HUKUM MEMBUAT REPLIKA KA'BAH DAN SYI'AR ISLAM YANG LAINNYA




HUKUM MEMBUAT REPLIKA KA'BAH DAN SYI'AR ISLAM YANG LAINNYA


🇸🇦Fatwa Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa nomor 20266:




Pertanyaan:


Di negeri kami, negeri Maroko ada seorang yang mengajarkan manasik haji kepada manusia dengan cara praktik, yaitu dia membuatkan mereka kerangka kayu yang diwarnai dengan warna hitam menyerupai Ka’bah, demikian juga Maqam Ibrahim, Shafa dan Marwah, tiang-tiang jumrah, dan replika lainnya yang terkait dengan manasik haji. Praktik latihan ini dilaksanakan dengan pakaian Ihram yang mereka pakai lalu mereka melakukan latihan manasik, mulai dari umrah sampai berhaji, dan mereka bertalbiyah seraya mengangkat suara mereka di dalam masjid dengan suara serentak, dan sungguh fenomena ini telah mulai menyebar di seluruh wilayah Maroko. Jika Anda masuk ke beberapa masjid, Anda akan mendapatkan kerangka kayu menyerupai Ka’bah dan benda apa saja yang memiliki keterkaitan dengan hanasik haji di sepanjang tahun. Maka, mohon Samahatul Walid untuk menjelaskan hukum syar’I untuk masalah ini, mengingat latihan manasik haji ini didokumentasikan dengan kamera dan dibagikan rekaman videonya kepada manusia?



Jawaban:



Membuat replika (tiruan) dari kayu dan lainnya untuk beberapa syiar Islam seperri ka'bah, maqam Ibrahim, tiang-tiang jumrah, dan lainnya dengan tujuan digunakan untuk mengajarkan pelaksanaan manasik haji dan umrah di atas cara yang disebutkan dalam pertanyaan tidak boleh. Bahkan itu adalah bid'ah yang mungkar.


Karena akan mengakibatkan bahaya syariat seperti:


- tertambatnya hati dengan replika ini, meski selang beberapa waktu,

- membuatnya jadi terhina, dan bahaya yang lainnya.



Padahal tidak diperlukan cara seperti ini, ketika penjelasan dan penerangan dengan lesan serta dibantu dengan referensi atas hal itu sudah menjadi obat penawar yang mencukupi dalam menyampaikan maksud syariat kepada keumuman manusia. 


Karena telah sahih dari Nabi ﷺ bahwasannya Beliau bersabda: 

"Barang siapa mengamalkan suatu amalan yang tidak ada perintah dari kami, maka ia tertolak." 

(Hadis riwayat Imam Muslim dalam kitab sahihnya).


Wabillahittaufiq washallallahu 'ala Nabiyyina Muhammad waalihi washahbihi wasallam.



💎Ketua: Syekh Abdul Aziz bin Baz

Wakil ketua: Syekh Abdul Aziz Alu asy Syekh

Anggota: Syekh Abdullah bin Ghudayan, Syekh Shalih al Fawzan, Syekh Bakr Abu Zaid


💻alifta.gov.sa


http://t.me/ukhwh



📃Teks arab



س: عندنا في بلاد المغرب، رجل يعلم الناس مناسك الحج بطريقة عملية، وذلك أنه صنع لهم إطارًا خشبيًّا ملونًا بالأسود يشبه الكعبة وكذلك مقام إبراهيم والصفا والمروة وزمزم والجمرات.. وغير ذلك مما يتعلق بمناسك الحج، وعملية التدريب تتم بأن يأتي الناس بإحرامهم ويلبسونه، ويقومون بالمناسك، ابتداءً من العمرة إلى نهاية الحج، ويرفعون أصواتهم بالتلبية داخل المسجد بأصوات جماعية، وإن هذه الظاهرة بدأت تنتشر في كل مناطق المغرب، بحيث إذا دخلت بعض المساجد، تجد إطارًا خشبيًّا يشبه الكعبة وكل ما له علاقة بالمناسك على طول السنة. فالمرجو منكم سماحة الوالد أن تبينواحكم الشرع في هذه المسألة، مع العلم أن هذا التدريب على مناسك الحج صور بالكاميرا، وتوزع أشرطة الفيديو على الناس.

ج: صناعة المجسمات من الخشب وغيره لبعض الشعائر الإسلامية كالكعبة ومقام إبراهيم والجمرات وغيرها لغرض استعمالها في التعليم لأداء مناسك الحج والعمرة على الوجه المذكور في السؤال لا يجوز بل هو بدعة منكرة، لما يفضي إليه من المحاذير الشرعية كتعلق القلوب بهذه المجسمات – ولو بعد حين – وتعريضها للامتهان وغير ذلك، مع عدم الحاجة إلى هذه الطريقة، إذ الشرح والبيان باللسان والاستعانة على ذلك بالكتابة التوضيحية كاف شاف في إيصال المعاني الشرعية إلى عموم الناس، وقد صح عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال: من عمل عملاً ليس عليه أمرنا فهو رد أخرجه مسلم في ( صحيحه ).

وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاءوالإفتاء

الرئيس عبد العزيز بن عبد الله بن باز – نائب الرئيس عبد العزيز آل الشيخ – عضو عبد الله بن غديان – عضو صالح الفوزان – عضو بكر أبو زيد 



•┈┈┈┈•✿❁•••❁✿•┈┈┈┈•



📬 Diposting ulang hari Jum'at, 18 Rajab 1441 H / 13 Maret 2020 M


🌐 http://www.nisaa-assunnah.com

📠 http://t.me/nisaaassunnah



🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀










Lebih baru Lebih lama