MEMBANTAH BERITA DUSTA : JIKA PERTENGAHAN RAMADAN JATUH PADA MALAM JUMAT, AKAN TERJADI BERBAGAI HURU HARA.




~~~~~~~
〰๐Ÿ“ฒ๐Ÿ”ฅ MEMBANTAH BERITA DUSTA : JIKA PERTENGAHAN RAMADAN JATUH PADA MALAM JUMAT, AKAN TERJADI BERBAGAI HURU HARA.
~~~~~~~ 




Pada Ramadhan dua tahun yg lalu tahun 1439 H - 2018 M, telah tersebar di medsos sebuah video yg berisi sebuah hadits, yang mengatakan :

_〰 "Apabila pertengahan ramadan jatuh di malam jumat, maka akan terjadi berbagai huru-hara dan peristiwa mengerikan lainnya." 〰_



Alhamdulillah telah berlalu pertengahan ramadhan tersebut dua tahun lalu, dalam keadaan tidak ada sedikitpun huru-hara yg disebutkan dalam hadits tersebut.

Ternyata video serupa juga beredar kembali pada ramadan tahun ini 1441 H - 2020 M.

Maka kami sengaja menurunkan artikel berikut, yg kami tulis dua tahun lalu, yg membuktikan bahwa hadits tersebut adalah hadits palsu, yg didustakan oleh kenyataan dan juga oleh para ulama dari segi sanadnya.


Berikut fatwa Ulama terkait dengan hadits tersebut :



1⃣. Syaikh Abdul Aziz bin Baaz rahimahullah berkata :

"Telah sampai kepadaku bahwa sebagian orang bodoh menyebarkan selebaran yang berisi sebuah hadits yg didustakan atas nama Nabi shallallahu alaihi wasallam, kandungan hadits tersebut adalah :

●> Dari Ibnu Masud radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

"Jika terjadi suara menggelegar di ramadan, maka akan terjadi kekacauan di bulan Syawal dan para qabilah akan berselisih di bulan dzulhijjah. Terjadilah pertumpahan darah di bulan Dzulhijjah dan Muharram. Dan apa itu Muharram? Beliau mengulanginya tiga kali. Jauh sekali jauh sekali. Manusia banyak terbunuh, terjadilah pembunuhan demi pembunuhan."


Kami katakan : 'Apa itu suara yg menggelegar wahai Rasulullah?'
Beliau menjawab : 'Ini terjadi di pertengahan Ramadan di malam jumat. Maka terjadilah suara yg mengagetkan orang yg tidur, menjadikan terduduk orang yg berdiri, keluarlah para gadis pingitan dari tempatnya di malam jumat. Di tahun tersebut banyak terjadi gempa bumi dan hawa dingin.

Jika bertepatan (pertengahan) bulan ramadan di tahun tersebut pada malam jumat, maka jika kalian selesai shalat subuh dari hari jumat di pertengahan ramadan, masuklah kalian ke rumah-rumah kalian, kuncilah pintu-pintu kalian, tutuplah lubang-lubangnya, selimutilah diri-diri kalian dan sumbatlah telinga-teliga kalian. Maka jika kalian merasakan suara yg menggelegar, segeralah kalian bersujud kepada Allah. Bacalah doa ini oleh kalian:



ุณุจุญุงู† ุงู„ู‚ุฏูˆุณ ، ุณุจุญุงู† ุงู„ู‚ุฏูˆุณ ، ุฑุจู†ุง ุงู„ู‚ุฏูˆุณ 

"Karena sesungguhnya, barang siapa yg melakukan hal itu, dia akan selamat, dan barang siapa yg tidak melakukannya dia akan binasa.""

(Selesai haditsnya)


⬆️ Maka ini adalah hadits yg tiada dasar kebenarannya, bahkan hadits yg batil dan dusta.


