KAJIAN TAUHID Kitab Tsalatsatul Ushul (Pertemuan 2): BIOGRAFI RINGKAS ASY-SYAIKH MUHAMMAD BIN SHALIH AL-UTSAIMIN رحمه الله تعالى


biografi ringkas asy-syaikh muhammad bin shalih al-utsaimin


KAJIAN TAUHID

Dari kitab :

Tsalaatsatul Ushul

Penulis:

Asy-Syaikh Muhamad Bin Abdul Wahab رحمه الله

Syarah/penjelasan dari

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin رحمه الله

 

 

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه، أما بعد :

Akhawati fillah

رحمني ورحمكم الله


Setelah kita mengenal secara ringkas biografi penulis kitab 'Tsalatsatul Ushul', sekarang mari kita mengenal secara ringkas pula biografi yang mensyarah/menjelaskan kitab ini, semoga bisa kita ambil manfaatnya.

BIOGRAFI RINGKAS ASY-SYAIKH MUHAMMAD BIN SHALIH AL-UTSAIMIN رحمه الله تعالى

1. Nasab beliau

Beliau adalah Abu Abdillah Muhammad bin Shalih bin Muhammad bin 'Utsaimin Al-Wahibi At-Tamimi.

2. Kelahiran beliau

Beliau dilahirkan di kota Unaizah, tanggal 27 Ramadhan 1347 H

3. Pertumbuhan beliau

Beliau belajar Al-Qur`an kepada kakeknya dari jalur ibu, kakeknya bernama Abdurrahman bin Sulaiman Alu Damigh رحمه الله sampai beliau hafal Al-Qur'an.

Kemudian beliau mulai menuntut ilmu yang lain, beliau belajar menulis, berhitung, dan beberapa ilmu adab.

Asy-Syaikh Abdurrahman As-Sa'di رحمه الله memerintahkan kepada dua orang muridnya, Asy-Syaikh Ali Ash-Shalihi dan Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Aziz Al-Muthawwi' رحمهما الله, untuk mengajar murid-murid yang masih kecil.

Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin رحمه الله belajar kepada Asy-Syaikh Muhammad رحمه الله,  Mukhtashar Al-Aqidah Al-Wasithiyyah dan Minhaj As-Salikin fil Fiqh, karya Asy-Syaikh As-Sa'di رحمه الله, beliau juga belajar Al-Ajurumiyyah dan Al-Alfiyyah.

Beliau belajar ilmu faraidh (hukum waris) dan ilmu fiqih kepada Asy-Syaikh Abdurrahman bin Ali bin Audan رحمه الله.

Kemudian beliau mulai belajar langsung kepada Asy-Syaikh Abdurrahman As-Sa'di رحمه الله, yang teranggap sebagai guru pertama beliau, di mana beliau dari awal telah mempelajari kitab-kitab Asy-Syaikh As-Sa'di رحمه الله dalam ilmu tauhid, tafsir, hadits, fiqih, ushul fiqih, faraidh, musthalahul hadits, nahwu dan sharaf.

Asy-Syaikh Ibnu Al-Utsaimin رحمه الله  memiliki keistimewaan tersendiri di hadapan syaikhnya. 


Ketika ayahnya akan pindah ke Riyadh di masa awal pertumbuhannya, ayahnya ingin anaknya ikut pindah bersamanya, tapi Asy-Syaikh As-Sa'di رحمه الله menulis surat kepadanya dan menyatakan keberatannya, beliau menulis "kami menghendaki Muhammad untuk tetap tinggal di sini agar bisa mengambil faidah-faidah ilmu."

Asy-Syaikh Ibnu Al-Utsaimin رحمه الله  berkata,
"Saya banyak terpengaruh beliau (yakni Asy-Syaikh As-Sa'di رحمه الله) dalam cara mengajar, menjelaskan dan memberikan pemahaman ilmu kepada murid melalui berbagai contoh.
Demikian juga dalam akhlak, karena Asy-Syaikh As-Sa'di رحمه الله memiliki akhlak mulia, banyak ilmu dan ibadah, beliau juga bersenda gurau dengan anak-anak kecil, dan bisa membuat tertawa dikalangan orang tua, beliau adalah orang yang terbaik akhlaknya yang pernah saya lihat."


Asy-Syaikh Ibnu Al-Utsaimin رحمه الله juga belajar kepada Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz رحمه الله, beliau teranggap gurunya yang kedua.


Beliau belajar Shahih Bukhari, beberapa kitab karangan Ibnu Taimiyah رحمه الله, serta beberapa kitab fiqih. 


Beliau رحمه الله berkata,
"Saya terpengaruh oleh Asy-Syaikh bin Baz رحمه الله dalam perhatian kepada ilmu hadits, juga dari akhlak dan keramahannya kepada semua orang."

Ketika Fadhilatusy Syaikh Abdurrahman As-Sa'di رحمه الله wafat, beliau ditunjuk untuk menggantikannnya di Masjid Jami' besar di Unaizah dan mengajar di Maktabah Unaizah Al-Wathaniyyah, selain itu beliau juga mengajar di Ma'had Al-Ilmi. Kemudian beliau pindah mengajar di Fakultas Syari'ah dan Ushuluddin, Universitas Al-Imam Muhammad bin Su'ud di Qashim, juga menjadi anggota Dewan Ulama Besar Kerajaan Saudi Arabia.

Asy-Syaikh Ibnu Al-Utsaimin رحمه الله mempunyai semangat besar dalam berdakwah kepada Allah ta'ala, dan menampakkan dakwah di setiap tempat.
Beliau mempunyai kesungguhan yang sangat mengagumkan dalam dakwah.
Pernah Samahatusy Syaikh Muhammad bin Ibrahim رحمه الله menawarkan, bahkan mendesak beliau agar mau menerima tanggung jawab sebagai hakim, dan telah turun surat keputusan yang menunjuk beliau sebagai Ketua Mahkamah Syar'iyyah di kota Ahsa`, tapi Asy-Syaikh Ibnu Al-Utsaimin meminta agar surat itu dicabut.

4. Hasil karya beliau

Karya-karya tulisan beliau mencapai 40 judul buku, baik dalam bentuk kitab maupun risalah, dan insya Allah akan dikumpulkan dalam Majmu' Fatawa wa Rasa`il.

Diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah Zainab Bahmid hafizhahallah pada Kamis, 23 Al-Muharram 1437 H / 5 November 2015

 


Nisaa` As-Sunnah
Lebih baru Lebih lama