TATACARA MEMBAYAR FIDYAH : BERAPAKAH TAKARAN FIDYAH APABILA DENGAN BERAS ?




TATACARA MEMBAYAR FIDYAH : BERAPAKAH TAKARAN FIDYAH APABILA DENGAN BERAS ?


🖊 Dijawab oleh Ustadz Abu Fudhail Abdurrahman ibnu 'Umar Hafizhahullah




Pertanyaan:


Bismillahirrahmanirrahim

Ustadz kami.. Baarokallahufiykum. Hafidzokumullah. Tentang jumlah fidyah bagi yg tidak berpuasa ramadhan karena udzur jika dibayar dengan beras berapa takaran yang harus dibayarkan? Mohon dijelaskan kembali ustadz.. Jazaakumullahu khoiron



Jawaban:


Akhiy Aba Aisyah baarokallaahu fiykum, dibolehkan dalam membayar fidyah dengan cara masak makanan siap saji, kemudian memanggil 30 faqir miskin atau jumlah faqir miskinnya sesuai dengan jumlah puasa yang ditinggalkan, kemudian menyantap makanan tersebut bersama mereka, berdasarkan perbuatan Anas Ibnu Malik radhiyallahu 'anhu sebagaimana yang dicantumkan oleh Asy-Syaikh al-Albaniy rahimahullah didalam Irwaul Ghalil dan dishahihkan oleh beliau rahimahullah, dan apabila dimudahkan untuk melakukan ini maka bagus, karena sesuai dengan yang dicontohkan Anas Ibnu Malik radhiyallahu 'anhu.

Adapun apabila menggunakan barang mentah maka ada silang pendapat di kalangan ulama dan yang masyhur dari fatwa turjumaanul Qur'an Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma adalah setengah sha'.

Dan apabila diperkirakan dengan beras maka faidah yang pernah kita dapatkan dari Asy-Syaikh Zakariya hafizhahullah adalah setengah kilo (*).


Allahu a'lam.


_____


() *Penanya: Wahai Syaikh semoga Allah memberkahi Anda, kami memiliki pertanyaan : "Berapakah takaran fidyah apabila dengan beras?" Kami mengharapkan dari anda jawaban wahai Syaikh semoga Allah menjaga Anda.


Asy-Syaikh Zakariya Al'adniy hafizhahullah menjawab:

SETENGAH KILO.



Penanya: Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan dan memberkahi Anda..




Sumber : WhatsApp Salafy Curup | @qowwamussunnah @salafycurup



••••



📶 https://bit.ly/ForumBerbagiFaidah [FBF]

🌍 www.alfawaaid.net




▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️



📬 Diposting ulang hari Selasa, 5 Ramadhan 1441 H / 28 April 2020 M



🌐 http://www.nisaa-assunnah.com

📠 http://t.me/nisaaassunnah




🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀









TATACARA MEMBAYAR FIDYAH : BERAPAKAH TAKARAN FIDYAH APABILA DENGAN BERAS ?   TATACARA MEMBAYAR FIDYAH : BERAPAKAH TAKARAN FIDYAH APABILA DENGAN BERAS ? Reviewed by Nisaa` As-Sunnah 6 on April 28, 2020 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.