NASEHAT AL-ALLAMAH RABI' BIN HADI AL-MADKHALI HAFIZHAHULLAH UNTUK SALAFIYYUN




NASEHAT AL-ALLAMAH RABI' BIN HADI AL-MADKHALI HAFIZHAHULLAH UNTUK SALAFIYYUN

▪︎▪︎▪︎▪︎



💎Saya wasiatkan kepada kalian semua untuk bertakwa kepada Allah dan bersaudara karena Allah, bersikap lunak, lembut dan halus, karena sesungguhnya Allah Ta’ala mencintai kelembutan dalam segala urusan.


Memang ada pemuda salafi yang memiliki semangat berpegang teguh dengan Sunnah, lalu pada sebagian pemuda salafi terdapat sikap keras menyerupai haddadiyah, maka sikap seperti ini harus ditinggalkan, barakallah fiik. Para ulama berkata, "Barangsiapa yang bersikap keras maka dia telah membuat orang lari."



Dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:


يَسِّرُوا وَلاَ تُعَسِّرُوا، وَبَشِّرُوا وَلاَ تُنَفِّرُوا.


"Permudahlah dan jangan mempersulit, berilah kabar gembira dan jangan membuat lari!"

(HR. Al-Bukhari no. 69 dan Muslim no. 1734)


Maka bersikaplah lunak kepada saudara-saudara kalian wahai para pemuda. Barangsiapa yang berpegang teguh dengan Sunnah, hendaklah dia menghiasinya dengan akhlak yang mulia, yaitu sabar, tidak mudah marah, halus, lembut dan yang semisalnya.


Berlemah lembutlah kepada orang yang engkau menilai dia seorang salafi, akan tetapi padanya ada kelemahan, janganlah engkau menghadapinya dengan kasar dan keras –barakallahu fikum– karena sikap ini dibenci oleh Allah Tabaraka wa Ta’ala, jadi harus dengan sikap lemah lembut, barakallahu fikum.


Orang-orang yang meremehkan hendaklah bergerak dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, dan hendaklah mereka semangat mengambil hati saudara-saudara mereka, dan semangat dalam mencintai saudara-saudara mereka.


Semangat harus dari kedua pihak, yaitu dalam menuntut ilmu, dalam bersaudara karena Allah, dan dalam saling menyayangi.


Harus saling menyayangi –barakallah fikum–, jika saudaramu bersalah maka perbaikilah dengan lembut dan hikmah. Saya sudah sering mengatakannya.


Jika salah seorang dari kita terjatuh dalam kesalahan, hendaklah saudaranya seperti dokter yang membawa orang sakit tersebut ke rumah sakit untuk diobati dengan lembut dan hikmah.


Ada sebagian orang yang memiliki sikap keras dan tajam, jika seseorang melakukan kesalahan mereka langsung menghabisinya, sangat disayangkan.

Jadi jauhilah sikap keras yang membinasakan dan sikap bermudah-mudahan yang menelantarkan kebenaran, dan berkasih sayanglah diantara kalian, salinglah menasihati dengan hikmah dan nasihat yang baik.

Saya memohon kepada Allah untuk menghilangkan perpecahan ini dan sikap keras semacam ini. Dan diantara solusinya adalah berhias dengan akhlak mulia dari semua pihak. Saya memohon kepada Allah untuk mengaruniakan kepada kami dan kalian untuk berhias dengan akhlak-akhlak mulia, berupa mencintai ilmu, tawadhu’, kehalusan, kelembutan, kesungguhan dalam meraih ilmu dan semangat meraih persaudaraan karena Allah Tabaraka wa Ta’ala dan dalam rangka meraih ridha Allah, bukan karena kepentingan-kepentingan dunia dan kepentingan lainnya, sesungguhnya Rabb kita Maha Mendengar doa.



وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم.


@jujurlahselamanya


💡publikasi:


Whatsapp Salafy Solo

9 Jumadal Ula 1441 H


--------


📫 Di-posting ulang oleh


🎀 Nisaa' As-Sunnah 🎀








NASEHAT AL-ALLAMAH RABI' BIN HADI AL-MADKHALI HAFIZHAHULLAH UNTUK SALAFIYYUN   NASEHAT AL-ALLAMAH RABI' BIN HADI AL-MADKHALI HAFIZHAHULLAH UNTUK SALAFIYYUN Reviewed by Nisaa` As-Sunnah 6 on January 24, 2020 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.