TANYA JAWAB Nisaa` As-Sunnah 10 Jum'at, 24 Jumadil Awal 1437 H / 4 Maret 2016 M



PERTANYAAN 1

Apakah hadits yang ditulis

'Talak adalah hal yang halal tapi dibenci ALLAH' itu hadits shahih?

Mengapa terkadang disampaikan hadits palsu atau maudhu' dan diambil maknanya?

Kenapa tidak ditinggalkan sama sekali?

JAWABAN

 Ya hadits tersebut shahih.

أبْغَضُ الْحَلاَلِ عِنْدَ اللَّهِ اَلطَّلاَق

"Sesuatu yang halal paling dibenci oleh Allah adalah talak."

Hadits palsu/maudhu' tidak pernah diambil maknanya oleh ahlussunnah, dan pasti ditinggalkan.

Hanya hadits dhaif yang kadang-kadang diambil maknanya, bahkan disyarah oleh para ulama ahlussunah, bahkan Al-Imam Nawawi membolehkan beramal dengan hadits dhaif, mengapa?

Sebab, kedudukan hadits apakah itu shahih, hasan, atau dhaif adalah IJTIHAD ulama ahlul hadits, dengan perkembangan ilmu hadits bisa jadi hadits dhaif suatu saat nanti ternyata terangkat menjadi hadits hasan atau bahkan menjadi hadits shahih, begitulah kenyataannya, yang dahulu suatu hadits dhaif, kemudian dihasankan oleh Asy-Syaikh Albani رحمه الله karena beliau termasuk ulama ahlul hadits, ketika telah terangkat derajatnya umat tidak bingung sebab Syarah haditsnya SUDAH ADA,  itulah sebabnya para ulama tidak membuang hadits dhaif bahkan mereka mensyarahnya.

Allahu a'lam wa barakallahu fiki

PERTANYAAN 2

Bismillah.

Ada beberapa teman yang masih memasang gambar makhluk bernyawa, padahal ana sudah menasihati untuk meninggalkan gambar-gambar tersebut. bagaimana sikap ana kedepan terhadap mereka, sedangkan ana setiap hari bertemu dan berinteraksi dengan mereka?

Jazakunnallahu khairan wa barakallahu fikum.

JAWABAN

Menghadapi mereka yang melanggar syariat dengan tetap memasang gambar makhluk, sebagai teman janganlah putus asa untuk tetap menasihati sambil menyampaikan dalil-dalil ancaman tentang hukum gambar, baik bentuknya tulisan maupun audio ceramah para asatidzah kita, dan jangan lupa didoakan mereka agar mendapat hidayah.

Allahu a'lam wa barakallahu fiki.

http://annisaa.salafymalangraya.or.id

http://bit.ly/NisaaAsSunnah

 

Nisaa` As-Sunnah

TANYA JAWAB Nisaa` As-Sunnah 10 Jum'at, 24 Jumadil Awal 1437 H / 4 Maret 2016 M TANYA JAWAB     Nisaa` As-Sunnah 10   Jum'at, 24 Jumadil Awal  1437 H / 4 Maret 2016  M Reviewed by nisaa.assunnah3 on March 06, 2016 Rating: 5

Events

ads
Powered by Blogger.