APA HIKMAH DISEMBUNYIKANNYA MALAM LAILATUL QADAR?





APA HIKMAH DISEMBUNYIKANNYA MALAM LAILATUL QADAR?


🎙 Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan حفظه الله:



Lailatul Qadar, sebagaimana yang terdapat dalam ayat ini. Lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Yakni amalan yang dilakukan pada malam tersebut lebih baik dibandingkan amalan yang dilakukan selama 1000 bulan. Dan 1000 bulan dalam perhitungan sama dengan 83 tahun dengan tambahan beberapa bulan.

Dan itu hanya terdapat di bulan Ramadhan saja, Karena Nabi ﷺ mengabarkan bahwasanya malam tersebut hanya ada di bulan Ramadhan.

Beliau ﷺ mengatakan, "Pada bulan tersebut terdapat malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan."


Maka lailatul qadar itu hanyalah terdapat di bulan Ramadhan. Akan tetapi Allah menyembunyikannya pada malam-malam yang ada di bulan Ramadhan. Sehingga tidaklah diketahui pada malam dari malam-malam bulan Ramadhan yang manakah terdapat lailatul qadar.



و ذلك ليجتهد المسلم في كلّ ليالي شهر رمضان و لا يخصّ في هذا بليلة معيّنة. لأنّها ربما تكون غير ليلة القدر. لأنّ الله أخفاها في هذا الشهر، و له الحكمة في ذلك سبحانه و تعالى.

Yang demikian itu agar seorang muslim mau untuk berjuang pada seluruh malam-malam bulan Ramadhan. Maka janganlah membatasi (untuk beramal) pada bulan tersebut di malam tertentu saja. Karena bisa jadi malam tersebut bukanlah malam lailatul qadar. Sebab Allah telah menyembunyikan keberadaannya di bulan ini. Dan hanya milik-Nya lah hikmah terkait perkara ini, Subhanahu wata'ala.



Dan itu adalah bulan yang agung, bulan yang mulia, dan musim (beramal) yang berharga. Allah mengaruniakan padanya kepada siapa yang Dia kehendaki untuk beramal shaleh, berjuang, dan berusaha keras (dalam beramal) di bulan yang agung ini. Barang siapa yang melakukan qiyam (shalat malam) di bulan tersebut seluruhnya maka sungguh dia telah mendapatkan keutamaan Lailatul Qadar, tanpa diragukan. Dan barang siapa yang shalat di sebagian malamnya saja yang mana dia menyangka bahwa itu adalah malam Lailatul Qadar maka bisa jadi bukanlah demikian (seperti yang disangka).

Maka inilah hikmah dari disembunyikannya malam tersebut di bulan ini. Agar seorang muslim mau untuk berjuang di seluruh malam pada bulan tersebut. Sehingga ia akan mendapatkan dua pahala :


1️⃣ Pahala shalat (malam) di bulan Ramadhan.

2️⃣ Dan pahala Lailatul Qadar. Yang mana malam tersebut lebih baik dibandingkan 1000 bulan berdasarkan ayat yang mulia."




💽 ( Taujihaat Ramadhaniyyah )

Alih Bahasa : Thuwailib Tamaam Al-Minnah | Muroja'ah : Al-Ustadz Abu Muhammad Musa حفظه اللّٰه @BuletinAlFaidah


Link Video : https://t.me/ForumBerbagiFaidah/7977



••••


📶 https://bit.ly/ForumBerbagiFaidah [FBF]

🌍 www.alfawaaid.net



▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️



📬 Diposting ulang hari Rabu, 20 Ramadhan 1441 H / 13 Mei 2020 M


🌐 http://www.nisaa-assunnah.com

📠 http://t.me/nisaaassunnah




🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀









APA HIKMAH DISEMBUNYIKANNYA MALAM LAILATUL QADAR?  APA HIKMAH DISEMBUNYIKANNYA MALAM LAILATUL QADAR? Reviewed by Nisaa` As-Sunnah 6 on May 15, 2020 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.