〰 Sungguh telah dilalui oleh kaum muslimin banyak tahun-tahun, yg malam pertengahan ramadan bertepatan dengan malam jumat, tapi tidak terjadi seperti apa yg disebutkan berupa kedustaan begini, berupa suara menggelegar dan lainnya sebagaimana disebutkan. 〰

Dari sini, orang yg mengamati kalimat ini akan tahu, bahwasanya tidak boleh menyebarkan hadits yg batil seperti ini.

Bahkan wajib untuk merobeknya, memusnahkannya, dan memperingatkan umat akan kebatilannya.

Dan sudah maklum, bahwasanya wajib atas setiap muslim untuk bertakwa kepada Allah dalam segala waktunya.

Dan menjauhi apa yg Allah larang hingga datang ajalnya.


●> Sebagaimana Allah berfirman :



ูˆَุงุนْุจُุฏْ ุฑَุจَّูƒَ ุญَุชَّู‰ ูŠَุฃْุชِูŠَูƒَ ุงู„ْูŠَู‚ِูŠู†ُ



"Dan beribadahlah kalian kepada Allah sampai datang kematian kepada kalian."


(QS. Al-Hijr 99)



●> Allah juga berfirman :



ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ุงุชَّู‚ُูˆุง ุงู„ู„َّู‡َ ุญَู‚َّ ุชُู‚َุงุชِู‡ِ ูˆَู„َุง ุชَู…ُูˆุชُู†َّ ุฅِู„َّุง ูˆَุฃَู†ْุชُู…ْ ู…ُุณْู„ِู…ُูˆู†َ



"Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kalian kepada Allah dengan sebenar-benar takwa. Dan janganlah sekali-kali kalian mati kecuali dalam keadaan muslim."

(QS. Ali Imran 102 )



●> Nabi juga bersabda dalam hadits Muadz radhiyallahu anhu :

"Bertakwalah engkau kepada Allah dimanapun kamu berada, dan iringkanlah perbuatan jelek dengan perbuatan baik, niscaya akan menghapusnya. Dan bergaulah dengan manusia dengan akhlak yg baik."  
(HR. Ahmad)


Dan ayat-ayat dan hadits tentang wajibnya menetapi takwa dan istiqamah di atas alhaq dan menjauhi segala apa yang Allah larang di setiap waktu, baik di ramadan ataupun lainnya itu sangat banyak.

Semoga Allah memberikan taufiq kepada kaum muslimin dalam perkara yang diridhainya, mengaruniai mereka dan kita pemahaman agama, menjauhkan kita semua dari fitnah yang menyesatkan, menjauhkan kita semua dari para da'i kebatilan, sesungguhnya Dia itu Maha Pemurah dan Maha Pemberi.

Semoga shalawat dalam salam terlimpah kepada Nabi kita Muhammad, keluarganya dan shahabatnya."



๐Ÿ“š Mufti kerajaan Arab Saudi.


Ketua Dewan Ulama Senior dan Komite pembahasan Ilmiyah da Fatwa



๐Ÿ“‘ Majmu Fatawa 26/339-341


ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ุนุจุฏ ุงู„ุนุฒูŠุฒ ุจู† ุจุงุฒ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ :

" ุจู„ุบู†ูŠ ุฃู† ุจุนุถ ุงู„ุฌู‡ุงู„ ูŠูˆุฒุน ู†ุดุฑุฉ ู…ุดุชู…ู„ุฉ ุนู„ู‰ ุญุฏูŠุซ ู…ูƒุฐูˆุจ ุนู„ู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠุชุถู…ู† ู‡ุฐุง ุงู„ุญุฏูŠุซ ุงู„ู…ูƒุฐูˆุจ ู…ุง ู†ุตู‡ :

ุนู† ุงุจู† ู…ุณุนูˆุฏ ู‚ุงู„ : ู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : 

