AL-FIQH AL-MUYASSAR (PERTEMUAN 80)



http://t.me/fiqihmukminah

PERTEMUAN 80

KAJIAN FIKIH

Dari kitab:
AL-FIQH AL-MUYASSAR
(FIKIH PRAKTIS)


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه، أما بعد:

BAGIAN KEENAM

6. SIFAT SHALAT WITIR DAN JUMLAH RAKAATNYA

Shalat witir minimal satu rakaat. Berdasarkan hadits Ibnu Umar رضي الله عنهما dan Ibnu Abbas رضي الله عنهما marfu (sampai kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم):

الوتر ركعة من ٱخر الليل.

"Witir itu satu rakaat di akhir malam." (HR. Muslim)

Dan hadits Ibnu Umar رضي الله عنهما yang telah disebutkan sebelumnya, 

صلى ركعة واحدة توتر له ما قد صلى. 

"Hendaklah shalat satu rakaat, sebagai shalat witir untuknya bagi shalat yang telah dilakukannya."

Boleh shalat witir tiga rakaat, berdasarkan hadits Aisyah رضي الله عنها:

أن النبي صلى الله عليه وسلم يصلي أربعا، فلا تسأل عن حسنهن وطولهن، ثم يصلي أربعا، فلا تسأل عن حسنهن وطولهن، ثم يصلي ثلاثا.

"Bahwa Nabi صلى الله عليه وسلم shalat empat rakaat, maka jangan bertanya tentang bagus dan lama shalatnya, kemudian beliau shalat empat rakaat, maka jangan bertanya tentang bagus dan lamanya, kemudian beliau shalat tiga rakaat." (HR. Muslim)

Shalat witir tiga rakaat boleh dengan dua salam (yakni, dua rakaat lalu salam, dan satu rakaat lalu salam, pen.).

Karena Abdullah ibnu Umar رضي الله عنهما

كان يسلم من ركعتين حتى يأمر ببعض حاجته.

"Beliau (yakni Abdullah ibnu Umar رضي الله عنهما) salam setelah shalat (witir) dua rakaat, sehingga dia memerintahkan (kepada budaknya) sebagian hajatnya (kemudian menambah satu rakaat)." 

Boleh juga shalat witir tiga rakaat langsung dengan satu kali tasyahud dan satu salam.

Berdasarkan hadits Aisyah رضي الله عنها:

كان النبي صلى الله عليه وسلم يوتر بثلاث لا يقعد إلا في آخرهن.

"Nabi صلى الله عليه وسلم shalat witir tiga rakaat, beliau tidak duduk kecuali di akhir rakaat."  (HR. An-Nasa'i, Al-Hakim, dan Al-Baihaqi)

Tidak boleh shalat witir tiga rakaat dengan dua tasyahud dan satu salam, supaya tidak sama seperti shalat Maghrib, dan Rasulullah صلى الله عليه وسلم telah melarang hal itu (riwayat Ad-Daruquthni, Al-Hakim, dan Al-Baihaqi).

Boleh shalat witir tujuh rakaat, atau lima rakaat,  dan tidak duduk tasyahud kecuali di akhir rakaat.

Berdasarkan hadits Aisyah رضي الله عنها:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصلي من الليل ثلاث عشرة ركعة، يوتر من ذلك بخمس، لا يجلس في شيء إلا في آخرها.

"Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah shalat malam tiga belas rakaat,  beliau melakukan shalat witir darinya dengan lima rakaat, dan tidak duduk (tasyahud) pada satu rakaat-pun, kecuali di akhirnya." (HR. Muslim)

Dan berdasarkan hadits Ummu Salamah رضي الله عنها,

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يوتر بسبع أو خمس لا   pernah shalat witir tujuh rakaat atau lima rakaat, dan beliau tidak memisahkan di antaranya dengan salam maupun perkataan." (HR. Ibnu Majah)

BAGIAN KETUJUH

7.Bersambung insya Allah

Diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada hari Rabu, 28 Jumadil Awal 1439 H / 14 Februari 2018 M

====°°°°====°°°°====°°°°====

Akhawati fillah, jika ada yang tidak dipahami, silakan dicatat untuk ditanyakan melalui admin grup masing-masing.

Barakallahu fikunna

#NAMuyassar #NAM80
○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○

Bagi yang ingin mendapatkan faedah dari dars kitab Al-Fiqhu Al-Muyassar, silakan mengunjungi:
Website: 
Channel Telegram:
       ● http://t.me/nisaaassunnah
       ● http://t.me/fiqihmukminah

Nisaa` As-Sunnah
AL-FIQH AL-MUYASSAR (PERTEMUAN 80) AL-FIQH AL-MUYASSAR (PERTEMUAN 80) Reviewed by Nisaa` As-Sunnah 5 on February 28, 2018 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.