KEADAAN-KEADAAN YANG MENENTUKAN BOLEH TIDAKNYA BERPUASA DI HARI SABTU




 KEADAAN-KEADAAN YANG MENENTUKAN BOLEH TIDAKNYA BERPUASA DI HARI SABTU


Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin rahimahullah menyatakan:

"Hendaknya diketahui bahwasanya puasa di hari Sabtu memiliki beberapa keadaan:


◻️KEADAAN PERTAMA:

Puasa itu dilakukan sebagai suatu kewajiban, seperti di bulan Ramadhan atau mengganti puasa (Ramadhan), atau puasa kaffaroh, pengganti hadyu tamattu’, dan semisalnya. Ini tidak mengapa. Selama tidak diyakini bahwa hari (Sabtu) tersebut memiliki keistimewaan.


◻️KEADAAN KEDUA: 

Berpuasa (juga) sehari sebelumnya di hari Jumat. Ini tidak mengapa. Karena Nabi ﷺ bersabda kepada salah satu Ummahatul Mukminin yang berpuasa di hari Jumat: Apakah engkau berpuasa kemarin? Beliau menjawab: Tidak. Nabi bertanya: Apakah engkau akan berpuasa besok? Beliau menjawab: Tidak. Nabi bersabda: Kalau begitu, berbukalah. 


Nabi bertanya: Apakah engkau akan berpuasa besok, hal itu menunjukkan bolehnya berpuasa hari Sabtu bersamaan dengan Jumat.


◻️KEADAAN KETIGA: 

Bertepatan dengan hari-hari yang disyariatkan, seperti Ayyamul Biidh, hari Arafah, hari Asyura, 6 hari di bulan Syawwal bagi yang telah puasa Ramadhan, sembilan hari di bulan Dzulhijjah. Hal ini tidak mengapa. Karena ia tidaklah berpuasa karena itu hari Sabtu, namun ia berpuasa karena itu termasuk hari yang disyariatkan berpuasa.


◻️KEADAAN KEEMPAT:

Bertepatan dengan kebiasaan seseorang yang berpuasa sehari dan berbuka sehari. Puasa itu bertepatan dengan hari Sabtu. Hal ini tidak mengapa. 

Sebagaimana Nabi ﷺ bersabda tentang puasa sehari atau dua hari sebelum Ramadhan, beliau melarangnya kecuali bagi yang telah biasa berpuasa sebelumnya. Maka tidak ada larangan terhadapnya. Ini adalah semisal dengan itu.


◻️KEADAAN KELIMA: 

Mengkhususkan puasa sunnah dan menyendirikannya dalam puasa. Ini adalah yang terlarang, jika hadits tentang larangan itu shahih."


(Majmu' Fatawa Wa Rosaail Ibn Utsaimin (30/35))


🇸🇦 Naskah Asli dalam Bahasa Arab


وليعلم أن صيام يوم السبت له أحوال:

الحال الأولى: أن يكون في فرض كرمضان أداء، أو قضاء وكصيام الكفارة، وبدل هدي التمتع، ونحو ذلك، فهذا لا بأس به ما لم يخصه بذلك معتقداً أن له مزية.

الحال الثانية: أن يصوم قبله يوم الجمعة فلا بأس به؛ لأن النبي ﷺ قال لإحدى أمهات المؤمنين وقد صامت يوم الجمعة: «أصمت أمس؟» قالت:لا، قال: «أتصومين غداً؟» قالت: لا، قال: «فأفطري». فقوله: «أتصومين غداً؟» يدل على جواز صومه مع الجمعة.

الحال الثالثة: أن يصادف صيام أيام مشروعة كأيام البيض ويوم عرفة، ويوم عاشوراء، وستة أيام من شوال لمن صام رمضان، وتسع ذي الحجة فلا بأس، لأنه لم يصمه لأنه يوم السبت، بل لأنه من الأيام التي يشرع صومها.

الحال الرابعة: أن يصادف عادة كعادة من يصوم يوماً ويفطر يوماً فيصادف يوم صومه يوم السبت فلا بأس به، كما قال النبي ﷺ في صيام يوم، أو يومين نهى عنه قبل رمضان إلا من كان له عادة أن يصوم فلا نهي وهذا مثله.

الحال الخامسة: أن يخصه بصوم تطوع فيفرده بالصوم، فهذا محل النهي إن صح الحديث في النهي عنه


Penerjemah: Al-Ustadz Abu Utsman Kharisman hafizhahullah | WA al I'tishom


••••


📶 https://bit.ly/ForumBerbagiFaidah [FBF] 

🌍 www.alfawaaid.net


▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️


📬 Diposting ulang hari Jum'at, 9 Muharram 1442 H / 28 Agustus 2020 M


🌐 http://www.nisaa-assunnah.com

📠 http://t.me/nisaaassunnah



🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀










 

Lebih baru Lebih lama