( ุฅุฐุง ูƒุงู† ุตูŠุญุฉ ููŠ ุฑู…ุถุงู† ، ูุฅู†ู‡ ูŠูƒูˆู† ู…ุนู…ุนุฉ ููŠ ุดูˆุงู„ ، ูˆุชู…ูŠุฒ ุงู„ู‚ุจุงุฆู„ ููŠ ุฐูŠ ุงู„ู‚ุนุฏุฉ ، ูˆุชุณููƒ ุงู„ุฏู…ุงุก ููŠ ุฐูŠ ุงู„ุญุฌุฉ ูˆุงู„ู…ุญุฑู… ، ูˆู…ุง ุงู„ู…ุญุฑู… ؟ ูŠู‚ูˆู„ู‡ุง ุซู„ุงุซ ู…ุฑุงุช ، ู‡ูŠู‡ุงุช ู‡ูŠู‡ุงุช ، ูŠู‚ุชู„ ุงู„ู†ุงุณ ููŠู‡ ู‡ุฑุฌุง ู‡ุฑุฌุง ، ู‚ู„ู†ุง : ูˆู…ุง ุงู„ุตูŠุญุฉ ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ؟ ู‚ุงู„ : ู‡ุฐู‡ ููŠ ุงู„ู†ุตู ู…ู† ุฑู…ุถุงู† ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ، ูุชูƒูˆู† ู‡ุฏَّุฉ ุชูˆู‚ุธ ุงู„ู†ุงุฆู… ، ูˆุชู‚ุนุฏ ุงู„ู‚ุงุฆู… ، ูˆุชุฎุฑุฌ ุงู„ุนูˆุงุชู‚ ู…ู† ุฎุฏูˆุฑู‡ู† ููŠ ู„ูŠู„ุฉ ุฌู…ุนุฉ ، ููŠ ุณู†ุฉ ูƒุซูŠุฑุฉ ุงู„ุฒู„ุงุฒู„ ูˆุงู„ุจุฑุฏ ، ูุฅุฐุง ูˆุงูู‚ ุดู‡ุฑ ุฑู…ุถุงู† ููŠ ุชู„ูƒ ุงู„ุณู†ุฉ ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ، ูุฅุฐุง ุตู„ูŠุชู… ุงู„ูุฌุฑ ู…ู† ูŠูˆู… ุงู„ุฌู…ุนุฉ ููŠ ุงู„ู†ุตู ู…ู† ุฑู…ุถุงู† ูุงุฏุฎู„ูˆุง ุจูŠูˆุชูƒู… ، ูˆุฃุบู„ู‚ูˆุง ุฃุจูˆุงุจูƒู… ، ุณุฏูˆุง ูƒูˆุงูƒู… ، ูˆุฏุซุฑูˆุง ุฃู†ูุณูƒู… ، ูˆุณุฏูˆุง ุขุฐุงู†ูƒู… ، ูุฅุฐุง ุฃุญุณุณุชู… ุจุงู„ุตุญูŠุญุฉ ูุฎุฑูˆุง ู„ู„ู‡ ุณุฌุฏุง ، ูˆู‚ูˆู„ูˆุง : ุณุจุญุงู† ุงู„ู‚ุฏูˆุณ ، ุณุจุญุงู† ุงู„ู‚ุฏูˆุณ ، ุฑุจู†ุง ุงู„ู‚ุฏูˆุณ ، ูุฅู†ู‡ ู…ู† ูุนู„ ุฐู„ูƒ ู†ุฌุง ูˆู…ู† ู„ู… ูŠูุนู„ ู‡ู„ูƒ ) .

