MEMBANTAH BERITA DUSTA : JIKA PERTENGAHAN RAMADAN JATUH PADA MALAM JUMAT, AKAN TERJADI BERBAGAI HURU HARA.




~~~~~~~
〰📲🔥 MEMBANTAH BERITA DUSTA : JIKA PERTENGAHAN RAMADAN JATUH PADA MALAM JUMAT, AKAN TERJADI BERBAGAI HURU HARA.
~~~~~~~ 




Pada Ramadhan dua tahun yg lalu tahun 1439 H - 2018 M, telah tersebar di medsos sebuah video yg berisi sebuah hadits, yang mengatakan :

_〰 "Apabila pertengahan ramadan jatuh di malam jumat, maka akan terjadi berbagai huru-hara dan peristiwa mengerikan lainnya." 〰_



Alhamdulillah telah berlalu pertengahan ramadhan tersebut dua tahun lalu, dalam keadaan tidak ada sedikitpun huru-hara yg disebutkan dalam hadits tersebut.

Ternyata video serupa juga beredar kembali pada ramadan tahun ini 1441 H - 2020 M.

Maka kami sengaja menurunkan artikel berikut, yg kami tulis dua tahun lalu, yg membuktikan bahwa hadits tersebut adalah hadits palsu, yg didustakan oleh kenyataan dan juga oleh para ulama dari segi sanadnya.


Berikut fatwa Ulama terkait dengan hadits tersebut :



1⃣. Syaikh Abdul Aziz bin Baaz rahimahullah berkata :

"Telah sampai kepadaku bahwa sebagian orang bodoh menyebarkan selebaran yang berisi sebuah hadits yg didustakan atas nama Nabi shallallahu alaihi wasallam, kandungan hadits tersebut adalah :

●> Dari Ibnu Masud radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

"Jika terjadi suara menggelegar di ramadan, maka akan terjadi kekacauan di bulan Syawal dan para qabilah akan berselisih di bulan dzulhijjah. Terjadilah pertumpahan darah di bulan Dzulhijjah dan Muharram. Dan apa itu Muharram? Beliau mengulanginya tiga kali. Jauh sekali jauh sekali. Manusia banyak terbunuh, terjadilah pembunuhan demi pembunuhan."


Kami katakan : 'Apa itu suara yg menggelegar wahai Rasulullah?'
Beliau menjawab : 'Ini terjadi di pertengahan Ramadan di malam jumat. Maka terjadilah suara yg mengagetkan orang yg tidur, menjadikan terduduk orang yg berdiri, keluarlah para gadis pingitan dari tempatnya di malam jumat. Di tahun tersebut banyak terjadi gempa bumi dan hawa dingin.

Jika bertepatan (pertengahan) bulan ramadan di tahun tersebut pada malam jumat, maka jika kalian selesai shalat subuh dari hari jumat di pertengahan ramadan, masuklah kalian ke rumah-rumah kalian, kuncilah pintu-pintu kalian, tutuplah lubang-lubangnya, selimutilah diri-diri kalian dan sumbatlah telinga-teliga kalian. Maka jika kalian merasakan suara yg menggelegar, segeralah kalian bersujud kepada Allah. Bacalah doa ini oleh kalian:



سبحان القدوس ، سبحان القدوس ، ربنا القدوس 

"Karena sesungguhnya, barang siapa yg melakukan hal itu, dia akan selamat, dan barang siapa yg tidak melakukannya dia akan binasa.""

(Selesai haditsnya)


⬆️ Maka ini adalah hadits yg tiada dasar kebenarannya, bahkan hadits yg batil dan dusta.


〰 Sungguh telah dilalui oleh kaum muslimin banyak tahun-tahun, yg malam pertengahan ramadan bertepatan dengan malam jumat, tapi tidak terjadi seperti apa yg disebutkan berupa kedustaan begini, berupa suara menggelegar dan lainnya sebagaimana disebutkan. 〰

Dari sini, orang yg mengamati kalimat ini akan tahu, bahwasanya tidak boleh menyebarkan hadits yg batil seperti ini.

Bahkan wajib untuk merobeknya, memusnahkannya, dan memperingatkan umat akan kebatilannya.

Dan sudah maklum, bahwasanya wajib atas setiap muslim untuk bertakwa kepada Allah dalam segala waktunya.

Dan menjauhi apa yg Allah larang hingga datang ajalnya.


●> Sebagaimana Allah berfirman :



وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّى يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ



"Dan beribadahlah kalian kepada Allah sampai datang kematian kepada kalian."


(QS. Al-Hijr 99)



●> Allah juga berfirman :



يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ



"Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kalian kepada Allah dengan sebenar-benar takwa. Dan janganlah sekali-kali kalian mati kecuali dalam keadaan muslim."

(QS. Ali Imran 102 )



●> Nabi juga bersabda dalam hadits Muadz radhiyallahu anhu :

"Bertakwalah engkau kepada Allah dimanapun kamu berada, dan iringkanlah perbuatan jelek dengan perbuatan baik, niscaya akan menghapusnya. Dan bergaulah dengan manusia dengan akhlak yg baik."  
(HR. Ahmad)


Dan ayat-ayat dan hadits tentang wajibnya menetapi takwa dan istiqamah di atas alhaq dan menjauhi segala apa yang Allah larang di setiap waktu, baik di ramadan ataupun lainnya itu sangat banyak.

Semoga Allah memberikan taufiq kepada kaum muslimin dalam perkara yang diridhainya, mengaruniai mereka dan kita pemahaman agama, menjauhkan kita semua dari fitnah yang menyesatkan, menjauhkan kita semua dari para da'i kebatilan, sesungguhnya Dia itu Maha Pemurah dan Maha Pemberi.

