Keutamaan Dzikir



KEUTAMAAN DZIKIR

💬 Allah ta'ala berfirman,

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ 

"Maka ingatlah kalian kepada-Ku niscaya Aku ingat pula kepada kalian, dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kalian mengkufuri (nikmat) Ku."

📚 QS. Al-Baqarah: 152


DALIL KEUTAMAAN DZIKIR

Allah ta'ala berfirman, 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا الَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا

"Wahai orang-orang yang beriman, ber-dzikir-lah kalian (dengan menyebut nama) Allah dengan dzikir yang sebanyak-banyaknya." (QS. Al-Ahzab: 41) 


 Allah ta'ala berfirman,

وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ وَلَا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ

"Dan sebutlah (nama) Rabb-mu dalam jiwamu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan tanpa mengeraskan suara di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai." (QS. Al-A'raf: 205)


DALIL KEUTAMAAN DZIKIR

💬 Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

مَثَلُ الَّذِيْ يَذْكُرُ رَبَّهُ وَالَّذِيْ لاَيَذْكُرُ رَبَّهُ ، مَثَلُ الْحَيِّ وَالْمَيِّتِ

"Perumpamaan orang yang berdzikir (mengingat) Rabbnya dan orang yang tidak berdzikir (mengingat) Rabbnya, seperti orang yang hidup dan orang yang mati."

📚 HR. Al-Bukhari dan Muslim.


DALIL KEUTAMAAN DZIKIR

💬 Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, 

ألا أنبئكم بخير أعمالكم وأزكاها عند مليككم وأرفعها في درجاتكم وخير لكم من إنفاق الذهب والفضة وخير لكم من أن تلقوا عدوكم فتضربوا أعناقهم ويضربوا أعناقكم؟ قالوا: بلى. 

قال :  ذكر الله تعالى.

"Maukah kalian saya kabarkan tentang sebaik-baik amalan kalian dan yang paling suci di sisi Raja kalian (yakni, Allah ta'ala), paling meninggikan derajat kalian, dan lebih baik bagi kalian daripada infak emas dan perak, bahkan lebih baik bagi kalian daripada kalian bertemu dengan musuh-musuh kalian lalu kalian menebas leher mereka atau mereka menebas leher kalian?"

◻ Para sahabat berkata:

"Tentu (ya Rasulullah)!"

💬 Beliau bersabda, 

"(Yaitu) Dzikrullahi ta'ala (menyebut/mengingat Allah Ta'ala)."

📚 HR. At-Tirmidzi (5/459) (3377) dan Ibnu Majah (2/1245) (3790).


DALIL KEUTAMAAN DZIKIR

💬 Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda (dalam hadits Qudsi),

يقول الله تعالى : أنا عند ظن عبدي بي، وأنا معه إذا ذكرني، فإن ذكرني في نفسه ذكرته في نفسي، وإن ذكرني في ملإ ذكرته في ملإ خير منهم، وإن تقرب إلي شبرا تقربت إليه ذراعا، وإن تقرب إلي ذراعا تقربت إليه باعا، وإن أتاني يمشي أتيته هرولة.

"Allah Ta'ala berfirman,

'Aku sebagaimana persangkaan hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku bersamanya jika dia mengingat-Ku.

Jika dia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku mengingatnya dalam diri-Ku.

Jika dia mengingat-Ku di dalam sekumpulan orang, maka Aku mengingatnya dalam kumpulan yang lebih baik dari mereka.

Jika dia mendekat kepada-Ku sejengkal, maka Aku mendekat kepadanya sehasta,

jika dia mendekat kepada-Ku sehasta, maka Aku mendekat kepadanya sedepa.

Jika dia mendatangi-Ku dengan berjalan, Aku mendatanginya dengan berlari'."

📚 HR. Al-Bukhari dan Muslim


DALIL KEUTAMAAN DZIKIR

عن عبدالله بن بسر رضي الله عنه أن رجلا قال : يا رسول الله إن شرائع الإسلام قد كثرت علي، فأخبرني بشيء أتشبث به، قال : لا يزال لسانك رطبا من ذكر الله. 

▫ Dari Abdullah bin Busr رضي الله عنه, bahwasanya ada seseorang berkata,

"Wahai Rasulullah, sesungguhnya syariat Islam itu sangat banyak, sampaikanlah kepadaku sesuatu yang dapat saya pegangi."

💬 Beliau bersabda,

"Hendaklah lisanmu selalu basah dengan dzikrullah."

📚 HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah.