ูู‡ุฐุง ุงู„ุญุฏูŠุซ ู„ุง ุฃุณุงุณ ู„ู‡ ู…ู† ุงู„ุตุญุฉ ، ุจู„ ู‡ูˆ ุจุงุทู„ ูˆูƒุฐุจ ، ูˆู‚ุฏ ู…ุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ุฃุนูˆุงู… ูƒุซูŠุฑุฉ ุตุงุฏูุช ููŠู‡ุง ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู†ุตู ู…ู† ุฑู…ุถุงู† ูู„ู… ุชู‚ุน ููŠู‡ุง ุจุญู…ุฏ ุงู„ู„ู‡ ู…ุง ุฐูƒุฑู‡ ู‡ุฐุง ุงู„ูƒุฐุจ ู…ู† ุงู„ุตูŠุญุฉ ูˆุบูŠุฑู‡ุง ู…ู…ุง ุฐูƒุฑ ، ูˆุจุฐู„ูƒ ูŠุนู„ู… ูƒู„ ู…ู† ูŠุทู„ุน ุนู„ู‰ ู‡ุฐู‡ ุงู„ูƒู„ู…ุฉ ุฃู†ู‡ ู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ุชุฑูˆูŠุฌ ู‡ุฐุง ุงู„ุญุฏูŠุซ ุงู„ุจุงุทู„ ، ุจู„ ูŠุฌุจ ุชู…ุฒูŠู‚ ุฐู„ูƒ ูˆุฅุชู„ุงูู‡ ูˆุงู„ุชู†ุจูŠู‡ ุนู„ู‰ ุจุทู„ุงู†ู‡ ، ูˆู…ุนู„ูˆู… ุฃู†ู‡ ูŠุฌุจ ุนู„ู‰ ูƒู„ ู…ุณู„ู… ุฃู† ูŠุชู‚ูŠ ุงู„ู„ู‡ ููŠ ุฌู…ูŠุน ุงู„ุฃูˆู‚ุงุช ، ูˆุฃู† ูŠุญุฐุฑ ู…ุง ู†ู‡ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุญุชู‰ ูŠุชู… ุฃุฌู„ู‡، ูƒู…ุง ู‚ุงู„ ุณุจุญุงู†ู‡ ู„ู†ุจูŠู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : ( ูˆَุงุนْุจُุฏْ ุฑَุจَّูƒَ ุญَุชَّู‰ ูŠَุฃْุชِูŠَูƒَ ุงู„ْูŠَู‚ِูŠู†ُ ) ูˆุงู„ู…ุฑุงุฏ ุจุงู„ูŠู‚ูŠู† : ุงู„ู…ูˆุช ، ู‚ุงู„ ุณุจุญุงู†ู‡ : ( ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ุงุชَّู‚ُูˆุง ุงู„ู„َّู‡َ ุญَู‚َّ ุชُู‚َุงุชِู‡ِ ูˆَู„َุง ุชَู…ُูˆุชُู†َّ ุฅِู„َّุง ูˆَุฃَู†ْุชُู…ْ ู…ُุณْู„ِู…ُูˆู†َ )، ูˆู‚ุงู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู„ู…ุนุงุฐ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ : ( ุงุชู‚ ุงู„ู„ู‡ ุญูŠุซู…ุง ูƒู†ุช ูˆุฃุชุจุน ุงู„ุณูŠุฆุฉ ุงู„ุญุณู†ุฉ ุชุญู…ู‡ุง ، ูˆุฎุงู„ู‚ ุงู„ู†ุงุณ ุจุฎู„ู‚ ุญุณู† ) .

ูˆุงู„ุขูŠุงุช ูˆุงู„ุฃุญุงุฏูŠุซ ููŠ ูˆุฌูˆุจ ู„ุฒูˆู… ุงู„ุชู‚ูˆู‰ ูˆุงู„ุงุณุชู‚ุงู…ุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ุญู‚ ูˆุงู„ุญุฐุฑ ู…ู† ูƒู„ ู…ุง ู†ู‡ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ููŠ ุฌู…ูŠุน ุงู„ุฃูˆู‚ุงุช ููŠ ุฑู…ุถุงู† ูˆููŠ ุบูŠุฑู‡ ูƒุซูŠุฑุฉ ู…ุนู„ูˆู…ุฉ.

