TANYA JAWAB RINGKAS PUASA ( BAGIAN 4 )




TANYA JAWAB RINGKAS PUASA ( BAGIAN 4 )

Dijawab oleh Al-Ustadz Abu Abdillah Muhammad as-Sarbini hafizhahullah




2⃣0⃣ PERINGATAN LAILATUL QADAR


Tanya:

Di kampung saya, ketika lailatul qadar, masyarakat mengadakan acara makan-makan yang diyakini sebagai sedekah. Bagaimana yang harus saya lakukan?


Jawab:

Jangan ikuti, karena amalan tersebut tidak ada tuntunannya. Lagi pula, dari mana bisa dipastikan bahwa malam itu lailatul qadar.



➰➰➰➰➰➰



2⃣1⃣ QADHA PUASA, SUAMI MELARANG

Tanya:

Saya memiliki utang puasa selama empat kali Ramadhan berturut-turut, karena bertepatan dengan masa mengandung dan menyusui. Sewaktu Ramadhan tiba, suami menyarankan agar membayar fidyah saja, karena saya tidak kuat berpuasa. Namun, sampai sekarang fidyah yang harus dibayarkan ternyata belum dibayarkan oleh suami. Mohon nasihat dan bimbingannya.


Jawab:

Masalah Anda adalah ibadah yang dipertanggungjawabkan kepada Anda pribadi, baik membayar fidyah maupun berpuasa jika sudah mampu.

Yang rajih adalah qadha puasa bukan fidyah. Anda catat dengan lengkap jumlah utang puasa Anda untuk diqadha ketika kondisi tubuh sudah mampu berpuasa.



➰➰➰➰➰➰



2⃣2⃣ MELATIH ANAK BERPUASA

Tanya:

Bagaimana cara melatih anak umur 5 tahun berpuasa? Apakah salah melatih dia untuk berpuasa sehari penuh?


Jawab:

Salah, anak umur 5 tahun belum mumayyiz sehingga belum berakal untuk meniatkan suatu ibadah.

Oleh karena itu, yang diajarkan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah anak mulai dilatih shalat saat berusia 7 tahun (usia mumayyiz).

Untuk puasa, ditambah syarat fisik anak itu kuat berpuasa. Ini adalah fatwa Asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahullah. Lihat buku kami, Fikih Puasa Lengkap.



➰➰➰➰➰➰



2⃣3⃣ PERUNTUKAN ZAKAT

Tanya:

Mana yang lebih utama dalam memberikan zakat atau sedekah, antara keluarga janda miskin atau orang lain yang sedang membutuhkan biaya untuk berobat?Apakah zakat setelah mencukupi nisab bisa dikeluarkan kapan saja, walau tidak pada Idul Fitri?


Jawab:

Pada asalnya, lebih utama diberikan kepada yang berhak dari kalangan kerabat. Akan tetapi, jika selain kerabat lebih butuh dan lebih bermaslahat, sebaiknya didahulukan.

Zakat harta yang mencapai nishab, catat tanggalnya (perhitungan tahun Hijriyah). Begitu pula pertambahannya, dicatat tanggalnya masing-masing.

Jika melewati umur setahun, wajib dikeluarkan zakatnya meski bukan Ramadhan atau Idul Fitri. Akan tetapi, boleh dimajukan pengeluarannya setahun sebelumnya.



➰➰➰➰➰➰



2⃣4⃣ PUASA RAMADHAN BAGI WANITA HAMIL



Tanya:

Apakah wanita hamil diwajibkan puasa pada bulan Ramadhan?



Jawab:

Wanita hamil diwajibkan puasa pada bulan Ramadhan karena termasuk mukallaf.

Kecuali jika kondisi hamil membuatnya berat berpuasa dan mengkhawatirkan keadaan dirinya atau janinnya, hal itu menyerupai orang sakit. Dia boleh berbuka dan wajib qadha di luar Ramadhan.



➰➰➰➰➰➰



2⃣5⃣ WAKTU PEMBAYARAN FIDYAH YANG AFDAL

Tanya:

Kedua orang tua saya sudah lanjut usia sehingga tidak mampu lagi berpuasa. Kapan afdalnya pembayaran fidyahnya?


Jawab:

Jika orang tua memang sudah lanjut usia sehingga tidak mampu lagi berpuasa atau tersiksa oleh puasa, dengan syarat belum pikun, bayarkan fidyahnya. Semakin cepat lebih baik.

Jika mampu, segera bayarkan di bulan Ramadhan ini untuk berbuka puasa orang fakir/miskin. Untuk setiap hari yang ditinggalkan puasanya, dibayarkan pada maghrib hari itu, sampai selesai. Akan tetapi, jangan dibayarkan fidyahnya untuk hari berikutnya yang belum dilewati.



➰➰➰➰➰➰



2⃣6⃣ BATAS AKHIR BAYAR FIDYAH


Tanya:

Apakah fidyah boleh diberikan sesudah shalat Idul Fitri? Kapan batas akhir pembayaran fidyah?



Jawab:

Jika mampu membayar fidyah, disegerakan pada setiap hari puasa yang ditinggalkan. Fidyah bisa dibayarkan sekaligus pada akhir Ramadhan.

Namun, fidyah tidak boleh dimajukan mendahului harinya. Jika belum mampu dibayarkan pada bulan Ramadhan, fidyah bisa dibayar kapan dia mampu.




📨 Sumber:

Tanya Jawab Majalah Asy-Syari'ah



••••


📶 https://bit.ly/ForumBerbagiFaidah



•┈┈┈┈•✿❁•••❁✿•┈┈┈┈•


📬 Diposting ulang hari Sabtu, 9 Ramadhan 1441 H / 2 Mei 2020 M


🌐 http://www.nisaa-assunnah.com

📠 http://t.me/nisaaassunnah




🎀 Nisaa` As-Sunnah 🎀










TANYA JAWAB RINGKAS PUASA ( BAGIAN 4 )   TANYA JAWAB RINGKAS PUASA ( BAGIAN 4 ) Reviewed by Nisaa` As-Sunnah 6 on May 02, 2020 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.