IBLIS MENEBAR JANJI MANIS





IBLIS MENEBAR JANJI MANIS



๐Ÿ–Š Semenjak Allah subhanahu wa ta’ala menciptakan Adam alaihis salam dan memuliakannya di hadapan para malaikat, muncullah kedengkian dan api permusuhan pada diri Iblis. Terlebih lagi ketika Allah subhanahu wa ta’ala mengutuknya dan mengusirnya dari surga.

Iblis berikrar akan menyesatkan manusia dengan mendatangi mereka dari berbagai arah.
Berbagai cara licik dilakukannya demi mendapatkan banyak teman di neraka nanti. Salah satunya adalah dengan membisikkan beragam janji palsu dan angan-angan hampa pada hati manusia.

๐Ÿ“ Saat Perang Badr, Iblis datang bersama para pasukannya dengan membawa bendera. Ia menjelma menjadi seorang lelaki dari Bani Mudlaj bernama Suraqah bin Malik bin Ju’syum. Ia berkata kepada kaum musyrikin, “Tidak ada seorang pun yang bisa mengalahkan kalian pada hari ini. Sesungguhnya aku adalah penolong kalian.”

⚔ Tatkala dua pasukan telah siap bertempur, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengambil segenggam debu lalu menaburkannya ke wajah pasukan musyrikin sehingga mereka pun lari ke belakang.

๐Ÿ–Œ Kemudian, Malaikat Jibril mendatangi Iblis. Ketika Iblis melihat Jibril—waktu itu tangannya (Iblis) sedang digenggam oleh seorang lelaki— ia berusaha melepaskannya dan lari terbirit-birit bersama pasukannya.

Lelaki tadi berkata, “Wahai Suraqah, bukankah kamu telah berjanji akan membela kami?”

Iblis menjawab, “Sungguh, aku telah melihat sesuatu yang tidak bisa kamu lihat.”

(Tafsir Ibnu Katsir, 2/330; dan ar-Rahiq al-Makhtum, hlm. 304)


✅ Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,


ูˆَุฅِุฐۡ ุฒَูŠَّู†َ ู„َู‡ُู…ُ ูฑู„ุดَّูŠุۡทَٰู†ُ ุฃَุนูۡ…َٰู„َู‡ُู…ۡ ูˆَู‚َุงู„َ ู„َุง ุบَุงู„ِุจَ ู„َูƒُู…ُ ูฑู„ูۡŠَูˆูۡ…َ ู…ِู†َ ูฑู„ู†َّุงุณِ ูˆَุฅِู†ِّูŠ ุฌَุงุฑٌ ู„َّูƒُู…ۡۖ ูَู„َู…َّุง ุชَุฑَุงุٓกَุชِ ูฑู„ูۡِุฆَุชَุงู†ِ ู†َูƒَุตَ ุนَู„َู‰ٰ ุนَู‚ِุจَูŠูۡ‡ِ ูˆَู‚َุงู„َ ุฅِู†ِّูŠ ุจَุฑِูŠุٓกٌ ู…ِّู†ูƒُู…ۡ ุฅِู†ِّูŠٓ ุฃَุฑَู‰ٰ ู…َุง ู„َุง ุชَุฑَูˆูۡ†َ ุฅِู†ِّูŠٓ ุฃَุฎَุงูُ ูฑู„ู„َّู‡َۚ ูˆَูฑู„ู„َّู‡ُ ุดَุฏِูŠุฏُ ูฑู„ุۡนِู‚َุงุจِ


“Dan (ingatlah) ketika setan menjadikan mereka memandang baik perbuatan (dosa) mereka dan mengatakan, ‘Tidak ada (orang) yang dapat mengalahkan kalian pada hari ini, dan sungguh, aku adalah penolongmu.’ Maka ketika kedua pasukan itu telah saling melihat (berhadapan), setan berbalik ke belakang seraya berkata, ‘Sesungguhnya aku berlepas diri dari kalian; aku dapat melihat apa yang kalian tidak dapat melihat; sesungguhnya aku takut kepada Allah.’ Allah sangat keras siksa-Nya.” (al-Anfal: 48)



๐Ÿ–ฅ Simak selengkapnya:
 




•┈┈┈┈•✿❁•••❁✿•┈┈┈┈•


๐Ÿ“ฌ Diposting ulang hari Jum'at, 24 Dzulhijjah 1441 H / 14 Agustus 2020 M






๐ŸŽ€ Nisaa` As-Sunnah ๐ŸŽ€

 







IBLIS MENEBAR JANJI MANIS  IBLIS MENEBAR JANJI MANIS Reviewed by Nisaa` As-Sunnah 6 on August 21, 2020 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.