MENUJU RUMAH TANGGA BAHAGIA (Kitab: نصائح في إصلاح البيوت)




📡 MENUJU RUMAH TANGGA BAHAGIA (Kitab: نصائح في إصلاح البيوت)

💺 Taklim bersama : al-Ustadz Muhammad Afifuddin hafizhahullahu ta'ala


📅 Hari & Tanggal: Ahad, 23 Jumadal Ula 1441 H/ 19 Januari 2020.

🏠 Tempat : Gedung Madrasah Nisa' (Ma'had Minhajus Sunnah, Magelang)


➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖


Pertanyaan :


Apa hukumnya rihlah thalabul ilmu bagi wanita?



Jawaban :



Hukum asal untuk wanita, mereka thalabul ilmi di rumahnya, bersama dengan kedua orang tua. Atau di halaqah ilmi disekitar rumahnya, tidak jauh dari rumahnya, entah itu markaz ilmu, ma'had (kalo ada ma'had-nya), atau halaqah ilmu (majalisul 'ilm).

Hukum asalnya dia diantar oleh mahramnya. Ketika tempatnya sangat dekat, aman dari fitnah, (dia) bisa berangkat sendiri, dan dia menjaga hijabnya.


Ini hukum asalnya. Oleh karena itulah sangat diharapkan, terutama untuk para salafiyyat, secara umum salafiyyin, di manapun berada berupaya untuk merintis tarbiyah-tarbiyah ilmu untuk anak. Kecuali di tempat itu, tidak ada (Ma'had) atau kurang memadai atau ada (tapi) secara kualitasnya atau kelasnya kurang, maka wanita tersebut bisa rihlah ilmiyah bersama dengan anggota keluarganya. Pindah ketempat yang dituju, un
tuk rihlah ilmiyah, belajar disana.


Adapun kalo dengan tanpa anggota keluarganya, para ulama kita beda pendapat, terkait dengan memondokkan anak wanita di luar daerahnya dengan tanpa didampingi keluarganya,


◾ Ada yang mengatakan tidak boleh (cukup dirumah),

◾ Ada yang mengatakan boleh dengan persyaratan berangkatnya diantar oleh mahramnya, pulangnya diantar sama mahramnya, selama disana (tempat dia belajar) aman dari fitnah, tidak kemana-mana, dipenuhi semua hajatnya, semua keperluannya. Hadza wa hadza. Wallahu tabaraka wa ta'ala a'lamu bishshawaab.


Lepas dari pembahasan tadi, yang afdhal mengajarkan tarbiyah tadi ditempatnya masing-masing. Thayyib, itu kenapa dikalangan para ulama kita, lebih sedikit yang tampil dari kalangan kaum wanita, dikarenakan mereka memang hukum asalnya tersembunyi, di dalam rumah mereka. Na'am. Wallahu tabaraka wa ta'ala a'lam bishshawaab.


•┈┈┈┈•✿❁•••❁✿•┈┈┈┈•



📬 Diposting hari Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 H / 25 Januari 2020 M


🌐 http://www.nisaa-assunnah.com

📠 http://t.me/nisaaassunnah




🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀








Lebih baru Lebih lama