RIBA DALAM JUAL BELI ( PERTEMUAN KE 5️⃣ )






PERTEMUAN KE 5️⃣

๐Ÿ“Œ Bedah Buku: "BISNIS ONLINE, DALAM PERSPEKTIF FIKIH ISLAM"


~~~~~~~~~
๐Ÿ’๐Ÿ’ฐ (RIBA DALAM JUAL BELI)
~~~~~~~~~


๐ŸŽค Disampaikan oleh :  

Al Ustadz Abu Abdillah 'Afifuddin as-Sidawi ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰



⏰ 2 Sya'ban 1442 H | 15 Maret 2021 M




●> Sesi 1 (Durasi 51:33)





Atau download di sini







●> Sesi Tanya Jawab (Durasi 29:38)





Atau download di sini





1️⃣. Bagaimana hukum jual beli emas dimana penjual meminta uang terlebih dahulu krn masih dlm masa pandemi. Kemudian pembeli dipersilahkan ambil ke toko dgn hanya menyerahkan bukti transfernya tadi. Apakah itu diperbolehkan?

2️⃣.  Kalau misal beli sprei lalu masih mau dibelikan bahannya dan akan dijahitkan, sudah ditentukan harganya krn mmg biasanya harganya segitu. Bayar dulu. Apakah riba?

3️⃣. Bila ada seseorang yg mau membeli rumah. Rumah itu masih ditinggali pemiliknya. Dgn cara merayu pemiliknya agar mau menjualnya. Bgmnkah bimbingan syariat mengenai hal ini? (jual beli orang yang dipaksa)

4️⃣. Apabila ada seseorang yang membeli tas secara online tetapi ada aksesoris emasnya. Bgmn hukumnya?

5️⃣. Bagaimana hukum seseorang yg meminjam beras, lalu dikembalikan dgn beras juga dgn berat yg sama namun beda jenis berasnya?

6️⃣. Jika penjual tidak mempunyai pengembalian uang, lantas uang pengembaliannya ditunda sampai pembeli belanja lagi. Apakah uang pengembalian itu menjadi riba?

7️⃣. Saya punya beras seharga 12ribu liter. Mau saya tukar dengan minyak harga 12ribu liter juga. Itu beda barang namun harga barang sama. Apakah itu termasuk riba? Sedangkan barang telah dipaket dan ongkir di tanggung masing².

8️⃣. Apakah perhiasan perak lapis rhodium tanpa mutiara termasuk barang ribawi? Apakah boleh jual online?

9⃣. Saat ini GoFood dan GrabFood tidak seperti dahulu. Dimana dahulu driver bisa membayar cash di warung. Saat ini yg terjadi sistemnya itomatis si driver membayar ke toko hanya bisa membayar dgn Gopay atau Ovo yang mana uang yg masuk ke rekening toko keesokan harinya. Namun pembeli bisa membayar dgn cash ataupun Gopay/Ovo kpd driver. Mohon bimbingannya.

๐Ÿ”Ÿ. Bagaimana jika membeli barang melalui toko online sedangkan dia tdk memiliki kesempatan membeli di toko sekitarnya. Sedangkan toko online setelah kita membayar barulah dikirim. Kemudian sampai bbrp hari. Ana beli buku di toko online.

1⃣1⃣. Bagaimana hukum hadiah emas yg dikirim?

1⃣2⃣. Fulan di kota A ingin membeli emas di kota B. Dia mentransfer uang tertentu ke wakilnya di kota B tersebut. Wakil itulah yang membelikan ke toko emas di kota tersebut. Kemudian wakil.ya mengirim emas ke  A melalui ekspedisi. Apakah boleh?

1⃣3⃣. Apakah boleh kita beli Emas atau Perak dgn sistem online, tapi bayarnya serah terima barang ditempat melalui kurir dgn sistem COD?

1⃣4⃣. Bagaimana usaha jasa transfer uang, ngirim 1 juta dan jasa 5ribu ?

1⃣5⃣. Apa hukum jual kodok utk pakan ikan?

1⃣6⃣. Apa hukum jual beli HP yg kita tahu banyak mudharatnya?

1⃣7⃣. Apa boleh minta penjelasan dan contoh riba dari fawaid ini. 

Syaikh Utsaimin pernah berkata: 'bila engkau tahu bahwa penjual itu menjual kpdmu krn malu, maka janganlah kamu membeli kepadanya. 

Demikian juga hadiah, kalau tahu dia memberimu hadiah krn malu maka jangan diterima?







•┈┈┈┈•✿❁✿••✿❁✿•┈┈┈┈•


       ๐ŸƒTurut menyebarkan:

WA ๐ŸŒนsyarhus sunnah lin nisaa






Karena Engkau Wajib Menuntut Ilmu


๐Ÿ‡ธ ๐Ÿ‡ธ  ๐Ÿ‡ฑ ๐Ÿ‡ณ



•┈┈┈┈•✿❁•••❁✿• ┈┈┈┈•


๐Ÿ“ฌ Diposting ulang hari Sabtu, 6 Sya'ban 1442 H / 20 Maret 2021 M






๐ŸŽ€ Nisaa` As-Sunnah ๐ŸŽ€










 

RIBA DALAM JUAL BELI ( PERTEMUAN KE 5️⃣ ) RIBA DALAM JUAL BELI ( PERTEMUAN KE 5๏ธโƒฃ ) Reviewed by Nisaa` As-Sunnah 6 on March 21, 2021 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.