DALIL KEUTAMAAN DZIKIR

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:  من قرأ حرفا من كتاب الله فله به حسنة، والحسنة بعشر أمثالها، لا أقول:  {الم} حرف، ولكن:  ألفف حرف، ولام حرف، وميم حرف.

💬 Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

"Barang siapa membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur'an), maka dia memperoleh satu kebaikan, dan satu kebaikan dilipat gandakan menjadi sepuluh kebaikan.

Aku tidak mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tapi Alif itu satu huruf, Laam itu satu huruf dan Miim itu satu huruf."

📚 HR. At-Tirmidzi (5/175) (2910)


DALIL KEUTAMAAN DZIKIR

 وعن عقبة بن عامر رضي الله عنه قال : خرج رسول الله صلى الله عليه وسلم ونحن في الصفة فقال : "أيكم يحب أن يغدو كل يوم إلى بطحان أو إلى العقيق فيأتي منه بناقتين كوماوين في غير إثم ولا قطيعة رحم؟" فقلنا:  يا رسول الله نحب ذلك. قال : "أفلا يغدو أحدكم إلى المسجد فيعلم، أو يقرأ آيتين من كتاب الله عز وجل خير له من ناقتين، وثلاث خير له من ثلاث، وأربع خير له من أربع،  ومن أعدادهن من الإبل".

💬 Dari Uqbah bin Amir رضي الله عنه berkata,

"Rasulullah صلى الله عليه وسلم keluar ketika kami berada di Shuffah (bagian dari Masjid Nani), lalu beliau bersabda,

"Siapakah di antara kalian yang suka berangkat di pagi hari ke Buthan atau ke Aqiq setiap hari lalu kembali dengan membawa dua ekor unta yang besar dan gemuk tanpa dosa dan tanpa memutuskan tali silaturrahim?"

▫ Kami berkata,

" Ya Rasulullah, kami suka hal itu."

💬 Beliau bersabda,

"Apakah kalian tidak mau berangkat di pagi hari ke masjid lalu belajar atau membaca dua ayat dari Kitab Allah azza wajalla, itu lebih baik bagi kalian daripada dua ekor unta itu, membaca tiga ayat lebih baik daripada tiga ekor unta, membaca empat ayat lebih baik dari empat ekor unta, dan seterusnya sesuai jumlah unta itu."

📚 HR. Muslim (1/553) (803).


DALIL KEUTAMAAN DZIKIR

 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :  من قعد مقعدا لم يذكر الله فيه كانت عليه من الله ترة، ومن اضطجع مضجعا لم يذكر الله فيه كانت عليه من الله ترة.

💬 "Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

"Barang siapa duduk dalam satu majelis dalam keadaan dia tidak berdzikir kepada Allah di dalamnya, maka hal itu menjadi kerugian baginya di sisi Allah.

Dan barang siapa berbaring di atas pembaringannya dalam keadaan dia tidak berdzikir kepada Allah, maka hal itu menjadi kerugian baginya di sisi Allah."

📚 HR. Abu Dawud (4/264) (4856).


DALIL KEUTAMAAN DZIKIR

 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:  "ما جلس قوم مجلسا لم يذكروا الله فيه ولم يصلوا على نبيهم إلا كان عليهم ترة، فإن شاء عذبهم وإن شاء غفر لهم".

💬 Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, 

"Tidaklah suatu kaum duduk dalam satu majelis lalu tidak berdzikir kepada Allah di dalamnya dan tidak bershalawat untuk Nabi mereka, kecuali hal itu menjadi kerugian atas mereka, jika Dia (Allah) mau akan menyiksa mereka dan jika Dia mau akan mengampuni mereka."

📚 HR. At-Tirmidzi (3380).


DALIL KEUTAMAAN DZIKIR

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:  "ما من قوم يقومون من مجلس لا يذكرون الله فيه إلا قاموا عن مثل جيفة حمار وكان لهم حسرة".

💬 Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, 

"Tidak ada satu kaum yang bangkit dari majelisnya dalam keadaan mereka tidak berdzikir kepada Allah di dalamnya, kecuali mereka bangkit dari sesuatu yang serupa dengan bangkai keledai, dan itu akan menjadi penyesalan bagi mereka."

📚 HR. Abu Dawud (4/264) (4855), dan Ahmad (2/389).


*Kumpulan faidah pagi yang diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada 19 Sya'ban 1440 H - 29 Sya'ban 1440 H  / 25 April 2019 M - 5 Mei 2019 M.


Lebih baru Lebih lama