Semoga shalawat dalam salam terlimpah kepada Nabi kita Muhammad, keluarganya dan shahabatnya."



📚 Mufti kerajaan Arab Saudi.


Ketua Dewan Ulama Senior dan Komite pembahasan Ilmiyah da Fatwa



📑 Majmu Fatawa 26/339-341


وقال الشيخ عبد العزيز بن باز رحمه الله :

" بلغني أن بعض الجهال يوزع نشرة مشتملة على حديث مكذوب على النبي صلى الله عليه وسلم يتضمن هذا الحديث المكذوب ما نصه :

عن ابن مسعود قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : 

( إذا كان صيحة في رمضان ، فإنه يكون معمعة في شوال ، وتميز القبائل في ذي القعدة ، وتسفك الدماء في ذي الحجة والمحرم ، وما المحرم ؟ يقولها ثلاث مرات ، هيهات هيهات ، يقتل الناس فيه هرجا هرجا ، قلنا : وما الصيحة يا رسول الله ؟ قال : هذه في النصف من رمضان ليلة الجمعة ، فتكون هدَّة توقظ النائم ، وتقعد القائم ، وتخرج العواتق من خدورهن في ليلة جمعة ، في سنة كثيرة الزلازل والبرد ، فإذا وافق شهر رمضان في تلك السنة ليلة الجمعة ، فإذا صليتم الفجر من يوم الجمعة في النصف من رمضان فادخلوا بيوتكم ، وأغلقوا أبوابكم ، سدوا كواكم ، ودثروا أنفسكم ، وسدوا آذانكم ، فإذا أحسستم بالصحيحة فخروا لله سجدا ، وقولوا : سبحان القدوس ، سبحان القدوس ، ربنا القدوس ، فإنه من فعل ذلك نجا ومن لم يفعل هلك ) .

فهذا الحديث لا أساس له من الصحة ، بل هو باطل وكذب ، وقد مر على المسلمين أعوام كثيرة صادفت فيها ليلة الجمعة ليلة النصف من رمضان فلم تقع فيها بحمد الله ما ذكره هذا الكذب من الصيحة وغيرها مما ذكر ، وبذلك يعلم كل من يطلع على هذه الكلمة أنه لا يجوز ترويج هذا الحديث الباطل ، بل يجب تمزيق ذلك وإتلافه والتنبيه على بطلانه ، ومعلوم أنه يجب على كل مسلم أن يتقي الله في جميع الأوقات ، وأن يحذر ما نهى الله عنه حتى يتم أجله، كما قال سبحانه لنبيه صلى الله عليه وسلم : ( وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّى يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ ) والمراد باليقين : الموت ، قال سبحانه : ( يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ )، وقال النبي صلى الله عليه وسلم لمعاذ رضي الله عنه : ( اتق الله حيثما كنت وأتبع السيئة الحسنة تحمها ، وخالق الناس بخلق حسن ) .

والآيات والأحاديث في وجوب لزوم التقوى والاستقامة على الحق والحذر من كل ما نهى الله عنه في جميع الأوقات في رمضان وفي غيره كثيرة معلومة.

وفق الله المسلمين لما يرضيه، ومنحهم الفقه في الدين، وأعاذنا وإياهم من مضلات الفتن، ومن شر دعاة الباطل إنه جواد كريم، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه.

مفتي عام المملكة العربية السعودية

ورئيس هيئة كبار العلماء وإدارة البحوث العلمية والإفتاء



https://binbaz.org.sa/old/28453



2⃣. Syaikh Nashiruddin Al-Albani rahimahullah mengomentari hadits tersebut :

"Hadits yg palsu, dikeluarkan oleh Nu'aim bin Hammad dalam Al-Fitan 1/160. Dari jalan Abu Abdil Hakim 4/517-518 Dan Abu Nu'aim dalam Akhbar Ashbahan 2/199."



•••> Al-Hakim mengatakan :

"Hadits yg aneh isinya, dan Maslamah itu tidak bisa dijadikan sebagai hujjah."

•••> Adz-Dzahabi rahimahullah mengatakan :

"Ini hadits yg palsu, Maslamah (salah satu rawinya-pent) itu seorang yg jatuh dan ditinggalkan haditsnya."



•••> Hadits ini juga diriwayatkan dengan sanad-sanad lain, dan As-Suyuti membawakan dalam kitab Al-Laa'li 2/387-388. Semuanya berpenyakit sebagiannya panjang sebagiannya ringkas. Yang yang paling panjangnya adalah hadits Ibnu Masud."



📑 Diringkas dari As-Silsilah Adh-Dhaifah no 6178-6179



⏩|| Grup Whatsap Ma'had Ar-Ridhwan Poso

💽||_Join chanel telegram

http://telegram.me/ahlussunnahposo


🌏||_Kunjungi :

www.mahad-arridhwan.com



•┈┈┈┈•✿❁✿••✿❁✿•┈┈┈┈•


🍃Turut menyebarkan:

WA 🌹syarhus sunnah lin nisaa


Channel Telegram:

http://t.me/syarhussunnahlinnisa

🖥 Https://akhwat.net


Karena Engkau Wajib Menuntut Ilmu


🇸 🇸 🇱 🇳



••••🌸▫️🌸▫️🌸▫️🌸••••


📬 Diposting ulang hari Kamis, 14 Ramadhan 1441 H / 7 Mei 2020 M


🌐 http://www.nisaa-assunnah.com

📠 http://t.me/nisaaassunnah




🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀









Lebih baru Lebih lama