PERINGATAN BAGI ORANG TUA, LATIHLAH ANAK-ANAK UNTUK BERPUASA





PERINGATAN BAGI ORANG TUA, LATIHLAH ANAK-ANAK UNTUK BERPUASA



📌 Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengatakan,



وإنني أنبه على مسألة يفعلها بعض الآباء أو الأمهات وهي منع صبيانهم من الصيام (على خلاف ما كان الصحابة رضي الله عنهم يفعلونه) ويدعون أنهم يمنعون هؤلاء الصبيان رحمة بهم، والحقيقة أن رحمة الصبيان بأمرهم بشرائع الإسلام وتعويدهم عليها، فإن هذا بلا شك من حسن التربية وتمام الرعاية، وقد ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم قوله: "إن الرجل راع في أهل بيته ومسؤول عن رعيته".


Sungguh aku peringatkan! Terkait permasalahan yang banyak dilakukan oleh para bapak dan ibu, yaitu permasalahan melarang anak-anak mereka dari berpuasa, yang hal tersebut berkebalikan dari apa yang dahulu para sahabat pernah lakukan.


Mereka (para bapak dan ibu -ed) mengklaim bahwa melarang anak-anak mereka adalah bentuk kasih sayang kepada mereka.


Padahal hakekatnya, bentuk rasa kasih sayang kepada mereka adalah dengan memerintahkan mereka terkait syariat-syariat Islam dan membiasakan hal tersebut kepada mereka.


Dan hal ini tidak di ragukan lagi merupakan sebaik-baiknya tarbiyah, dan yang paling sempurnanya penjagaan (terhadap mereka). Sungguh telah datang dari nabi sebuah hadits;


{Sungguh seorang laki-laki adalah pemimpin dalam keluarganya, dan ia akan di mintai pertanggung jawaban dari apa yang di pimpinnya}.


📚 48 Sualan fiy Ash-Shiyam hlm 36-37



✍ Abu Ruhma Rahmat





•┈┈┈┈•✿❁•••❁✿• ┈┈┈┈•


📬 Diposting ulang hari Selasa, 15 Ramadhan 1442 H / 27 April 2021 M






🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀












 

PERINGATAN BAGI ORANG TUA, LATIHLAH ANAK-ANAK UNTUK BERPUASA  PERINGATAN BAGI ORANG TUA, LATIHLAH ANAK-ANAK UNTUK BERPUASA Reviewed by Nisaa` As-Sunnah 6 on April 30, 2021 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.