ูˆูู‚ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ู„ู…ุง ูŠุฑุถูŠู‡، ูˆู…ู†ุญู‡ู… ุงู„ูู‚ู‡ ููŠ ุงู„ุฏูŠู†، ูˆุฃุนุงุฐู†ุง ูˆุฅูŠุงู‡ู… ู…ู† ู…ุถู„ุงุช ุงู„ูุชู†، ูˆู…ู† ุดุฑ ุฏุนุงุฉ ุงู„ุจุงุทู„ ุฅู†ู‡ ุฌูˆุงุฏ ูƒุฑูŠู…، ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุขู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡.

ู…ูุชูŠ ุนุงู… ุงู„ู…ู…ู„ูƒุฉ ุงู„ุนุฑุจูŠุฉ ุงู„ุณุนูˆุฏูŠุฉ

ูˆุฑุฆูŠุณ ู‡ูŠุฆุฉ ูƒุจุงุฑ ุงู„ุนู„ู…ุงุก ูˆุฅุฏุงุฑุฉ ุงู„ุจุญูˆุซ ุงู„ุนู„ู…ูŠุฉ ูˆุงู„ุฅูุชุงุก



https://binbaz.org.sa/old/28453



2⃣. Syaikh Nashiruddin Al-Albani rahimahullah mengomentari hadits tersebut :

"Hadits yg palsu, dikeluarkan oleh Nu'aim bin Hammad dalam Al-Fitan 1/160. Dari jalan Abu Abdil Hakim 4/517-518 Dan Abu Nu'aim dalam Akhbar Ashbahan 2/199."



•••> Al-Hakim mengatakan :

"Hadits yg aneh isinya, dan Maslamah itu tidak bisa dijadikan sebagai hujjah."

•••> Adz-Dzahabi rahimahullah mengatakan :

"Ini hadits yg palsu, Maslamah (salah satu rawinya-pent) itu seorang yg jatuh dan ditinggalkan haditsnya."



•••> Hadits ini juga diriwayatkan dengan sanad-sanad lain, dan As-Suyuti membawakan dalam kitab Al-Laa'li 2/387-388. Semuanya berpenyakit sebagiannya panjang sebagiannya ringkas. Yang yang paling panjangnya adalah hadits Ibnu Masud."



๐Ÿ“‘ Diringkas dari As-Silsilah Adh-Dhaifah no 6178-6179



⏩|| Grup Whatsap Ma'had Ar-Ridhwan Poso

๐Ÿ’ฝ||_Join chanel telegram

http://telegram.me/ahlussunnahposo


๐ŸŒ||_Kunjungi :

www.mahad-arridhwan.com



•┈┈┈┈•✿❁✿••✿❁✿•┈┈┈┈•


๐ŸƒTurut menyebarkan:

WA ๐ŸŒนsyarhus sunnah lin nisaa


Channel Telegram:

http://t.me/syarhussunnahlinnisa

๐Ÿ–ฅ Https://akhwat.net


Karena Engkau Wajib Menuntut Ilmu


๐Ÿ‡ธ ๐Ÿ‡ธ ๐Ÿ‡ฑ ๐Ÿ‡ณ



••••๐ŸŒธ▫️๐ŸŒธ▫️๐ŸŒธ▫️๐ŸŒธ••••


๐Ÿ“ฌ Diposting ulang hari Kamis, 14 Ramadhan 1441 H / 7 Mei 2020 M


๐ŸŒ http://www.nisaa-assunnah.com

๐Ÿ“  http://t.me/nisaaassunnah




๐ŸŽ€ Nisaa` As-Sunnah ๐ŸŽ€









MEMBANTAH BERITA DUSTA : JIKA PERTENGAHAN RAMADAN JATUH PADA MALAM JUMAT, AKAN TERJADI BERBAGAI HURU HARA.  MEMBANTAH BERITA DUSTA : JIKA PERTENGAHAN RAMADAN JATUH PADA MALAM JUMAT, AKAN TERJADI BERBAGAI HURU HARA. Reviewed by Nisaa` As-Sunnah 6 on May 10, 2020 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.