY-SYAIKH 'ALI ASY-SYARAFI HAFIZHAHULLAH


2⃣


Barang siapa yang belajar langsung kepada beliau dan mengenal beliau dari dekat, serta mengenal metode beliau dalam ilmu maka dia tidak akan ragu bahwa tokoh besar ini memang merupakan tokoh yang Allah pilih untuk melakukan tajdid terhadap dakwah di Yaman, setelah sebelumnya berada dalam cengkraman Syi’ah di wilayah utara, dan Tashawwuf di wilayah selatan.”


Figur asy-Syaikh Muqbil paling berpengaruh pada diri asy-Syaikh ‘Ali al-Hudzaifi, “Beliau adalah ulama yang paling besar pengaruhnya terhadapku. Aku belajar langsung kepada beliau di Dammaj selama hampir 4 tahun, namun demikian dalam waktu yang sangkat tersebut aku mengambil faidah yang sangat banyak. Menuntut ilmu kepada beliau telah membukakan pintu-pintu ilmu yang banyak untukku, hingga hari ini aku mengambil manfaat darinya. Sungguh aku menganggap menuntut ilmu kepada asy-Syaikh Muqbil merupakan di antara nikmat terbesar terhadap. Semoga Allah merahmati beliau dengan rahmat yang luas.” kenang asy-Syaikh ‘Ali. Di samping kepada asy-Syaikh Muqbil, asy-Syaikh ‘Ali juga belajar kepada asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab al-Wushabi hafizhahullah. Demikian pula asy-Syaikh ‘Ali belajar kepada para murid-murid senior di Dammaj. Beliau sangat perhatian untuk menggunakan waktu-waktunya untuk ilmu, durus, hifzh (hafalan), muthala’ah, dan mudzakarah bersama ikhwah.


Di antara para masyaikh Ahlus Sunnah yang memberikan tazkiyah kepada asy-Syaikh ‘Ali adalah asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah dan asy-Syaikh ‘Ubaid al-Jabiri hafizhahullah. Dalam perjalanan kiprah beliau dalam berdakwah dan menulis, beberapa karya tulis ilmiah beliau sampai kepada dua syaikh besar tersebut. Beliau berdua memuji karya-karya tulis tersebut. Barang siapa yang duduk dengan asy-Syaikh ‘Ali, dia akan mengenali akhlak mulia beliau dalam bergaul dengan orang yang lebih tua maupun yang lebih muda, juga terhadap orang yang berilmu dan orang yang masih bodoh. Demikian pula adab beliau yang sangat sopan, semangat yang besar terhadap ilmu, amal, dan dakwah kepada manhaj salaf.


Salah seorang murid beliau menuturkan, “Beliau menanamkan kepada kami sikap untuk memuliakan para ‘ulama salafiyyin, yang terhadahulu maupun masa ini, serta bersikap adab terhadap ilmu dan ‘ulama. Demikian pula beliau memberikan dorongan yang sangat besar untuk menuntut ilmu dan berbekal dengannya, serta sungguh-sungguh padanya. Beliau juga memiliki peran besar dalam memberikan wawasan kepada banyak ikhwah terkait dengan manhaj salafy dan membongkar penyimpangan-penyimpangan berbagai kelompok dan jama’ah dakwah. Beliau juga memiliki perhatian sangat besar terhadap kitab-kitab para ‘ulama terhadahulu.”




Sumber : Majmu’ah Durus wa Muhadharah Masyaikh ‘Aden




Lebih baru Lebih lama