HUKUM MEROKOK ADALAH HARAM, TERMASUK PADANYA SEGALA MACAM MODELNYA SEPERTI PAKAI PIPA, ATAU VAPE (ROKOK ELEKTRIK), ATAU SHISHA/HOOKAH





HUKUM MEROKOK ADALAH HARAM, TERMASUK PADANYA SEGALA MACAM MODELNYA SEPERTI PAKAI PIPA, ATAU VAPE (ROKOK ELEKTRIK), ATAU SHISHA/HOOKAH ()*




(*) Gaya merokok tembakau ala timur tengah dengan menggunakan tabung yang berisi air, dengan tembakau yang dipanaskan, dengan tambahan rasa buah-buahan.



📍Asy-Syekh bin Baaz rahimahullah mengatakan



Hukum yang seperti itu adalah bahwa hal itu termasuk perkara-perkara yang haram, karena padanya terdapat banyak perkara yang jelek dan membahayakan.

Dan Allah subhanahu, hanyalah membolehkan bagi para hambanya dengan perkara-perkara yang baik, dan mengharamkan bagi mereka perkara-perkara yang jelek.



Sebagaimana firman Allah jalla wa alaa kepada nabinya shollahu alaihi wa sallam bersabda



"Mereka menanyakan kepadamu: "apakah yang di halalkan bagi mereka?". katakanlah: "di halalkan bagi kalian yang baik-baik."" Al-Maidah 4


Juga firman Allah tentang sifat nabi shollahu alaihi wa sallam


"menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk." Al-A'raf 157


Maka seluruh macam model merokok tidaklah termasuk perkara yang baik, bahkan semuanya adalah perkara yang jelek, karena padanya terdapat banyak perkara yang berbahaya, maka hal itu tidaklah termasuk dari perkara-perkara yang baik, yang Allah subhana wa ta'ala memperbolehkan perkara tsb.

Maka wajib untuk meninggalkannya, menjahuinya, bersungguh-sungguh dalam meninggalkan dan menjahuinya, karena sungguh nafsu akan terus mendorong kepada kejelekan kecuali yang Allah ta'ala rahmati, maka seharusnya bagi seorang mukmin, untuk bersungguh-sungguh dalam meninggalkan perkara yang berbahaya baginya dari perkara-perkara jelek tsb, dan juga dari selainnya.



Majmu' 23/41



http://t.me/faedahislamiyahslogohimo




🇸🇦 Arabic




📛شرب الدخان والشيشة«حرام»📛

للشيخ ابـــن بـــــاز رحـمہ الله تعالـــﮯ

⚠⛔حكم ذلك أنها من المحرمات⛔⚠

📍لما فيها من الخبث والأضرار الكثيرة،

✔فالله سبحانه إنما أباح لعباده الطيبات،

❌وحرَّم عليهم الخبائث،

🍂كما قال جل وعلا لنبيه صلى الله عليه وسلم: {يَسْأَلُونَكَ مَاذَا أُحِلَّ لَهُمْ قُلْ أُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبَاتُ} (سورة المائدة:4)

🍂وقال سبحانه في وصف نبيه صلى الله عليه وسلم: {وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَآئِثَ} (سورة الأعراف:157)

❌فجميع أنواع التدخين ليست من الطيبات،

❌بل كلها من الخبائث؛ لما فيها من الأضرار الكثيرة، فليست من الطيبات التي أباحها الله،

✋🏼فالواجب تركها، والحذر منها، وجهاد النفس في ذلك؛ لأن النفس أمارة بالسوء إلا من رحم الله، فينبغي للمؤمن أن يجاهد نفسه في ترك ما يضره من هذه الخبائث وغيرها.

📕المصدر: (مجموع 23/41)

📲 للإشتراك 




https://goo.gl/IoFp59

https://goo.gl/R6br7a

https://goo.gl/u89Fhj

https://chat.whatsapp.com/8zfoRzXK5O3H0kdQZQxwaZ



•┈┈┈┈•✿❁•••❁✿•┈┈┈┈•



📬 Diposting ulang hari Selasa, 10 Jumadil Akhir 1441 H / 4 Februari 2020 M



🌐 http://www.nisaa-assunnah.com

📠 http://t.me/nisaaassunnah




🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀








HUKUM MEROKOK ADALAH HARAM, TERMASUK PADANYA SEGALA MACAM MODELNYA SEPERTI PAKAI PIPA, ATAU VAPE (ROKOK ELEKTRIK), ATAU SHISHA/HOOKAH HUKUM MEROKOK ADALAH HARAM, TERMASUK PADANYA SEGALA MACAM MODELNYA SEPERTI PAKAI PIPA, ATAU VAPE (ROKOK ELEKTRIK), ATAU SHISHA/HOOKAH Reviewed by Nisaa` As-Sunnah 6 on February 27, 2020 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.