Kajian Manhaj 45

 


http://t.me/NAmanhaj

Pertemuan 45

KAJIAN MANHAJ

Dari kitab:
Manhaj Ahlussunnah wal Jama'ah fi Naqdir Rijal wal Kutubi wath Thawa'if
(Manhaj Ahlussunnah wal Jama'ah dalam Mengkritisi Orang, Kitab dan Golongan)

Penulis: 
Asy-Syaikh Rabi' bin Hadi Umair Al-Madkhali حفظه الله تعالى

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه، أما بعد:

3. Di dalam hadits disebutkan masa ketiga hanya terdapat kejelekan saja. Apakah memang tidak ada sisi kebaikan di masa itu? Tidak sama sekali! Bahkan di masa itu terdapat kebaikan yang besar, bahkan masa itu termasuk masa yang terbaik (yakni terdapat para sahabat dan generasi tabi'in. Pen.), akan tetapi hadits ini tidak menyebutkan adanya kebaikan besar di masa ketiga ini, karena kejelekannya nisbi (relatif) dengan melihat masa sebelumnya, sebab adanya fitnah yang menerpa generasi terbaik kaum. uslimin (para sahabat) bersamaan dengan kuatnya iman mereka, dan masa mereka adalah masa terbaik.

Baiklah saya tidak berpanjang lebar, dan telah cukup jelas permasalahan ini bagi setiap orang, serta tidak samar lagi makna kelanjutan hadits ini tentang keterangan masa-masa berikutnya.

Akan tetapi saya akan menambahkan beberapa hadits yang memperjelas keterangan di atas, bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم, Al-Qur'an, As-Sunnah, serta para ulama tidak ada hubungan dengan manhaj baru ini, di antaranya:

1. Hadits 'Imran bin Hushain رضي الله عنهما berkata, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

خَيْرُ أُمَّتي قَرْنِي، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ، - (قالَ عِمْرانُ فلا أدْرِي: أذَكَر بَعْدَ قَرْنِهِ قَرْنَيْنِ أوْ ثَلاثًا).  ثُمَّ إنَّ بَعْدَكُمْ قَوْمًا يَشْهَدُونَ ولا يُسْتَشْهَدُونَ، ويَخُونُونَ ولا يُؤْتَمَنُونَ، ويَنْذُرُونَ ولا يَوفُونَ، ويَظْهَرُ فِيهِمُ السِّمَنُ.

صحيح البخاري ٣٦٥٠  •
 
"Sebaik-baik ummatku adalah yang hidup di masaku (generasi sahabat), kemudian yang mengikuti mereka (generasi Tabi'in), kemudian yang mengikuti mereka (generasi Atbaut Tabi'in). (Berkata 'Imran bin Hushain, "Aku tidak tahu apakah beliau bersabda setelah masa beliau itu ada dua masa atau tiga masa?). Kemudian setelah mereka muncullah kaum mereka bersaksi tanpa diminta, mereka berkhianat dan tidak amanah, mereka bernadzar dan tidak dipenuhi nadzarnya, dan nampak pada mereka kegemukan." HR. Al-Bukhari (3650), dalam bab 'Keutamaan Para Sahabat Nabi صلى الله عليه وسلم'.

2. Hadits Abdullah bin Mas'ud رضي الله عنه

Bersambung insya Allah

•••━════━•••

Diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada Senin, 10 Rajab 1442 H / 22 Februari 2021.
__

Akhawati fillah, jika ada yang tidak dipahami, silakan dicatat untuk ditanyakan melalui admin grup masing-masing.

Barakallahu fikunna

#NAManhaj #NAManhaj45
======================

Bagi yang ingin mendapatkan faedah dari dars Kitab Manhaj Ahlussunnah wal Jama'ah fi Naqdir Rijal wal Kutubi wath Thawa'if yang telah berlalu, silakan mengunjungi:
Channel Telegram
      • http://t.me/NAmanhaj
      • http://t.me/nisaaassunnah
Website 
      • http://www.nisaa-assunnah.com/p/namanhaj.html
      • http://www.nisaa-assunnah.com

Nisaa` As-Sunnah

Lebih baru Lebih lama